perguruan tinggi negeri hungaria

Kuliah di Hungaria: Begini Sistem Belajar S2 nya!

Perlu diketahui bahwa banyak perguruan tinggi negeri atau universitas di negara Hungaria yang masuk ke dalam jajaran peringkat kualitas sistem pendidikan kuliah terbaik dunia. Perguruan tinggi atau universitas di sana kini telah banyak yang menggunakan sistem Bologna Process, di mana sebuah sistem yang memungkinkan mahasiswanya untuk bisa mendapatkan dan mentransfer gelar Bachelor, Master & Phd untuk melanjutkan pendidikan di negara-negara UNI Eropa lainnya. Sistem pendidikan untuk jenjang Sarjana, jenjang kuliah S2 & S3 atau pascasarjana di negara Hongaria secara garis besar tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, namun perbedaannya mungkin dapat dilihat dari lama dan metode belajarnya. Yuk kita bahas bersama mengenai kuliah di Hungaria.

Perguruan Tinggi Negeri di Hungaria

Untuk jenjang kuliah S2 atau Master sendiri biasanya ditempuh selama 2 tahun. Tidak ada perbedaan signifikan dalam proses perkuliahan, karena sama-sama terdapat materi praktikum, teori dan tesis. Hanya saja tugas yang diberikan sedikit lebih interaktif dan banyak yang bersifat individu. Jika di Indonesia umumnya mahasiswa S2 mengambil 6 mata kuliah dalam 1 semester. Namun di Hungaria setidaknya dalam 1 semester mahasiswa S2 akan mengambil 10 mata kuliah. Uniknya, perihal topik dan pembimbing tesis di sana telah ditentukan oleh pihak universitas, sehingga pada setiap awal semester mahasiswa S2 bisa memilih topik dan pembimbing sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Sistem pendidikan dimiliki negara Hongaria telah mewakili keunggulan akademik yang terus berkembang selama lebih dari 600 tahun. Banyak perguruan tinggi yang berafiliasi langsung dengan universitas dan beroperasi sebagai fakultas perguruan tinggi dari universitas tersebut. Namun demikian, kultur pembelajaran akademik di Hongaria lebih kuat dan jelas berbeda dengan di Indonesia. Di Hongaria kelas lebih aktif, kasual, menuntut daya kritis sehingga secara tidak langsung membuat kedudukan antara dosen dengan mahasiswa menjadi lebih setara satu sama lain.

 Baca juga : Beasiswa Tanpa Harus Daftar Kampus, 100% Worth it!

Biaya di Perguruan Tinggi Negeri Hungaria

Biaya kuliah S2 di Hungaria dapat dibilang masih terjangkau, namun tergantung kebijakan dari perguruan tinggi negeri dan siswa studi (internasional atau non-Internasional). Perlu diketahui bahwa universitas negeri dan swasta bebas untuk memutuskan apakah mereka membebankan biaya kuliah yang sama kepada warga (mahasiswa) negara UNI Eropa dan non-UNI Eropa. Namun saat ini terdapat lebih dari 60 institusi pendidikan tinggi di Hongaria mulai dari perguruan tinggi kecil hingga universitas riset terkemuka yang dibiayai baik oleh negara, organisasi swasta, gereja, ataupun lembaga-lembaga lainnya.

Untuk universitas-universitas yang tidak terdaftar dalam program beasiswa, biasanya memiliki rata-rata biaya sebesar €100 dan €150 untuk keperluan biaya pendaftaran, biaya ujian. Biaya ini belum termasuk biaya tambahan seperti seragam, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan lain-lain. Untuk program studi kedokteran gigi memiliki estimasi biaya kuliah sebesar €12.000 hingga €16.000 sementara program lain yang kurang terspesialisasi bisa serendah €5.000.

Program Beasiswa yang Ditawarkan

Selain itu, pihak pemerintah, perusahaan, maupun perguruan tinggi di Hungaria juga telah banyak menawarkan program beasiswa. Beasiswa itu baik untuk S1, S2, dan S3 kepada para mahasiswa yang berminat untuk mengikuti studi internasional di sana Adapun beasiswa di Hungaria yang kini tengah dibuka adalah sebagai berikut:

Stipendium Hungaricum

Stipendium Hungaricum Scholarship adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah hungaria untuk para pelajar terpilih. Program beasiswa ini  menawarkan beasiswa berjenis fully funded atau beasiswa dengan tunjangan penuh. Informasi lebih lanjut silakan lihat di sini program beasiswa ini sering juga dikenal sebagai EMJMD Scholarship. Merupakan beasiswa yang tersedia dikhususkan untuk para pelajar yang memiliki keinginan untuk berkuliah di Eropa. Beasiswa Eropa ini dibentuk pada tahun 1987.

Erasmus+

Erasmus plus menggabungkan program kuliah berbasis Internasional dan sistem kuliah di Eropa untuk proses belajar-mengajar, pelatihan, olahraga dan seni. Sistem ini dibentuk sejak tahun 2014 tepatnya di bulan Januari.  Informasi lebih lanjut silakan lihat di sini

Beasiswa Negara Bilateral

Beasiswa ini merupakan beasiswa kerjasama antar negara. Program yang ditawarkan ada yang bersifat beasiswa penuh, dan ada pula beasiswa yang bersifat parsial. Negara-negara yang mengikuti program ini bersama dengan negara Hongaria kebanyakan berasal dari rumpun Uni-Eropa. Tetapi jangan khawatir! Indonesia pun juga merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Hongaria. Informasi lebih lanjut silakan lihat di sini

Central European Exchange Program for University Studies

Central European Exchange Program for University Studies atau biasa disebut CEEPUS Scholarship adalah program pertukaran Eropa Tengah yang memiliki tujuan untuk mempromosikan mobilitas siswa dan guru di Eropa Tengah dan Eropa Tenggara.  Terdapat 16 negara di Eropa yang bergabung ke dalam bagian dari program pertukaran pelajar ini. Kegiatan utama pada program ini adalah menggabungkan minimal 3 universitas dari 3 negara yang berbeda untuk menjalankan program beasiswa bersama. 

Mediamaz Scholar

Halo, sobat Meddy! Setelah kamu membaca informasi menarik mengenai perkuliahan di Hungaria, apakah kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di Hungaria? Ketika kamu ingin melanjutkan perkuliahaan mu diluar negeri, kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen penting. Kamu tidak perlu bingung untuk menguruh persyaratan dokumen, Kamu bisa konsultasikan kebutuhan kamu bersama Mediamaz Scholar. Kami juga menyediakan kelas bahasa bagi kamu yang ingin cepat fasih belajar bahasa asing. informasi lebih lanjut hubungi di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top