Beasiswa BAZNAS

Mahasiswa Wajib Tahu! Beasiswa BAZNAS Ini Bisa Support Skripsi Kamu

Bagi Sobat Meddy yang beragama Muslim pastinya tahu bahwa bulan Ramadhan tidak hanya identik dengan kegiatan puasa saja, namun ada kegiatan yang biasa dilakukan sebelum hari raya datang, yaitu memberi dana zakat kepada lembaga sosial seperti BAZNAS.

Mediamaz Scholar - Penerjeman Dokumen Tersumpah

Tapi, tahukah kamu? BAZNAS tidak hanya bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan zakat fitrah saja, melainkan lembaga ini juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa akhir untuk  mendapatkan bantuan dana pendidikan! Simak artikel ini lebih lanjut dan catat deadline-nya ya!

BAZNAS, Lembaga Yang Buka Kesempatan Emas Untuk si Mahasiswa Tingkat Akhir!

Picy by : Canva.com

Buat kamu yang bertanya apa itu BAZNAS? Meddy kasih infonya nih. Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS adalah lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah.

Lembaga pemerintah non-struktural ini bertugas untuk menghimpun sekaligus menyalurkan dana zakat fitrah kepada masyarakat yang membutuhkan. BAZNAS dibentuk sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang terdaftar sebagai lembaga sosial.

Baca Juga : Gawat! 4 Negara Asia ini Paling Banyak Diincar Pelajar Indonesia

Lembaga Sosial

Lalu, apa yang dimaksud dengan lembaga sosial? Menurut laman Wikipedia, definisi Lembaga sosial adalah organisasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu lembaga lembaga sosial yang ada di badan organisasi ini adalah Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB). Berfungsi untuk membantu mahasiswa-mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan program studinya hingga akhir.

Lebih lanjut, program yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional ini total sudah meluluskan sebanyak 1422 alumni yang terdiri dari jenjang diploma hingga jenjang doktoral. 

Beasiswa Riset, Program BAZNAS Yang Bisa Bantu Meringankan Biaya Tugas Akhir!

Beasiswa riset adalah adalah satu program BAZNAS RI berupa pendanaan riset bagi mahasiswa aktif di seluruh Indonesia. Program ini tidak serta merta diselenggarakan begitu saja, melainkan didasari atas keluhan yang dialami bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir.

Bagi kamu yang sudah duduk di bangku kuliah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tugas akhir. Tugas akhir adalah salah satu bentuk dari karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai syarat kelulusan berdasarkan hasil penelitian atau kajian terhadap proses praktik kerja lapangan (PKL).

Tugas akhir ini dapat berbentuk skripsi, tesis, dan disertasi. Seringkali untuk melakukan serangkaian riset atau penelitian membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini lah yang biasanya menjadi keluhan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir, sehingga proses riset ini menghambat kelulusan.

Baca Juga : Nyesel Baru Tahu! Berikut 3 Beasiswa Kuliah S3 Dalam Negeri

Biaya yang harus disiapkan bagi para mahasiswa tingkat akhir ini ditakar bisa mencapai jutaan rupiah, lho! Besaran biaya dapat didasari oleh beberapa faktor seperti jarak perjalanan menuju tempat penelitian, jenis transportasi, akomodasi, perizinan, hingga proses pencetakan yang pastinya memakan biaya.

Manfaat beasiswa BAZNAS ini adalah mahasiswa tidak perlu memikirkan sumber dana dan bisa mengerjakan tugas akhir dengan fokus.

Kategori Beasiswa Riset BAZNAS

Terdapat dua kategori yang ditetapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional yaitu:

1. Kategori Beasiswa Riset Umum 

Yaitu jenis kategori bagi mahasiswa aktif yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar diploma, S1, S2, S3 seluruh jurusan atau fakultas.

2. Kategori Beasiswa Riset MAZAWA (S1)

Yaitu jenis kategori bagi mahasiswa aktif S1 di perguruan tinggi dengan prodi Manajemen Zakat dan Wakaf yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi gelar sarjana (S1).

Cakupan Beasiswa

Adapun cakupan beasiswa yang bisa kamu dapatkan pada beasiswa riset antara lain:

Kategori Umum Beasiswa Riset

  • S1 – sebesar Rp 4,000,000,-
  • S2 – sebesar Rp 7,000,000,-
  • S3 – sebesar Rp 10,000,000,-
  • Diploma sebesar Rp 4,000,000,-

Kategori Prodi MAZAWA (S1)

  • S1 – sebesar Rp 4,000,000,-

Baca Juga : Manjur! Doa Orang Tua Berhasil Membawa Raysha Terbang ke Kairo, Mesir

Syarat Beasiswa

  • Melampirkan bukti kewarganegaraan Indonesia melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mahasiswa aktif di perguruan tinggi dengan melampirkan surat keterangan aktif kuliah atau Kartu Rencana Studi (KRS)
  • Peserta diharapkan mendaftar sesuai dengan kategori beasiswa yang sudah ditentukan pihak penyelenggara (syarat beasiswa s2, s3, MAZAWA)
  • Membuat surat pernyataan bahwa sedang mengerjakan tugas akhir mahasiswa
  • Melampirkan surat rekomendasi dari pihak kampus atau terkait tugas akhir
  • Melampirkan proposal tugas akhir serta salindia (PPT) riset yang ingin dilakukan 
  • Melampirkan Curriculum Vitae (CV) atau Riwayat hidup serta portofolio bagi proses pengajuan riset mengenai desain, ilustrasi, digital dan perfilman
  • Tema tugas akhir kuliah diprioritaskan bertema BAZNAS beasiswa, zakat BAZNAS atau program-program yang serupa
  • Melengkapi seluruh persyaratan beasiswa yang terlampir
  • Dibuka untuk seluruh kampus yang terakreditasi oleh BAN PT Minimal B

Informasi terkait beasiswa BAZNAS lainnya bisa kamu lihat  di : Beasiswa BAZNAS go id.

Atau kunjungi kantor pusat BAZNAS yang berlokasi di Jl. Matraman Raya No.134, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Baca juga: Cek Di Sini! Beasiswa Indonesia Maju (BIM) S1 dan S2 Dalam-Luar Negeri

Mediamaz Scholar - Konsultasi Beasiswa

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Buat sobat Meddy yang mau lanjut kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa, lebih baik persiapkan dari sekarang. Supaya persiapan kamu semakin mantap, sobat Meddy bisa banget daftar program kelas persiapan luar negeri, kelas TOEFL, IELTS, dan TOEIC di Mediamaz Scholar. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftar sekarang juga! Info lengkapnya bisa sobat Meddy lihat di Instagram @Mediamaz Scholar. Jangan lupa kunjungi website resmi beasiswa ya. Kamu juga bisa menghubungi Meddy lewat Whatsapp. Cause We Believe, Study Abroad is for Everyone!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top