Kuliah di Korea: Informasi Biaya Hidup dan Kuliah Hingga Tips Menghemat

Kuliah di Korea: Informasi Biaya Hidup dan Kuliah Hingga Tips Menghemat

Apakah sobat Meddy pecinta Kpop dan Kdrama? Kalau iya, artikel yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Dunia musik dan entertainment bukanlah salah satu industri yang maju di Korea Selatan. Selain terkenal karena musik dan drama, negara ginseng yang satu ini juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Setiap tahunnya, banyak pelajar dari seluruh dunia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan mereka di sana. Yuk kita ulas bersama mengenai kuliah di universitas Korea, mulai dari biaya hidup dan biaya kuliah!

Universitas Korea Selatan: Biaya Kuliah dan Biaya Hidup

Berikut ini perkiraan berapa biaya hidup dan biaya kuliah di Korea Selatan.

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Korea?

Sobat Meddy akan menemukan bahwa universitas mengenakan biaya berbeda tiap jenis program mereka dan juga bergantung pada jenis institusinya. Setiap universitas mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan sebesar £15 per bulan. Faktor lain seperti jenis kursus yang ditawarkan, modul atau prestise program juga mempengaruhi biayanya. Berikut gambaran umum, berikut adalah kisaran biaya kuliah berdasarkan jenis institusi di Korea Selatan.

1. Universitas Korea (Swasta)

Biaya kuliah per semester (dalam Poundsterling dan Rupiah)

  • £2100 – £4300 (program S1) – IDR 40 – 34 juta (Program S1)
  • £2600 – £5000 (program S2) – IDR 50 – 98 juta (Program S2)

2. Universitas Negeri dan Nasional

Biaya kuliah per semester (dalam Poundsterling dan Rupiah)

  • £1400 – £3200 (program S1) – IDR 27 – 62 juta (program S1)
  • £1700 – £3600 (program S2) – IDR 33 – 70 juta (program S2)

Pada akhirnya biaya akan tergantung pada apa yang akan sobat Meddy pelajari, dan universitas serta kursus mana yang paling cocok bagi kamu. Pada umumnya, jurusan kedokteran memakan biaya yang lebih mahal dibanding sastra.

Biaya Hidup di Korea Selatan

Berapa biaya untuk tinggal di Korea Selatan pastinya sangat berbeda dari negara asal, Indonesia. Bagaimana perbandingan bergantung pada dari mana kamu berasal dan wilayah Korea Selatan mana yang akan sobat Meddy pilih. Kasarnya, biaya hidup di Korea Selatan sebagai mahasiswa paling umum sebesar 300,000 – 400,000 won atau sekitar IDR 4-5 juta.

Tips Menghemat di Korea Selatan

Ketika sobat Meddy ingin lanjut kuliah di Korea Selatan, pasti sobat Meddy akan merasa was-was dengan biaya kuliah serta biaya hidup selama di sana. Ternyata ada nih tips menghemat selama sobat Meddy berada di Korea Selatan. Berikut tips menghemat di Korea Selatan:

1. Akomodasi

Salah satu hal paling penting saat kuliah di luar negeri yaitu akomodasi. Terdapat beberapa pilihan tempat tinggal yang dapat sobat Meddy pertimbangkan jika kamu kuliah di Korea dan ingin hidup hemat. Bagi pelajar Internasional, pilihan yang paling populer dan terjangkau adalah tinggal di asrama sekolah atau Goshiwons. Goshiwons merupakan kamar yang sebagian besar dipertuntukkan bagi pelajar dan biasanya terletak di dekat universitas. Biasanya akan dikenakan biaya sekitar 260.000 KRW – 500.000 KRW (IDR 3,215,940 – 6,184,500), tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, fasilitas dan fitur ruangan. 

2. Makanan

Korea terkenal dengan kulinernya yang beragam, sobat Meddy bisa mendapatkan makanan hampir di mana saja dan kapan saja. Camilan kecil tapi mengenyangkan seperti kimbap, harganya hanya 1500-2000 KRW (IDR 18,553 – 24,738). Makanan sederhana seperti bibimbap akan dikenakan biaya mulai dari 5.000 – 7.000 KRW (IDR 61,845 – 86,583). Bahan makanan di Korea pun untuk sehari – hari juga cukup terjangkau.

3. Hiduplah seperti orang lokal

Tips berhemat bagi pelajar asing selanjutnta yaitu hidup seperti warga lokal. Sebagai pelajar internasional, janganlah menghabiskan uang seperti turis yang makan malam di kota setiap malam. Belanjalah di pasar lokal dan masaklah di rumah. Selain berhemat, ini juga dapat membantu kamu bertemu orang – orang baru, mempelajari resep baru dan menjelajahi daerah – daerah yang belum kamu kunjungi. Sedangkan dalam hal transportasi, untuk sebagian besar lokal, transportasi umum adalah sarana termurah untuk bepergian. Pelajari kebiasaan – kebiasaan lokal dan sobat Meddy pasti dapat menghemat uang. 

Baca juga: Mau Tinggal di Korea Selatan? Kamu Wajib Tahu Deretan Faktanya!

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, serba serbi kuliah mulai dari biaya hidup di Korea hingga biaya kuliah di Korea Selatan yang bisa sobat Meddy jadikan patokan atau persiapan kalau kamu ingin kuliah di sana. Kamu ingin mendaftar beasiswa luar negeri, terutama beasiswa KGSP? Yuk segera persiapkan segala dokumen pendaftaran, seperti CV Beasiswa, motivation letter. Kalau sobat Meddy masih bingung pembuatannya, bisa banget konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar loh! Informasi lebih lanjut, hubungi kami disini. Semoga setelah membaca artikel di atas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di Korea Selatan dengan menggunakan beasiswa ya.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top