Kuliah di Luar Negeri: Berikut Alasan dan Manfaatnya!

Biar Paham! 4 Rahasia Banyak Pelajar Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri pasti menjadi impian setiap pelajar saat ini, diiringi karena sudah menjadi trend di kalangan pelajar Indonesia dengan melalui pertanyaan yang selalu diajukan kepada teman sebaya “Kamu lulus nanti, mau lanjut kuliah di mana?”, “Oh, aku mau lanjut kuliah di Swiss”. Sering kali kita dengar di kalangan remaja yang ingin sekali meneruskan pendidikan setelah menyelesaikan studi di sekolah menengah. Namun, apakah sebenarnya kamu mengetahui alasan kamu ingin kuliah di luar negeri selain gengsi semata?

Kenapa harus Kuliah di Luar Negeri?

Seiring berjalannya waktu pun, kuliah di luar negeri ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dicapai. Saat ini sudah cukup banyak informasi yang tersebar untuk mempermudah kamu mencapai cita – citamu untuk bisa kuliah di luar negeri. Menurut data dari Commercial Amerika Serikat (AS) telah memperkirakan sekiranya terdapat lebih dari 69.000 mahasiswa Indonesia tengah menempuh pendidikan di luar negeri pada tahun 2018/2019 dan sekitar 9.130 di antaranya memilih berkuliah di Amerika Serikat.

Kuliah luar negeri, selain menimbulkan prestise tersendiri ternyata memiliki jalur karier yang lebih menjanjikan dibandingkan lulusan dalam negeri. Walaupun, tidak terbilang juga, jika kuliah di dalam negeri tidak memiliki jalur karier yang bagus, entah kenapa mungkin karena adanya faktor kemampuan dalam berbahasa inggris atau memang perusahaan besar umumnya dari luar negeri. Faktanya, hampir semua top manajemen perusahaan besar di Indonesia memiliki latar belakang pendidikan di luar negeri. 

dapatkan visa pelajar ke amerika lewat mediamaz scholar
By Pixabay

Memahami Alasan untuk Study Abroad

Tantangan karier yang besar tersebutlah yang tak jarang membuat kuliah di luar negeri adalah sebuah impian bagi pelajar lulusan sekolah menengah dalam negeri. Mungkin, bisa jadi kamu juga memiliki mimpi yang sama. Nggak usah ragu soal budaya saat tinggal di sana, biaya dan sebagainya. Sudah banyak sekali informasi yang bisa kamu akses mengenai kehidupan di negara yang kamu ingin tuju. Kalau perlu ketika kamu melanjutkan pendidikan disana, kamu bisa kuliah sambil kerja, lho! Banyak sekali pelajar yang mengisi di sela – sela waktu kosong mereka, dengan mengambil kerja paruh waktu atau part time

Baca Juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Ini Tanpa Batas Usia

Ini 5 Bahan Pertimbangan Kamu Untuk Belajar Di Luar Negeri

Ada beberapa beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu kenapa harus belajar di luar negeri. Mungkin setelah Sobat Meddy membaca ini, akan berpikir bahwa memperjuangkan beasiswa luar negeri itu nggak ada salahnya. Dan ternyata semua beasiswa luar negeri itu bisa diraih loh. Nah, berikut pertimbangan kenapa kamu harus belajar di luar negeri, seperti:

1. Menjadi lebih mandiri

2. Mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi

3. Menemukan hobi baru

4. Mengembangkan penguasaan bahasa asing

5. Membangun jaringan baru di tempat studi

Beasiswa Luar Negeri
By Pixabay

Manfaat Setelah Lulus dari Universitas Luar Negeri

Dengan adanya alasan kamu harus kuliah di luar negeri, tentu kamu sudah pasti mendapatkan manfaat yang besar sehingga bisa menjadi bekal untuk kamu di masa yang akan datang dalam menjalani kariermu. Apa saja sih manfaatnya? Yuk, baca 5 manfaat kuliah di luar negeri. Keep scrolling!

1. Menjadi lebih mandiri

Banyak orang yang bilang kalau tinggal jauh dari orang tua, menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tahan banting. Kenapa? Karena kamu akan belajar dan terbiasa menjalani keseharian dan mengurus semua kebutuhanmu sendiri, mulai dari bersih – bersih, makan, dan lain sebagainya.

Kamu akan menjadi diri kamu sepenuhnya, yang hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk menjalani kehidupanmu di negara lain. Ini merupakan salah satu cara yang paling bermanfaat dalam dunia kerja nantinya karena akan menjadikan diri kamu akan lebih proaktif, bertanggung jawab serta dapat diandalkan.

2. Mengetahui perbedaan culture di setiap negara

Dengan kamu memilih untuk melanjutkan studimu di luar negeri, kamu akan mengetahui perbedaan culture di negara yang kamu tuju dengan negara asal. Yang mana pasti di setiap negara memiliki kebudayaan dan kebiasaannya tersendiri bahkan tidak jarang. Bahasa yang mereka gunakan pun berbeda dari bahasa sehari – sehari negara kita.

3. Fasih berbahasa asing

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan ketika kamu belajar di luar negeri adalah kamu dapat melatih berkomunikasi dalam bahasa asing. Kemampuan dalam bahasa asing merupakan salah satu keunggulan yang bisa kamu rasakan manfaat besarnya saat kamu kembali pulang ke tanah air. Sebagai pelajar internasional, tentu kamu akan terbiasa menggunakan bahasa di negara tersebut untuk berkomunikasi selama kamu menjalani masa kuliah.

4. Menjalin pertemanan baik dengan mahasiswa asing

Ketika kamu kuliah di luar negeri, secara automatis kamu akan bertemu dan berteman dengan pelajar dari negara lain dan merupakan salah satu kesempatan terbaik untuk menjalin pertemanan baik secara lintas budaya.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Itulah, manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kuliah di luar negeri guys. Banyak banget bukan, yang tentu akan sangat bermanfaat untuk masa depan kamu. Nah, buat kamu yang masih bingung perihal persiapan dokumen dan hal lainnya sebelum mendaftar beasiswa atau universitas, kamu bisa konsultasikan dengan kami di sini. Selain itu, kamu juga bisa loh mengecek skor TOEFL/IELTS mu dan dapatkan informasi lengkap seputar beasiswa luar negeri lainnya, yuk follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top