Makanan di China

Rekomendasi Makanan Halal yang Harus Kamu Coba Ketika Tiba di China

Negara China memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi yang dipertahankan dari generasi satu ke generasi sebelumnya. Upaya untuk mempertahankan budaya dan tradisi secara turun temurun tentunya membuahkan hasil, karena saat ini kita masih bisa merasakan pengalaman untuk melihat kesenian, budaya tahunan, maupun makanan khas China.

Makanan khas China menjadi salah satu jenis makanan asing yang dikenal oleh mancanegara. Rasanya yang otentik dan memiliki keunikan tersendiri menjadi salah satu daya tariknya. Pada kesempatan kali ini Meddy mau kasih informasi mengenai makanan khas China dan wilayah mana saja yang menyediakan makanan halal di China. Simak yuk artikel ini untuk informasi selengkapnya! 

Uniknya Jenis Makanan di China

Dilansir dari katadata.co.id China menduduki posisi keempat sebagai negara terbesar di dunia, dengan total wilayah seluas 9.596.960 km2. Luasnya wilayah negara ini juga berbanding lurus dengan pembagian daerah di China yang terdiri dari 34 kawasan divisi administratif. Banyaknya kawasan yang terbagi di China berdampak pada perbedaan jenis makanan di setiap daerahnya.

Perbedaan jenis makanan inilah menjadi hal yang unik di negara China, karena setiap makanannya memiliki ciri khas-nya masing-masing. Daerah yang biasa dikenal dengan ciri khas makanannya ialah daerah Szechuan, Shandong, Cantonese, Hokkien, Beijing, Shanghai, maupun lainnya. Walaupun adanya perbedaan di setiap daerahnya, China dikenal dengan penggunaan bumbu masakan seperti arak masak, bawang putih, jahe dan beragam saus yang digunakan untuk melengkapi rasa.

Jenis Makanan Khas China

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat beberapa daerah yang dikenal dengan ciri khas makanan di China dan disukai oleh banyak masyarakat di dunia. Berikut informasi mengenai ciri khas mengenai makanan tiap daerah di China dan jenis makanan apa yang disajikan di tiap daerah ini.

Szechuan

Terletak di bagian barat negara China, daerah Szechuan memiliki jenis makanan yang menjadi game changer dibandingkan daerah lainnya. Hal ini karena penggunaan bumbu rempah yang banyak digunakan seperti cabai, bawang putih, dan daun bawang. Rasa pedas dan gurih yang ditawarkan menjadi salah satu hidangan favorit bagi masyarakat di Indonesia. Hidangan khas dari masakan daerah Szechuan ialah sebagai berikut:

  1. Mapo Tofu
  2. Ma Yi Shang Shu
  3. La Ji Zi
  4. Tangculiji
  5. Ayam Kung Pao
  6. Maocai
  7. Szechuan Hotpot

Beijing

Kota Beijing dikenal bersejarah karena dulunya menjadi kota yang ditinggali oleh raja di negara China. Selain bersejarah, kota ini juga memiliki ciri khas makanannya tersendiri. Wilayah Beijing yang dikenal dengan hasil gandum yang besar menjadikan wilayah ini banyak memproduksi makanan berkarbohidrat seperti mie, bakpao, pangsit maupun makanan lainnya. 

Daerah yang terletak di bagian utara China ini memiliki rasa makanan yang netral dan tidak terlalu kuat dalam penggunaan bumbu. Adapun jenis makanan yang dikenal di wilayah ini yaitu:

  1. Bebek Peking
  2. Udang Rebus
  3. Ikan mas kuning asam-manis
  4. Teripang Rebus (Cong Shao Hai Shen)
  5. Capcay
  6. Fu Yung Hai

Cantonese

Terletak di daerah China bagian selatan, kanton menjadi salah satu daerah dengan jenis makanan yang dikenal oleh masyarakat dunia. Ciri khas makanan daerah Kanton ialah bumbu yang digunakan sedikit dan memiliki rasa yang manis. Adapun hidangan makanan khas di daerah ini ialah sebagai berikut:

  1. Sapi Lada Hitam
  2. Cah Sapi Paprika
  3. Sup Bebek
  4. Sup Seafood ala Kanton
  5. Dim Sum
  6. Char siu

Rekomendasi Tempat Makan di China

Berkat ulasan diatas Sobat Meddy jadi lumayan paham kan mengenai jenis makanan yang ada di China, selanjutnya Meddy mau kasih tau rekomendasi tempat makan di China tepatnya di daerah Shanghai, Beijing, dan Shenzhen yang murah dan tempat makanan di China yang halal untuk Sobat yang akan tinggal atau mau liburan di China. Informasi selengkapnya dijelaskan di bawah ini ya!

Wisata Kuliner di Shanghai

Restoran Dong Yi Shun

Restoran Dong Yi Shun merupakan salah satu restoran yang dikenal di daerah Shanghai yang memiliki konsep timur tengah. Dong Yi Shun melarang restorannya untuk menyediakan atau menggunakan tembakau dan alkohol.Restoran ini memiliki spesialisasi dalam penyajiannya yaitu masakan khas daerah China bagian utara. 

