Universitas di Turki: Alasan & Informasi 4 Universitas Terbaik

4 Universitas Terbaik di Turki

Turki merupakan negara unik karena terletak di dua benua, yakni Eropa dan Asia. Negara yang dulu merupakan pusat kekhalifahan Turki Usmani ini mempunyai reputasi yang baik di mata dunia dalam hal kedaulatan negara. Mengingat tuntutan global, Turki terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Tidak salah bila saat ini Turki menjadi salah satu destinasi kuliah terbaik yang diburu oleh pelajar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Artikel ini akan membahas mengenai alasan memilih Turki sebagai tempat kuliah hingga rekomendasi 4 universitas terbaik di Turki.

Mengapa Memilih Universitas di Turki?

Dengan letaknya yang berada di benua Asia dan Eropa, Turki pun menjadi negara yang memiliki banyak budaya. Di antaranya adalah budaya barat dengan budaya timur. Oleh karena itu, Turki terkenal dengan negara multikultural. Selain memiliki kualitas pendidikan yang baik, negara ini pun termasuk negara yang ramah dan aman loh sahabat Meddy. Turki memiliki tingkat kriminalitas yang terbilang rendah. Aman dalam segala kondisi waktu dan keadaan, namun bukan berarti kamu tidak harus waspada menjaga diri ya.

Turki itu layaknya museum terbuka yang wujudnya sangat luas. Hampir setiap sudut Turki memiliki sejarah tersendiri terhadap peradaban masyarakat dunia pada masa lampau. Salah satunya adalah rekam jejak dari bangsa Yunani, Romawi, hingga, Ottoman. Di negara ini pun, terdapat kurang lebih 13 warisan sejarah yang diakui oleh dunia sebagai warisan budaya. Adapun pengakuan tersebut telah disahkan oleh UNESCO, yang khusus menangani persoalan warisan budaya di dunia.

Dalam hal makanan pun, bahan masakan Turki terkenal dengan rempah – rempahnya yang kuat. Di luar itu, bahan pokok yang tersedia di Turki pun mudah didapat, mulai dari sayuran, seafood, makanan kering, hingga makanan – makanan Western seperti roti, keju, dan susu. Dan yang paling terpenting di sini adalah biaya kuliah dan biaya hidup disana pun terbilang terjangkau. Dibandingkan dengan negara – negara Eropa lainnya. Murahnya memang tidak seberapa, tetapi jika dibandingkan dengan kualitas yang sudah dipatenkan, rasanya menjadi sangat efisien.

Rekomendasi Universitas di Turki

Berikut ini 4 universitas terbaik di Turki yang bisa jadi pertimbangan kamu.

1. Koç University

Universitas terbaik di Turki yang pertama, Universitas Koç. Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1993 di Istanbul ini menduduki peringkat ke 12 pada tahun 2019 versi EECA. Pendirinya adalah seorang pengusaha dan dermawan bernama Vehbi Koç. Salah satu universitas paling bergengsi di Turki ini memiliki 22 program sarjana, 32 program pascasarjana dan 18 program doktoral. Pada saat ini ada sekitar 5.500 mahasiswa yang belajar di Koç University. Universitas ini memiliki misi untuk mencetak para pemimpin yang percaya diri, mampu bersaing, menciptakan, terarah, memiliki pengetahuan internasional, dan mencetak generasi terbaik di Turki.

Siswa yang ingin mendaftar sebagai Mahasiswa Sarjana atau Pascasarjana Internasional harus memiliki kewarganegaraan di negara selain Turki (warga negara yang berkewarganegaraan dan pengungsi juga dapat mendaftar). Pelamar harus telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah di Turki atau di sekolah yang setara dengan sekolah menengah Turki, atau mereka saat ini harus berada di tahun terakhir pendidikan menengah. Untuk semua detail, kunjungi https://international.ku.edu.tr/. 

