Magister-magang microsoft

Kuliah S2 Di University Of Auckland Dengan Beasiswa ADB-JSP, Ini Caranya!

Halo sobat Meddy, gimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya! Banyak orang yang memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah ke tingkat S2 atau jenjang magister. Namun tidak semua orang berhasil mewujudkannya. Permasalahan yang sering ditemui yaitu masalah keuangan. Masalah ini bisa diatasi jika berhasil menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan sobat Meddy. Salah satu program beasiswa yang Meddy rekomendasikan yaitu beasiswa ADB-JSP.

Raih Beasiswa Magister di ADB-JSP

Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (ADB-JSP) didirikan pada April 1988 dengan pembiayaan dari pemerintah Jepang. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi warga negara yang berkualifikasi baik dari negara-negara berkembang ADB untuk melakukan studi pascasarjana di bidang ekonomi, manajemen, sains dan teknologi, serta bidang terkait pembangunan lainnya di lembaga akademik yang berpartisipasi di kawasan Asia-Pasifik. Beasiswa ADB-JSP juga merupakan salah satu program beasiswa yang banyak diincar mahasiswa Asia. Beasiswa ini membuka kesempatan setiap tahun. Setelah menyelesaikan program studi mereka, para sarjana diharapkan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial negara asal mereka.

Beasiswa Magister ADB-JSP

ADB-JSP dapat digunakan di 10 negara yang nantinya menjadi tujuan studi dengan berbagai pilihan universitas. Selain Jepang, kandidat yang terpilih juga bisa mengambil studi di Australia, Hong Kong, India, New Zealand, Amerika Serikat, Pakistan, Filipina, Singapura, dan Thailand. Terdapat puluhan perguruan tinggi yang berpartisipasi di program beasiswa ADB-JSP. Dengan durasi beasiswa maksimal 2 tahun, para pelamar beasiswa bisa mengambil program master di berbagai perguruan tinggi yang tersedia. Namun, beasiswa ini juga terbuka untuk pelamar doktor. Salah satu kampus yang bekerja sama dengan beasiswa ADB-JSP yaitu university of Auckland.

Baca juga: Scholarship Alert! Daftar Beasiswa Bulan Agustus Untuk S2 Dan S3 Luar Negeri

University of Auckland, Sediakan Beberapa Jurusan Untuk Gelar Magister

University of Auckland merupakan universitas terbesar dan terkemuka di Selandia Baru. Kampus ini berada di peringkat 100 universitas terbaik di dunia, dengan populasi mahasiswa 44.000. Setiap tahun, sekitar 9.000 mahasiswa internasional dari lebih dari 120 negara yang berbeda disambut secara langsung dan online ke universitas ini per tahunnya. Lebih dari sepertiga mahasiswa internasional yang berkuliah di sini memilih untuk menetap di Selandia Baru selama lima tahun setelah kelulusan. Hal ini mencerminkan kualitas hidup yang tinggi, peluang kerja, serta hak kerja pasca studi selama tiga tahun bagi para lulusan. Para mahasiswa dan lulusan sangat mudah diterima bekerja secara nasional maupun global, serta terhubung dengan para profesor berpengalaman yang merupakan pemimpin global di bidangnya.

University of Auckland berada di kota pelabuhan Auckland, pusat ekonomi Selandia Baru. Auckland sendiri merupakan kota yang paling beragam dengan akses mudah ke pantai dan hutan hujan. Kota Auckland berada di peringkat ketiga dari 230 kota dalam Mercer Quality of Living Survey 2019. Kota Auckland menawarkan kepada para mahasiswa berbagai kegiatan yang menarik seperti hiburan, olahraga, dan rekreasi. Selain itu, di kota ini terdapat banyak teater dan galeri seni untuk memenuhi minat mahasiswa pada hal-hal artistik. Tidak hanya itu, Auckland juga menyediakan berbagai pilihan kegiatan luar ruangan seperti berenang, kayak, serta hiking. Pecinta olahraga juga dapat menyaksikan aksi langsung dari pertandingan rugbi, sepak bola, dan kriket di stadion-stadion internasional. 

Auckland juga mengembangkan reputasi internasionalnya sebagai pusat bisnis dan tempat terbesar bagi para pengusaha dan inovator Selandia Baru. Karena itu, banyak lulusan international memilih untuk menetap di kota ini untuk mendapatkan peluang prospek kerja, baik selama ataupun setelah studi mereka.

