Lomonosov Moscow State University

Lomonosov Moscow State University adalah ITB nya Rusia? Simak Ulasannya!

Rusia dikenal sebagai negara dengan salah satu sistem pendidikan terbaik yang pernah ada di dunia (Ani, 2020). Rasio antara guru dan murid yang dimiliki oleh negara Rusia dapat dikatakan surplus secara mentalitas. Jika dimaknai dalam angka, maka kompetensi dan kapasitas pengajaran satu orang guru yang ada di Rusia, bisa dengan siap mengajar 9 orang murid. Dengan kata lain, surplusnya tenaga kerja profesi guru bisa diakomodasi oleh pemerintah Rusia untuk mengajar lebih banyak murid dari yang seperti biasanya. Profesi keguruan yang dimaksud ini juga didalamnya ada para dosen, para professor, dan para pengajar yang ada di tingkat universitas. Dengan total dari adanya tingkat populasi keguruan yang dimiliki negara Rusia, bukan tidak mungkin sistem pendidikan yang ada di Rusia menjadi yang terbaik. Baik dari segi level sekolah dasar, sekolah menengah, hingga tingkatan universitas. Dengan adanya sistem pengajaran terbaik yang didorong oleh pemerintah Rusia, universitas-universitas yang ada di Rusia pun ikut menjadi universitas terbaik. Salah satunya adalah Lomonosov Moscow State University.

 Pada kesempatan kali ini Meddy mau kasih informasi lengkap dan mendalam kepada Sobat semuanya mengenai Lomonosov Moscow State University. Dimana dalam artikel ini akan dibahas mengenai program pendidikan, fakultas yang tersedia, beasiswa, maupun informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa. Simak artikel ini yuk untuk tahu informasi mengenai kampus ini!

Lomonosov Moscow State University 

Lomonosov Moscow State University berletak di pertengahan kota Moskow, Rusia. Secara historis, berdirinya universitas ini ditenggarai berkat adanya dorongan Mikhail Lomonosov & Ivan Shuvalov sebagai pencetus ide membangun universitas untuk membangun kekaisaran Rusia lebih baik lagi pada tahun 1755. Namun, berkembang seiring berjalannya waktu. Secara laten berdirinya Lomonosov Moscow State University difungsikan untuk menyaingi rival universitasnya sendiri yaitu Saints Petersburg State University (1724). Dualisme kekuatan universitas terbaik sepanjang sejarah kekaisaran di Rusia ini memunculkan pemantik bahwa sebenarnya kontestasi, kompetisi dan persaingan akan adanya hal-hal yang bernilai positif akan menjadi penunjang kehidupan loh sobat Meddy.

Saat ini, Lomonosov Moscow State University sudah menyabet banyak penghargaan dari dunia nasional maupun internasional. Di tahun 2019 kemarin, setidaknya Lomonosov Moscow State University sudah berhasil mendapatkan 13 nobel penghargaan, 6 medali ilmuwan terbaik, dan juara 1 pada Turing Awards (kontribusi pada bidang ilmu komputer dan teknik). Sejak dulu, kontribusi-kontribusi yang diberikan oleh universitas negeri lomonosov moscow ini tidak pernah ada habisnya. 

Lomonosov Moscow State University sejak tahun didirikannya mempunyai fokus pada bidang kajian fisika, kimia, matematika, astrologi, astronomi dan teknik. Namun, seiring berjalannya waktu. Universitas ini tidak hanya fokus pada ilmu eksak saja, melainkan juga menambah fokus pada bidang ilmu sosial, komunikasi, politik, bisnis ataupun ilmu sosial humaniora lainnya. Dengan banyaknya penghargaan yang sudah diterima oleh Lomonosov Moscow State University pada bidang keilmuan eksakta. Maka, Meddy punya pendapat khusus nih Sobat. Bahwa Lomonosov Moscow State University itu adalah ITBnya Rusia loh. Kok bisa?

Kalau sobat Meddy ingat-ingat lagi. Kampus ITB nya Indonesia punya fokus pada bidang kajian apa aja hayo? Kajian eksakta bukan? Begitu juga Lomonosov Moscow State University. Getaran dan aura yang Meddy rasakan terhadap universitas ini sama seperti berita- berita tentang kampus ITB  yang ada di Indonesia. Mulai dari bidang fokus kajiannya, penghargaan yang diterima, dan sampai kepada universitas terbaik di Rusia. Dari kedua universitas banyak memiliki kemiripan loh sobat Meddy. Kalau pendapat sobat Meddy gimana? Tulis di komen yah!

Fakultas Universitas Negri Moskaw

Seperti yang Meddy tadi bilang ya temen-temen. Saat ini, universitas negeri lomonosov moscow tidak lagi hanya fokus pada bidang kajian ilmu eksakta. Melainkan, ilmu-ilmu yang saat ini ada di universitas tersebut mulai ditambahkan dan mulai diperluas jangkauan keilmuannya. Terdapat 30 fakultas yang bisa dipelajari oleh murid-murid lokal maupun internasional. Daftarnya sebagai berikut:

Fakultas Eksakta 

  1. Fakultas Mekanika dan Matematika
  2. Fakultas Matematika Komputasional dan Sibernetika
  3. Fakultas Rekayasa biologi dan Bioinformatika
  4. Fakultas Ilmu Pertanahan
  5. Fakultas Ilmu Material
  6. Fakultas Kedokteran
  7. Fakultas Geologi
  8. Fakultas Geografi
  9. Fakultas Fisika
  10. Fakultas Kimia
  11. Fakultas Biologi