Jurusan terbaik:

  1. Bisnis dan Manajemen
  2. Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  3. Kesehatan dan kedokteran
  4. Humaniora
  5. Ilmu Sosial dan Media

2. Sabancı University

Dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan struktur sosial yang semakin maju dari hari ke hari, dunia membutuhkan lebih banyak individu berkualitas yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengejar karier di mana pun di dunia. Dengan fakultas kelas dunia, pendidikan peringkat global dalam bahasa Inggris, dan biaya sekolah yang terjangkau dibandingkan dengan universitas dengan peringkat serupa di seluruh dunia, SU adalah tempat untuk belajar di Turki.

Universitas juga memberikan beasiswa yang kuat bagi siswa dari semua negara dan semua bidang pendidikan, menjamin pendidikan berkualitas tinggi yang dapat diakses oleh semua. SU menawarkan semua program di kampus hijaunya di Tuzla, İstanbul, Turki. Universitas menyediakan pendidikan interdisipliner di tiga fakultasnya dengan sebelas program sarjana. Di SU, mahasiswa memiliki kesempatan untuk memilih jurusan mereka setelah tahun akademik pertama atau kedua. Hal ini memungkinkan siswa untuk memutuskan program apa yang akan dipelajari di universitas dengan pemahaman yang lebih baik tentang pendidikan tinggi dan tentang minat dan bakat akademik dan karier mereka sendiri.

Jurusan terbaik:

  1. Psikologi
  2. Ilmu Politik
  3. Ilmu dan Teknik Komputer

3. Universitas Swasta di Turki: Bilkent University

Bilkent University merupakan universitas swasta yang terletak di Ankara, Turki. Universitas ini didirikan pada tahun 1984 oleh Prof. Ihsan Dogramaci. Sekarang ini, Bilkent University telah menjadi salah satu universitas terbaik di Turki. Dipercaya, universitas ini berupaya untuk menjadi pusat pendidikan tinggi dan penelitian. Setiap tahunnya, Bilkent University menawarkan berbagai jenis pilihan bantuan finansial serta beasiswa untuk para pelajar tingkat sarjana maupun pascasarjana. Bagaimanapun, Bilkent University juga selalu mengupayakan untuk mendukung pelajar internasional berbakat untuk melanjutkan studi di Turki.

Jurusan terbaik:

  1. Seni, Desain dan Arsitektur
  2. Administrasi Bisnis
  3. Ekonomi, Administrasi dan Ilmu Sosial

4. Middle – East Technical University

Dalam Bahasa Turkinya ODTU (Orta Doğu Teknik Üniversitesi)  atau juga yang dikenal dengan METU (Middle East Technical University) adalah universitas milik pemerintah yang didirikan pada tahun 1956. METU menampung lebih dari 1.500 mahasiswa asing dari 80 negara yang berbeda. Universitas ini memiliki 40 program S1 dalam 5 fakultas, 5 program pascasarjana dengan 97 program master dan 62 program Doctoral yang dilengkapi kelas persiapan Bahasa Inggris. 

METU juga mempunyai 13 program sarjana termasuk 1 program kelas internasional yang ditawarkan dalam bentuk kerjasama dengan kampus ODTU yang terletak di Cyprus Utara. Bahasa inggris menjadi Bahasa pengantar di semua program sarjana sehingga membuat METU berhasil dalam mengakomodasi keinginan dari mahasiswa internasional dan para peneliti. The Times Higher Education World Reputation Rankings 2014 yang diikuti oleh seluruh universitas dan institut pendidikan di dunia merilis METU masuk dalam jajaran 80 top universitas di dunia dan masuk dalam list “Most Reputable 100 Universities of the World”

Jurusan terbaik:

  1. Teknik
  2. Sains Murni
  3. Ekonomi dan Bisnis
  4. Sosial
  5. Pendidikan

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Murah? Simak 5 Rekomendasi Universitas Terbaik di Peru

Layanan Mediamaz Scholar

Nah itulah sobat, informasi kuliah di Turki dan universitas terbaik di sana. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri atau mau mendaftar beasiswa. Kamu bisa konsultasikan kepada kami perihal mengurus dokumen seperti pembuatan CV beasiswa, motivation letter dan lain sebagainya. Kami juga menyediakan layanan jasa dari terjemahan hingga legalisasi jika dibutuhkan. Langsung hubungi kami di sini. Artikel lainnya bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top