Makanan yang tersedia disini hanya menyediakan daging kambing, ayam dan sapi. Adapun menu favorit yang disediakan disini ialah Szechuan Spicy Chicken La Mian, Xinjiang’s Big Pot Chicken, Garoupa Fish with Pine Nuts, dan Beef Fried Dumpling.

Restoran Hong Chang Xing

Restoran Hong Chang Xing merupakan salah satu restoran mewah yang terletak di East Nanjing Road, Shanghai. Hong Chang Xing mulai dibuka sejak tahun 1891 dan menyediakan masakan khas rumahan dengan menggunakan daging kambing bagi hidangan utamanya. Menu makanan khas di restoran ini ialah pangsit kambing, hot pot kambing, dan Shashlik.

Restoran Muslim Hunfeng lou 

Restoran yang diperuntukkan bagi masyarakat muslim ini merupakan salah satu restoran halal tertua di Shanghai, China. Restoran ini menggunakan daging kambing sebagai salah satu menu utamanya. Makanan yang direkomendasikan saat berkuliner di restoran ini ialah Baiqie Yangrou, Sai Xiong Zhang, dan Yinsijuan

Wisata Kuliner di Beijing

Restoran Hong Bin Lau

Berdiri sejak tahun 1853, restoran ini sudah dikenal oleh penduduk di China karena hadir selama lebih dari 150 tahun lamanya. Sejak awal berdiri restoran ini sudah menggunakan konsep restoran yang terverifikasi halal yang mewah. Menu yang direkomendasikan di restoran ini ialah bebek panggang dan kambing panggang. 

Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk makan di restoran ini ialah 70 Yuan per orang.

Restoran Kao Rou Wan

Restoran ini sudah dibangun sejak tahun 1686. Berbeda dengan restoran lainnya di China yang menjual makanan khas China, restoran ini hanya menyediakan hidangan makanan seperti sapi panggang, domba panggang, maupun kambing panggang. Kao Rou Wan yang sudah hadir bertahun-tahun lamanya di Beijing, China dikenal menyediakan hidangan makanan yang enak dan berkualitas.

Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk makan di restoran ini ialah 60 Yuan per orang.

Restoran Xi Lai Shun

Restoran Xi Lai Shun sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu pilihan bagi penduduk China maupun turis luar negeri untuk menyantap makanan halal di Beijing, China. Restoran ini menyediakan makanan otentik dari China namun tetap halal. Menu favorit di restoran ini ialah daging domba asam manis, ayam kung pao, dan bebek panggang maliang liang. 

Wisata Kuliner di Shenzhen

Restoran Muslim Xinyue

Restoran yang terletak di Shenzhen ini merupakan salah satu tempat yang populer untuk mencari makanan halal. Restoran ini menyediakan menu makanan otentik khas China yang menghilangkan bumbu-bumbu non-halal seperti kambing panggang, yoghurt lokal, Kebab Mutton, Samsa, Xinjiang Rice, Salty Milk Tea, dan Deep fried Tower shape Cake

Xinyue memiliki kapasitas restoran yang cukup besar, maka dari itu Sobat Meddy dapat pergi ramai-ramai dengan anggota keluarga maupun teman. Selain itu restoran ini juga menyediakan pertunjukan dan atraksi khas timur tengah setiap harinya, maka dari itu pengalaman makanan di restoran ini akan jauh lebih menyenangkan dan menghibur.

Restoran Muslim Zhong Fa Yuan 

Zhong Fa Yuan merupakan restoran muslim di daerah Shenzhen. Restoran ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Zhong Fa Yuan Xue Hua Limited Corporation. Restoran ini memiliki bentuk yang sederhana namun dekorasi yang digunakan menggunakan barang yang terlihat elegan.

Restoran ini menyediakan menu makanan yang berbahan dasar daging adapun menu yang disediakan dalam olahan daging ini ialah daging bakar maupun sup daging. Kemudian restoran ini juga menawarkan makanan khas timur tengah.

Restoran Muslim A Feng

A Feng merupakan salah satu restoran lain yang terletak di Shenzhen dengan menerapkan konsep makanan halal. Selain dikenal dengan kehalalannya, restoran ini juga menawarkan hidangan makanan dengan harga yang murah dan porsi yang banyak. Oleh sebab itu, restoran ini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat muslim yang tinggal di Shenzhen. 

Meskipun tempatnya kecil, namun restoran muslim A Feng selalu ramai setiap harinya. Adapun menu restoran yang menawarkan berbagai macam masakan seperti mie dengan sayur kubis, daging kambing dengan minyak wijen, sup kambing, dan roti nann. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Tempat Wisata Di China 

Mengapa Memilih Mediamaz Scholar?

Mediamaz Scholar memiliki berbagai jenis layanan yang akan menunjang sobat Meddy untuk menggapai cita-cita dan impiannya. Kehadiran layanan konsultasi beasiswa, kursus bahasa, visa pelajar, dan layanan lainnya. Dengan hadirnya pelayanan penerjemah tersumpah yang mampu menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, tentunya akan memberikan kemudahan bagi sobat Meddy untuk menyelesaikan proses kelengkapan dokumen. Segera cek informasi layanan kami disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top