Kuliah di Eropa: Berikut 4 Keuntungan yang Akan Didapat!

Kuliah di Eropa: Berikut 4 Keuntungan yang Akan Didapat!

Kalau kita membahas soal Eropa negara dan wilayah, kita langsung terlintas soal tujuan studi para mahasiswa internasional untuk menuntut ilmu dan mendapatkan gelar. Data Eurostat mencatat setidaknya 1,6 juta mahasiswa berkuliah di Eropa pada tahun 2016, dan angka ini semakin bertambah setiap tahunnya. Alasan kuliah di Eropa beragam, dari sistem pendidikannya yang tidak diragukan sampai ke kekayaan budaya yang sampai sekarang masih indah untuk dinikmati. 

Menelisik Eropa Negara dan Wilayah dan Berbagai Keuntungannya

Sobat Meddy, kalau kita membahas soal Eropa Negara dan Wilyah pasti kita membayangkan baqgaimana sebuah benua yang empat wilayah fisik utama, yakni dataran tinggi barat, eropa utara, dataran tinggi tengah, dan juga pegunungan Alpen. Jelas, semua wilayah fisik dari Eropa negara dan wilayah ini adalah membentang dari bagian barat ke timur Benua Eropa. Ciri utama alam benua Eropa ini terdiri dari daerah datar, pegunungan tua, dan pegunungan muda.

Untuk itu, mengenal Eropa negara dan wilayah juga membuat kita ingin lebih kenal bagaimana karakteristik lainnya. Satu sisi, benua Eropa juga mendapati banyak negara didalamnya sebagai negara maju. Maka, kita juga bisa mengenali apa saja keuntungan ketika kuliah di Eropa ini. Berikut penjelasannya.

1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas di Eropa

Setiap tahun, Times Higher Education meninjau universitas-universitas terbaik di dunia dan menyusun peringkatnya berdasarkan sistem pembelajaran dan pengajaran. Serta lingkungan yang mendukung penelitian dan pengaruh penelitian di dunia, dan reputasi yang dimilikinya. Dari 1400 universitas yang masuk ke dalam penilaian ini, lebih dari 500 universitas adalah universitas yang berada di Eropa.

  • Kualitas yang Diakui Internasional

Seperti Universitas Oxford di Inggris, Karolinska Institutet di Swedia dan Swiss Federal Institute of Technology Zurich di German. Ini membuktikan bahwa universitas di Eropa memang diakui dunia sebagai universitas-universitas unggulan di berbagai bidang studi dan keseluruhan.

  • Menghasilkan Lulusan Berkompeten

Kualitas institusi di Eropa untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten untuk mencetak lulusan yang berkompeten juga oleh World University Rankings. Dengan mencatat tingkat employability lulusan universitas di Eropa. University of Cambridge bahkan dinilai menduduki peringkat ke-7 dalam daftar ini, dan disusul oleh University of Oxford di peringkat ke-10, ETH Zurich di peringkat ke-15, Ecole Polytechnique Prancis di peringkat ke-30 dan masih banyak lagi.

  • Berstandar Pengalaman Kerja

Tingkat employability ini juga didukung oleh ini banyaknya program S1 di universitas Eropa yang mencantumkan pengalaman magang atau internship sebagai syarat kelulusan. Memiliki pengalaman kerja memberikan nilai tambahan untuk pelamar karena sarjana yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya sangat berbeda dari pembelajaran di ruang kelas.

Baca juga: Beasiswa Musim Panas untuk Mahasiswa Indonesia

2. Pilihan Universitas dan Jurusan yang Tidak Terbatas

Menurut riset tahun 2019 dari Beyond The States, lebih dari 300 perguruan tinggi dan universitas Eropa menawarkan lebih dari 1.761 program S1 dalam bahasa Inggris. Begitu juga untuk program S2 yang ada lebih dari 5.329 program dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris di 475 universitas.

Ada ribuan jurusan yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi ternama di seluruh uni-Eropa. Kamu dapat juga memanfaatkan fleksibilitas yang disediakan oleh universitas. Seperti misalnya pilihan mata kuliah yang tersedia di dalam jurusan yang kamu ambil, kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di dunia industri dan kemungkinan untuk belajar di lebih dari satu negara di benua Eropa.

eropa-negara-dan-wilayah
By Pixabay

3. Tradisi, Sejarah dan Budaya

Eropa merupakan salah satu benua yang kaya akan tradisi, sejarah dan budaya. Sebut saja Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Belanda dan negara-negara lain yang tercakup dalam benua Eropa, masing-masing memiliki sejarah, tradisi dan budaya yang berbeda. Kuliah di salah satu negara tersebut akan memberimu kesempatan mengenal berbagai macam tradisi, budaya dan sejarah.

  • Kuliah dan Corak Tradisi

Tradisi kehidupan perkuliahan di seluruh Eropa sangat kaya, namun universitas – universitas di Eropa sendiri terus – menerus berusaha untuk melakukan inovasi.

  • Terinvestasi untuk Pendidikan

Baik di universitas-universitas yang terbaru maupun tertua, para peneliti di masing-masing universitas selalu memiliki prestasi yang sangat baik, yang merupakan hasil dari investasi besar yang disuntikkan baik oleh pemerintah dan perusahaan, serta uni-Eropa sendiri, ke institusi pendidikan tinggi yang ada.

4. Eropa Negara dan Wilayah-Prospek Kerja Kuliah Di Eropa 

Mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Eropa bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi karier kamu ke depannya lho. Dengan menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Eropa maka kamu tidak hanya memperkaya pengalaman hidup tapi juga menawarkan prospek kerja yang menjanjikan.

Kualitas pendidikan di Eropa tidak hanya terkenal di kalangan calon mahasiswa tetapi juga para pemilik perusahaan. Jadi karier kamu di masa depan akan sedikit lebih bergaransi jika berkesempatan mengenyam pendidikan di Eropa.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, keuntungan yang akan kamu dapat ketika kuliah di Eropa. Gimana Sobat Meddy, pasti tertarik dong untuk kuliah di salah satu negaranya tersebut. Nah, kalau perihal mengurus dokumen, kamu bisa serahkan semua ke kamu. Kamu bisa konsultasikan kebutuhan kamu dengan tim kami. Mediamaz Scholar juga memiliki layanan pengecekan skor TOEFL/IELTS dan layanan kelas bahasa asing loh. Dan tidak kalah seru juga, kamu bisa dapat info beasiswa terkini di laman resmi ini atau bisa langsung follow instagram Mediamaz Scholar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top