Al Azhar-University

Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir, Sudah Pasti Mendapatkan Beasiswa

Studi di Mesir Selain belajar mengenai pengetahuan umum, Sobat Meddy juga bisa belajar memperdalam agama terutama agama Islam. Salah satu perguruan tinggi terkenal dan tertua di Mesir adalah Kampus Al Azhar yang mengembangkan ajaran Islam yang moderat. Selain itu juga, banyak sekali mengenai info beasiswa kuliah di Mesir yang sayang banget Sobat Meddy lewatkan. Yuk simak artikel ini, mengenai Universitas Al Azhar Mesir.

A. Universitas Al Azhar

Universitas Al Azhar adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia. Kampus ini juga merupakan universitas pemberi gelar tertua kedua di dunia. Universitas ini berhubungan dengan Masjid Al Azhar di wilayah Kairo Kuno. Saat ini, misi Kampus Al Azhar antara lain adalah penyebaran agama dan budaya Islam.

Sistem Pendidikan 

Pembelajaran Al Azhar unik dan berbeda dengan yang lainnya. Kebanyakan universitas sekarang telah menerapkan sistem yang modern dan canggih untuk memantau pelajarnya, tetapi Al Azhar tetap memilih menggunakan sistem klasik mereka. Al Azhar menerapkan sistem pelajaran dengan jenjang 4 tahun, tidak ada absensi di kelas-kelas, dan mahasiswa bebas memilih pelajaran dan guru.

Sistem tanpa kehadiran di setiap pertemuan tersebut memiliki filosofi bahwa seorang mahasiswa/i harus lebih mengutamakan ilmu yang didapat. Bukan hanya datang saja untuk mendapatkan absen tetapi tidak mendapatkan ilmu. Al Azhar juga menggunakan sistem sanad (riwayat) dimana para murid bertatap muka dengan guru untuk menuntut ilmunya.

Para murid tentunya akan diuji juga seberapa jauh ia menguasai ilmu yang diberikan. Selain menimba ilmu di kelas, para murid juga dihimbau untuk menimba ilmu melalui halaqah-halaqah di masjid Al Azhar. Selain itu, Al Azhar juga memiliki ruang kelas yang sederhana dengan menggunakan meja. Ada juga bangku panjang yang biasanya dimiliki oleh 5-7 orang.

Inilah yang mengajarkan murid-muridnya untuk bersifat sederhana. Ujian di Al Azhar, universitas ini menggunakan sistem paket, dimana nilai mata kuliah yang diujikan pada saat semester genap dan ganjil disatukan. 

Biaya Hidup di Universitas Al Azhar

Terkait masalah makanan, Al Azhar Kairo Mesir memiliki berbagai variasi makanan. Walaupun Mesir memiliki makanan pokok yaitu roti, bukan berarti nasi adalah hal langka di sana. Bahkan terdapat makanan khas Mesir yang terbuat dari nasi seperti Ruz Billaban (Nasi dengan campuran susu) dan kusyari (Nasi dicampur spageti, makaroni dan bawang). Harga makanan untuk pelajar dan mahasiswa terbilang murah dan mudah ditemukan. 

Untuk transportasi umum, ada 3 jenis angkutan umum di Mesir yaitu: Tremco (semacam angkot), bus dan metro (kereta bawah tanah). Tarif yang diberikan pun sangat sesuai untuk kantong pelajar dan mahasiswa yang kuliah di Al Azhar Mesir yaitu berkisar antara 1,5 sampai 3 pound untuk bus, 1 pound sampai 5 pound untuk tremco dan 2 pound untuk metro.

B. Beasiswa di Universitas Al Azhar

Memilih untuk melanjutkan pendidikan di Mesir melalui jalur beasiswa, dapat menguntungkan Sobat Meddy karena dalam beasiswa terdapat dana kuliah, biaya hidup, tiket pulang dan pergi, dan lain sebagainya. Banyak mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa di Universitas Al Azhar. Penerimaan beasiswa untuk mahasiswa baru, setiap tahunnya akan dibuka berdasarkan hasil MOU antar Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab dan Mesir (Al Azhar Al syarif) dalam kerjasama di bidang pendidikan, baik program beasiswa maupun non beasiswa.

Info Beasiswa di Kampus Al Azhar Mesir

Sobat Meddy dapat memperoleh beasiswa ini melalui 2 jalur. Untuk yang pertama, yaitu melalui tes di Departemen Agama Indonesia atau dapat mengajukannya langsung ke Universitas Al Azhar sejak tercatatnya sebagai mahasiswa Al Azhar. Untuk mengikuti seleksi jalur kedua, dapat mengikuti beasiswa melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sobat Meddy dapat mengisi formulir dan mendaftar melalui situs web resmi. Ijazah yang digunakan untuk mendaftar seleksi adalah Ijazah Madrasah Aliyah (MA) atau pesantren yang telah terakreditasi dengan Ma’had Bu’uts Al Azhar.

Beasiswa Jenjang S2 dan S3

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 dan S3, terdapat beasiswa dari WAMY (The World Assembly of Muslim Youth), Jeddah. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa muslim yang ingin melanjutkan studinya di Mesir khususnya di Universitas Al Azhar ataupun Universitas lainnya yang ada di Mesir. Adapun beasiswa lain yang tidak kalah bergengsi adalah Beasiswa IsBD yang ditawarkan Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam mulai dari S1 sampai S3, hingga beasiswa postdoctoral dan riset.

Baca juga: Sempat Ragu, Tapi Berhasil! Ini Cerita Fikri Meraih Studi di Al Azhar Kairo, Mesir

Mediamaz Scholar

Apakah Meddy Bisa Bantu Kamu?

Jika Sobat Meddy bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen yang disiapkan dengan sempurna. Dan tentunya dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa ya. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top