Kyushu University

Mau Ke Jepang? Cek Dulu 9 Info Biaya Hidup & Info Perkuliahan Disini!

Ada banyak pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan studi ke Negeri Sakura, Jepang. Sebelum benar – benar memutuskan untuk melanjutkan studi di institut pendidikan tinggi di Jepang. Kamu juga harus mempertimbangkan banyak hal, selain sistem pendidikan persyaratan masuk hal yang harus menjadi pertimbangan adalah biaya kuliah.  Yuk, kita ulas lebih dalam mengenai untuk kuliah di universitas di Jepang, mulai dari biaya hidup hingga biaya kuliah. 

Syarat Universitas di Jepang

Berikut ini beberapa syarat yang harus sobat Meddy penuhi jika ingin kuliah di Jepang.

  • Mampu berbahasa Jepang. mahasiswa internasional wajib mengambil kursus bahasa Jepang terlebih dulu selama enam bulan di institusi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kehakiman Jepang.
  • Meski mayoritas kelas menggunakan bahasa Jepang. Namun, ada beberapa universitas yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, para calon mahasiswa yang ingin ke Jepang juga harus memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL.
  • Mengikuti ujian masuk universitas di Jepang. Ujian ini dilakukan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta dilaksanakan dua kali setahun. Biasanya ujian masuk ini diadakan di bulan Juni dan November.
  • Perhatikan baik-baik jadwal dari kampus yang sobat Meddy tuju. Sebelum mendaftar ke kampus yang dituju pastikan semua dokumen pendukung seperti ijazah sudah lengkap. Cek terus jadwal pendaftaran dan ujian di masing-masing kampus sebab jadwalnya bisa berbeda-beda tergantung penetapan perguruan tinggi itu sendiri.

Perkiraan Biaya Hidup dan Biaya Kuliah

Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan berkualitas. Meddy sudah pernah membahas mengenai berbagai alasan kenapa sobat Meddy harus memilih kuliah di Jepang. Meddy juga sudah pernah menulis artikel tentang berbagai akomodasi yang tersedia di Jepang untuk pelajar asing. Berikut ini perkiraan berapa biaya hidup dan biaya kuliah di Jepang. Yuk, disimak!

Berapa Biaya Kuliah di Jepang?

Biaya kuliah di Jepang ditentukan oleh jenis institusi tempat kamu belajar serta pilihan program yang kamu ambil. Rata – rata biaya kuliah di Senmon gakko adalah sekitar 3 juta yen atau sekitar 426 juta rupiah. Sementara jika program yang kamu ambil berada di Tanki Daigaku, Biaya kuliah di Jepang jika non beasiswa yang harus kamu lakukan adalah sekitar 20% lebih mahal, yaitu sekitar 511 juta rupiah.

Jika kamu mengambil program di Universitas, biaya kuliah di jepang yang harus kamu keluarkan bergantung pada jenis universitasnya. Universitas nasional umumnya memiliki biaya kuliah paling rendah yaitu 5jt yen (710 juta rupiah) untuk program 4 tahun. 

Sementara universitas negeri berada di level yang sama dengan universitas nasional, namun dengan keistimewaan biaya lebih murah untuk penduduk lokal daerah tersebut. Sedangkan universitas swasta biasanya berbiaya lebih mahal yaitu sekitar 7jt yen (995 juta rupiah) ke atas untuk program 4 tahunnya.

Biaya Hidup di Jepang

Untuk kamu yang ingin kuliah di Jepang, penting banget untuk cari tahu seberapa besar biaya hidup di sana. Soalnya, perkiraan biaya hidup di Jepang nanti akan jadi landasan kamu buat siapin budgetJepang memang mempunyai inflasi yang rendah. Namun, inflasi yang rendah itu sepertinya nggak mempengaruhi beberapa biaya kebutuhan di Jepang. Biar makin jelas seberapa besar biaya hidup di Jepang, kita akan ambil salah satu contoh kota yaitu Tokyo sebagai ibukota.

Biaya makan di Jepang terbilang mahal, kalau kamu ingin makan siang di distrik bisnis kota Tokyo, kamu perlu menyiapkan uang sebesar 1,057 yen atau Rp.137rb.

  • Menu makan siang, termasuk minum: 975 yen atau Rp 128 ribuan
  • Burger ukuran besar: 718 yen atau Rp 94 ribuan
  • Ayam tanpa tulang 500 gr: 431 yen atau Rp 56 ribuan
  • Susu 1 liter: 202 yen atau Rp 26 ribu
  • Telur 12 butir: 287 yen atau Rp 37 ribuan
  • Tomat 1 kg: 505 yen atau Rp 66 ribuan
  • Keju lokal: 1.246 yen atau Rp 164 ribuan

Gimana dengan biaya transportasi di jepang? mobil yang di jual harganya mirip – mirip dengan harga di Indonesia. Dengan menyiapkan modal lebih dari Rp.300jt, kamu bisa mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang mumpuni. Dan berikut rincian transportasi di jepang. 

  • Bahan bakar 1 liter: 133 yen atau Rp 17 ribuan
  • Tiket berlangganan transportasi umum sebulan: 9.481 yen atau Rp 1,25 jutaan

Baca juga: Internasionalisasikan Bahasa Indonesia, Begini Program KBRI Di Jepang!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai biaya kuliah dan hidup saat kamu kuliah di Jepang, guys! Gimana kamu tertarik dong pasti untuk kuliah di negeri Sakura tersebut? Ada banyak juga loh, beasiswa yang tersedia untuk pelajar Indonesia. Jangan sampai lewatkan, beasiswa yang dibuka ya. Kamu bisa pantengin, laman resmi kami. Kalau kamu butuh bantuan untuk persiapan dokumen beasiswa, tenang! Kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami disini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top