Fakultas Sosial dan Humaniora

  1. Fakultas Sosiologi
  2. Fakultas Bahasa-bahasa Asing dan Studi Kawasan
  3. Fakultas Administrasi Negara
  4. Fakultas Seni Rupa dan Seni Pertunjukan
  5. Fakultas Politik Dunia
  6. Fakultas Pendidikan
  7. Fakultas Pendidikan Lanjutan
  8. Sekolah Ekonomi Moskwa
  9. Fakultas Pendidikan Militer
  10. Fakultas Proses Global UNM
  11. Fakultas Sejarah
  12. Fakultas Filologi
  13. Fakultas Filsafat
  14. Fakultas Ekonomi
  15. Sekolah Tinggi Administrasi Niaga
  16. Fakultas Hukum
  17. Fakultas Jurnalistik
  18. Fakultas Psikologi
  19. Institut Negeri-Negeri Asia dan Afrika

Beasiswa Lomonosov Moscow State University

Sebenarnya sobat Meddy, untuk tahun ini lembaga beasiswa Lomonosov Moscow State University tidak buka. Tapi, tenang sobat Meddy. Masih ada loh beasiswa yang kalian bisa daftarkan untuk bisa ikut bergabung di universitas terkemuka ini! Yaps, apa beasiswanya ya? Cek dibawah ini ya!

Beasiswa LPDP 2022

Beasiswa LPDP tahun 2022 akan segera dibuka untuk bulan februari ini, kamu tidak boleh ketinggalan infonya nih sobat Meddy. Beasiswa LPDP yang saat ini buka salah satunya akan membiayai pendidikan kamu ke Lomonosov Moscow State University. Untuk persyaratan beasiswa LPDP bisa cek dibawah ini ya sobat Meddy.

Persyaratan Beasiswa LPDP 2022 Lomonosov Moscow State University

Sebelum kamu melakukan pendaftaran, kamu harus memastikan tentang kelengkapan dokumen yang saat ini kamu butuhkan sobat Meddy, adapun persyaratannya kamu bisa lihay dibawah ini ya sobat. Sebagai berikut :

  1. KTP asli dan fotocopy KTP
  2. Ijazah terakhir bisa S1/S2 (asli atau terlegalisir). Bisa menggunakan surat keterangan lulus 
  3. Transkrip nilai S1/S2 (asli/legalisir) 
  4. Sertifikat bahasa asing (lulus TOEFL) 
  5. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional sesuai dengan perguruan tinggi dan program yang dipilih 
  6. Surat Pernyataan bermaterai sesuai format LPDP 
  7. Surat rekomendasi dari perguruan tinggi
  8. Surat izin mengikuti pendaftaran beasiswa LPDP 2022 dari perguruan tinggi yang saat ini kamu ikuti

Untuk info selengkapnya, kamu bisa cek disini ya persyaratan beasiswa lpdp 2022

Cakupan Beasiswa LPDP 2022

Tidak perlu khawatir sobat Meddy, kamu tentunya sudah berpikir masak-masak bukan untuk bisa melanjutkan studi beasiswa ke universitas ini bukan? Sebagai cadangan biaya lain-lain, kamu harus menyiapkan setidaknya sesuai dengan kecukupan dan kebutuhan yang saat ini kamu penuhi. Tentunya, kamu yang mengerti diri kamu sendiri bukan? Untuk beasiswa LPDP tahun ini, pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai macam tunjangan-tunjangan yang bisa kamu dapatkan saat berkuliah. Antara lain:

  • Biaya pendidikan (fully funded, termasuk biaya penelitian, biaya praktikum, biaya yang berkaitan dengan pendidikan)
  • Biaya hidup (transportasi, visa, akomodasi, asrama, dll)
Timeline beasiswa LPDP 2022

Timeline untuk beasiswa LPDP 2022 tahun ini akan dibuka secepatnya oleh pemerintah. Pastikan bahwa diri kalian yang mempunyai keinginan untuk kuliah di Lomonosov Moscow State University tidak terlewat dan ketinggalan informasi timeline dari beasiswa LPDP 2022 ini ya. 

  • Pendaftaran tahap 1 (Februari – Maret 2022) 
  • Pendaftaran tahap 2 (Juli – Agustus 2022)
Mendaftar Beasiswa LPDP 2022

Kamu bisa melakukan pendaftaran sebelum kamu melakukan apply terhadap beasiswa ya sobad Meddy. Tapi, apakah kamu bisa bingung sobat Meddy untuk mendaftar beasiswa tahun 2022 ini? Jangan khawatir, Meddy akan siap membantu kamu untuk bisa mendaftarkan diri sebagai pelamar beasiswa LPDP 2022. Yuk, disimak langkah-langkahnya

  1. Masuk akun https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Pilih informasi buat akun
  3. Melengkapi identitas diri dengan dokumen pribadi yang diminta oleh pihak LPDP
  4. Pastikan kalian submit aplikasi kelengkapan dokumen pribadi yang saat ini kamu sudah isikan melalui website lpdp ya!

beasiswa indonesia

Mengapa Memilih Mediamaz Scholar?

Mediamaz Scholar memiliki berbagai jenis layanan yang akan menunjang sobat Meddy untuk menggapai cita-cita dan impiannya. Kehadiran layanan konsultasi beasiswa, kursus bahasa, visa pelajar, dan layanan lainnya. Jika kalian mencari informasi beasiswa untuk bisa studi di Lomonosov Moscow State University. Kalian bisa langsung cek info selengkapnya melalui layanan konsultasi beasiswa Mediamaz Scholar ya !

Selain itu, dengan hadirnya pelayanan penerjemah tersumpah yang mampu menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, tentunya akan memberikan kemudahan bagi sobat Meddy untuk menyelesaikan proses kelengkapan dokumen. Segera cek informasi layanan kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top