Makanan Korea Selatan

Biar Afdol, Cobain 10 Jenis Makanan Korea Selatan yang Booming!

Korea Selatan merupakan negara yang terletak di wilayah Asia Timur, dimana wilayah ini memiliki 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim semi, dan musim dingin. Hal ini berbeda dengan negara Asia bagian lainnya yang hanya memiliki 2 musim saja karena dilintasi garis khatulistiwa. Perbedaan musim ini menjadi salah satu karakteristik yang membedakan jenis makanan Korea Selatan yang terletak di Asia Timur dan bagian Asia lainnya. 

Pada kesempatan ini Meddy mau jelasin kepada Sobat semuanya mengenai informasi seputar makanan Korea Selatan, mulai dari karakteristik, jenis makanan, maupun informasi menarik lainnya yang bisa menambah informasi baru untuk Sobat Meddy sekalian. Oleh sebab itu simak artikel dibawah ini yuk untuk tau lebih lanjut mengenai informasinya!

jenis makanan
By Pixabay

Karakteristik Jenis Makanan Korea Selatan

Masing-masing negara memiliki karakteristik tersendiri dalam segi budaya, sosial, maupun karakteristik lainnya yang dapat dibedakan apabila ditinjau secara mendalam. Budaya merupakan hal yang diterima oleh masyarakat dan diturunkan secara terus menerus dalam generasi di masyarakat. Salah satu contoh dari budaya ialah makanan. 

Makanan tradisional merupakan salah satu contoh dari budaya yang diturunkan secara terus menerus. Umumnya makanan tradisional memiliki karakteristiknya tersendiri yang otentik dan berbeda dari makanan dari wilayah lainnya. Lantas bagaimana dengan karakteristik makanan dari negara Korea Selatan sendiri yang menjaga budayanya secara komprehensif? pertanyaan ini akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Porsi Makanan Banyak

Makanan Korea Selatan biasanya memiliki jumlah porsi makanan yang banyak dan besar. Maka dari itu dengan beberapa jenis makanan yang disajikan dapat dikonsumsi bersama dengan keluarga.  

  • Wajib ada Hidangan Pendamping

Apabila Sobat Meddy memesan makanan di restoran Korea yang otentik, maka jangan kaget terlebih dahulu apabila pramusaji memberikan makanan yang tidak dipesan sebelum hidangan utama disajikan. Hal ini merupakan hal yang umum bagi restoran maupun masyarakat di Korea Selatan untuk menikmati hidangan utama dengan hidangan pendamping.

  • Cita Rasa Pedas dan Merah

Sama seperti beberapa wilayah di Indonesia, makanan Korea Selatan biasanya disajikan dengan rasa pedas dan memiliki warna merah yang pekat. Adapun bumbu yang biasanya digunakan ialah bubuk cabai, cabai merah. Penggunaan saus gochujjang biasa dipakai agar makanan yang dimasak memiliki warna merah, sehingga meningkatkan nafsu makan.

  • Benutrisi

Banyak makanan Korea Selatan yang menggunakan sayur dan rempah-rempah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Contohnya saja sayur sawi putih, lobak, wortel, bawang putih, wijen lalu ginseng, jahe, serta sayur dan rempah lainnya yang biasa digunakan untuk beberapa jenis makanan di Korea Selatan.

Jenis Makanan Khas Korea Selatan

Korea Selatan yang kaya akan budaya memiliki jenis makanan yang beragam. Sekarang ini makanan korea selatan memiliki beberapa tipe yang diantaranya makanan tradisional dan makanan modern. Umumnya makanan tradisional merupakan makanan yang diturunkan secara terus menerus oleh beberapa generasi, dimana bumbu dan penyajian makanannya dipertahankan hingga sekarang. Sedangkan makanan modern merupakan jenis makanan yang populer dan menggunakan bahan makanan yang mudah dipakai dan tidak berkaitan dengan makanan yang sebelumnya ada.