Kenapa Kuliah di University of Auckland

Berikut ini 9 alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan University of Auckland sebagai tempat melanjutkan pendidikan:

  1. Quacquarelli Symonds (QS) menempatkan kota Auckland di peringkat ke-27 di dunia dalam survei Kota Pelajar Terbaik 2019. Hal ini dilihat dari kualitas pendidikan, siswa, dan kualitas hidup.
  2. Pendidikan di Selandia Baru dirancang dengan cermat dan memiliki kualifikasi akademik yang diakui secara internasional. Selandia Baru terkenal karena memiliki lulusan yang mampu untuk bersaing dan sukses di mana saja.
  3. Di kampus ini, para siswa internasional dapat memilih berbagai mata pelajaran, kursus, dan peluang karir yang luar biasa.
  4. Auckland dinilai sebagai kota paling layak huni di dunia dalam survei tahunan Economist Intelligence Unit 2021. Selain itu, Auckland merupakan kota terbesar di Selandia Baru dan salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat. 
  5. Sebagai siswa internasional, sobat Meddy dapat bekerja hingga 20 jam per minggu.
  6. Di mana lagi sobat Meddy dapat berlayar, berkuda, hiking, berselancar, paddle boarding atau bersepeda gunung semuanya dalam waktu satu jam dari pusat kota? Sobat Meddy juga dapat menikmati berbagai festival budaya, acara olahraga, konser, dan teater.
  7. Aucklanders dikenal sangat ramah.
  8. Jika datang ke sini sebagai siswa internasional, sobat Meddy akan menikmati perawatan tingkat tinggi. Semua sekolah dan institusi secara hukum diwajibkan untuk memprioritaskan kesejahteraan siswa internasional.
  9. Terdapat lebih dari 200 kelompok budaya yang berbeda dari seluruh dunia yang tinggal di sini. Hal ini menyebabkan Auckland memiliki perpaduan budaya yang kaya dan tercermin dalam restoran, tempat pertemuan, acara, musik, dan seni.

Program Studi

Berikut ini merupakan program studi di University of Auckland yang bekerja sama dengan beasiswa ADB-JSP:

  1. Magister Kesehatan Masyarakat
  2. Magister Sains (Ilmu Lingkungan)
  3. Magister Seni (Studi Pembangunan)
  4. Magister Bisnis Internasional
  5. Magister Teknik.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ADB-JSP mencakup:

  1. Biaya kuliah di University of Auckland.
  2. Tiket pesawat dari negara asal penerima beasiswa ke Auckland, Selandia Baru.
  3. Biaya hidup di Auckland.
  4. Asuransi kesehatan dan kesehatan di Selandia Baru.
  5. Tiket pesawat dari Auckland, Selandia Baru, ke negara asal penerima beasiswa pada akhir program studinya.
  6. Untuk sarjana yang terlibat dalam penelitian, terdapat bantuan khusus untuk persiapan tesis.

Persyaratan Beasiswa ADB-JSP

Berikut ini merupakan syarat yang harus sobat Meddy penuhi jika ingin mendapatkan beasiswa ADB-JSP:

  1. Jadilah warga negara dari anggota pinjaman ADB. Untuk daftar negara anggota berkembang saat ini.
  2. Telah diterima di program Master yang disetujui di lembaga akademik.
  3. Memiliki gelar sarjana atau yang setara dengan catatan akademik yang unggul.
  4. Memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja profesional penuh waktu pada saat melamar.
  5. Mahir dalam kemampuan komunikasi bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan untuk dapat melanjutkan studi.
  6. Berusia di bawah 35 tahun pada saat melamar. Dalam kasus luar biasa, untuk program yang sesuai bagi pejabat senior dan manajer, batas usia adalah 45 tahun.
  7. Berada dalam keadaan yang sehat.
  8. Setuju untuk kembali ke negara asal sobat Meddy setelah menyelesaikan program ini.

Berikut ini yang tidak memenuhi syarat, antara lain:

  1. Direktur Eksekutif, Direktur Alternatif, manajemen dan staf ADB, konsultan, dan kerabat yang disebutkan di atas.
  2. Staf lembaga yang ditunjuk JSP tidak dapat mendaftar ke institusi mereka sendiri.
  3. Pelamar yang tinggal atau bekerja di negara selain negara asalnya.
  4. Pelamar yang sudah terdaftar dalam program gelar pascasarjana atau yang telah menyelesaikan program gelar pascasarjana.
  5. Studi sarjana, program pembelajaran jarak jauh, pelatihan jangka pendek, konferensi, seminar, penulisan tesis, dan proyek penelitian.

Dokumen yang Diperlukan

Untuk dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa, sobat Meddy harus menyerahkan beberapa dokumen berikut secara lengkap sebelum tanggal penutupan:

  1. Lembar informasi ADB-JSP yang telah selesai.
  2. Formulir aplikasi ADB-JSP yang telah diisi.
  3. Salinan surat penawaran sobat Meddy ke University of Auckland.
  4. Dokumentasi akademik, baik transkrip akademik maupun sertifikat gelar.
  5. Sertifikat kerja selama masa kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  6. Sertifikat pendapatan yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  7. Sertifikat pendapatan keluarga yang dikeluarkan oleh perusahaan. Harus menjadi penghasilan tahunan/bulanan orang tua atau pasangan sobat Meddy.
  8. Salinan paspor. 
  9. Tes IELTS yang valid.

Baca juga: Yuk Intip Daftar Beasiswa S2 Ke Luar Negeri Di Bulan September

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel mengenai beasiswa ADB-JSP di University of Auckland, apakah sobat Meddy menjadi semakin tertarik untuk melanjutkan studi dengan menggunakan beasiswa? Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top