Selain tipe makanan, Korea Selatan juga memiliki berbagai macam jenis makanan khas yang dapat dikonsumsi. Adapun jenis makanan Korea Selatan versi Meddy yang terbagi sebagai hidangan utama, hidangan pendamping, dan hidangan penutup. Informasi lebih lanjut mengenai hidangan ini ialah sebagai berikut:

Hidangan Utama

Hidangan utama merupakan jenis makanan yang disediakan untuk mengenyangkan perut. Adapun contoh dari hidangan utama ialah sebagai berikut:

1. Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan yang diwadahi oleh mangkuk dan didalamnya memiliki beberapa jenis makanan seperti nasi, berbagai macam sayuran, dan daging sapi atau daging ayam. Mulanya Bibimbap dikenal dengan dama Goldongban yang diartikan sebagai bercampur (makanan yang dicampur). Makanan ini memiliki filosofi yaitu mengenai rasa kebersamaan sebagaimana kondimen pada bahan makanan tersebut dicampur, dan dinilai sebagai estetika. 

2. Jjajangmyeon 

Jjajangmyeon merupakanan makanan Korea Selatan yang mulai populer sejak ratusan lalu. Makanan ini memiliki pengaruh dari negara China. Bahan utama yang digunakan pada Jjajangmyeon ialah tepung terigu sabagai mie nya, lalu penggunaan kedelai hitam digunakan sebagai saus dari mie, dan timun yang digunakan sebagai pelengkap sayur yang ada pada mie tersebut.

3. Samgyetang

Samgyetang merupakan ayam yang direbus secara utuh dengan berbagai macam ramuan herbal, adapun bumbu yang tidak bisa terlewat dari makanan ini ialah ginseng. Ginseng merupakan salah satu rempah yang terkenal di Korea Selatan dan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh seperti menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kehangatan bagi tubuh.

Makanan ini mulai populer pada tahun 1970-an dan menjadi makanan yang digunakan untuk mengobati orang yang sakit untuk mengisi energi dan nutrisi yang sebelumnya menurun. Awalnya makanan ini hanya dikonsumsi oleh kalangan atas karena dahulu harga ginseng mahal, namun seiring berjalannya waktu Samgyetang menjadi makanan yang dapat dikonsumsi oleh berbagai macam kalangan.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Halal Yang Harus Kamu Coba Ketika Tiba Di China

4. Kimchi Jiggae

Makanan Kimchi Jiggae merupakan sup yang menggunakan makanan Korea Selatan yang menggunakan kimchi sebagai bahan utamanya. Selain kimchi, terdapat beberapa sayuran yang biasanya hadir pada makanan ini seperti sayur sawi putih, dan daun bawang. Selain sayur, kimchi jiggae juga biasa menggunakan seafood, tahu, maupun daging untuk menambah cita rasa dari makanan ini 

5. Japchae

Jenis makanan ini merupakan salah satu jenis mie bihun yang dibuat dengan menggunakan ubi jalar sebagai bahan utama pembuatannya. Japchae merupakan jenis makanan yang sangat populer dan biasa dijumpai di meja makan warga Korea Selatan. Makanan ini terdiri dari mie ubi jalar dengan tambahan sayur seperti bayam, wortel, dan bawang lalu beberapa Japchae biasanya juga menambahkan daging sapi sebagai pelengkap.

Japchae biasa dihidangkan untuk berbagai macam acara di Korea Selatan, seperti acara pesta ulang tahun maupun acara liburan. Japchae merupakan salah satu menu yang biasa dijumpai di luar negeri Korea Selatan, karena menu ini memiliki cita rasa yang universal dan dapat disesuaikan dengan seleranya.

Hidangan Pendamping

Hidangan pendamping merupakan jenis makanan yang disediakan sebelum hidangan utama disediakan di meja maupun dapat disantap sebagai makanan pendamping bagi hidangan utama. Adapun contoh makanan hidangan pendamping Korea Selatan ialah sebagai berikut:

1. Banchan 

Banchan merupakan makanan yang dikenal sebagai lauk-pauk sampingan, dimana bentuk penyajian dari hidangan ini didalam piring atau mangkuk kecil yang disediakan di atas meja. Makanan ini terdiri dari beberapa hidangan yang diantaranya ialah sebagai berikut:

2. Kongnamul

Kongnamul merupakan sajian makanan dengan sayur tauge sebagai bahan utamanya, dan ditambah dengan minyak wijen untuk menambah cita rasa pada banchan ini.

3. Makanan Ferementasi Kimchi

Kimchi merupakan salah satu jenis makanan yang populer di Korea Selatan di dunia, pasalnya makanan yang masuk pada kategori banchan ini sering muncul di beberapa serial drama korea.

Makanan ini merupakan makanan khas Korea Selatan yang terdiri dari sawi putih, lobak, wortel, dan sayuran lainnya yang diproses dengan fermentasi. Makanan ini menjadi sayuran utama yang dimakan pada saat musim dingin, fermentasi dilakukan untuk menyimpan kualitas sayur dan dapat dimakan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Sigeumchi Namul

Sigeumchi Namul merupakan sajian makanan dengan sayur bayam sebagai bahan utamanya, dan ditambah minyak wijen untuk menambah cita rasa.

5. Myulchi Bokkeum

Myulchi Bokkeum merupakan sajian makanan dengan bahan teri sebagai bahan utamanya. jenis makanan ini biasanya ditumis dan rasanya manis.

Hidangan Penutup

1. Tteok

Tteok diartikan sebagai kue beras, namun sebenarnya kue ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar gandum yang sebelumnya sudah digiling sampai halus lalu setelahnya direbus. kue beras ini sudah populer sejak ratusan tahun lalu, namun pada saat Dinasti Goryeo sulit sekali untuk mendapatkan gandum. Oleh karena itu masyarakat menengah menggunakan beras sebagai bahan alternatif pembuatan Tteok. Biasanya kue beras ini dihidangkan pada acara-acara besar seperti acara ulang tahun, pernikahan, acara ritual, maupun acara lainnya. Hal ini disebabkan karena Tteok memiliki filosofi bahwa siapapun orang yang mengonsumsinya akan memiliki keberuntungan.

Jenis Makanan Hits Korea Selatan yang Ada di Indonesia

Sekarang ini di Indonesia sudah banyak dan populer restoran maupun kedai yang menyediakan makanan khas Korea Selatan. Makanan yang disediakan biasanya sudah disesuaikan dengan cita rasa mulut Indonesia, lantas apa saja makanan hits dari Korea Selatan yang ada di Indonesia? simak uraiannya di bawah ini.

  1. Sayuran Ferementasi Kimchi
  2. Tteokppokki
  3. Bimbimbap
  4. Mie Japchae
  5. Jjamppong
  6. Sundubu Jiggae
  7. Jajjangmyeon
  8. Kimbap
  9. Chimaek
  10. Dak Galbi

Bagaimana nih setelah lihat artikel di atas, apakah Sobat Meddy tertarik untuk mengeskplor berbagai macam makanan khas Korea Selatan? Yuk diskusikan pemikiranmu di kolom komentar!

Apa yang Bisa Meddy Bantu?

Untuk terus terkoneksi dengan informasi ter-update mengenai informasi beasiswa, konsultasi beasiswa, maupun proses persiapan kelengkapan dokumen beasiswa. Selain itu Mediamaz Scholar juga menyediakan layanan kursus bahasa yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Maka dari itu jangan ragu untuk memilih Mediamaz Scholar sebagai solusi atas keperluanmu! Informasi selengkapnya bisa cek disini, follow juga Instagram Mediamaz Scholar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top