beasiswa

Mantap! Cerita Putri Wahyu Kusumaningtyas Terbang Ke UBC

Halo Sobat Meddy, apa kabar? Kali ini kita akan sedikit membahas tentang kisah perjuangan Putri Wahyu Kusumaningtyas yang berhasil meraih program beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 di tahun 2022 ini. Mungkin ini bisa jadi motivasi untuk kamu yang sedang punya keinginan kuliah di luar negeri, terutama negara Kanada. Seperti  apa kisah lengkapnya? Simak kisahnya di bawah ini ya.

Mengenal Profil Putri Wahyu Kusumanigtyas, Sosok Remaja Putri Berprestasi

Sobat Meddy, akhir-akhir ini ramai sekali menjadi perbincangan tentang beasiswa maju dan sosok Putri Wahyu Kusumaningtyas yang merupakan siswi asal MAN 2 Ponorgo yang berhasil di beasiswa tersebut dan akan terbang ke University Of British Columbia, Kanada. Lebih lanjut, putri juga akan diterbangkan ke negeri pecahan es ini di bulan Agustus 2022 mendatang.

universitas terbaik di Kanada

Menurutnya, Putri Wahyu Kusumanigtyas hanya siswa yang punya prestasi biasa saja. Namun, menurut Meddy prestasi yang putri punya sudah membanggakan nama sekolah maupun orang disekitarnya tentunya. Bagaimana tidak? dialnsir dari beberapa pemberitaan, Putri Wahyu Kusumaningtyas ini merupakan peserta Olimpiade Sains Nasional atau yang sering kita singkat (OSN), meskipun tidak berhasil menempati posisi juara, tapi ia termasuk salah satu finalis yang bergelut di OSN saat itu.

A. Mendapatkan Undangan Beasiswa ke Negara Kanada

Lebih lanjut, berkat menjadi finalis di OSN tersebut, ia mendapatkan undangan beasiswa yang kini ia berhasil Raih, yaitu beasiswa Indonesia Maju. Tak mau menyiakan kesempatan, lantas Putri mencoba peruntungannya, megikuti dan berjuang untuk meraih beasiswa tersebut. Pada akhirnya keberuntungan menjadi miliknya, Putri Wahyu Kusumaningtyas berhasil meraih beasiswa tersbut dengan tujuan University of British Columbia atau UBC yang kini menjadi kampus impiannya.

Berbagai tahap berhasil ia lewati, mulai dari seleksi admnisitrasi, wawancara dan Putri juga melengkapi persyaratan lainnya seperti paspor, nilai IELTS, personal profile yang digunakan untuk apply ke kampus tujuannya saat itu. Ia juga menunggu Letter Of Acceptence atau LoA dan sampai diujung, ia lolos seleksi tahap pembinaan.

B. Putri Wahyu Kusumaningtyas ini Berhasil Meraih Beasiswa Indonesia Maju ke Negara Kanada, Gimana Tipsnya?

Lanjut-Kuliah-di-Kanada

Sebelum membahas ke tipsnya, bagaimana Putri Wahyu Kusumaningtyas bisa meraih beasiswa Indonesia Maju, ada baiknya kita sedikit mengenal dan mengulas apa itu Beasiswa Indonesia Maju. Pada dasarnya, beasiswa tersebut merupakan program yang di gagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  bagi peserta didik/lulusan berprestasi yang berkeinginan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Impian baik di dalam maupun luar negeri. Program ini terdiri dari program beasiswa non gelar (non degree) yaitu program persiapan S1 luar negeri dan gelar (degree) yaitu program beasiswa S1 dan S2 (dalam/luar negeri).

C. Tunjangan Beasiswa Indonesia Maju

Apa saja tunjangan yang didapat di pada program beasiswa Indonesia maju ini? menurut penutusan Putri ia akan mendapat tunjungan Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian hingga biaya kedatangan semua ditanggung (fully funded).

Nah, ga sampe situ aja. Dibutuhin juga peran sekolah juga yang sangat mendukung siswa dalam menggali bakat dan mengembangkan potensi dirinya. Seperti di Sekolahnya Putri, yaitu pihak Madrasah selalu siap memfasilitasi siswa dalam meraih prestasi tersebut, baik untuk bimbingan online maupun offline. Selain itu juga dukungan moril maupun materil dari semua pihak, tidak hanya madrasah tetapi juga keluarga.

Putri sendiri merupakan finalis KSN Tingkat Nasional, dia mengetahui Beasiswa Indonesia Maju ini dari email. Jadi, para finalis KSN atau KOPSI Tingkat Nasional akan diundang melalui email masing-masing untuk mengikuti beasiswa ini. Sehingga, pada dasarnya tips untuk lolos beasiswa Indonesia maju ini adalah kamu harus berpreasti di tingkat atau kejuaraan nasional dan punya kemauan untuk mengikuti prioses rangkaian seleksinya.

D. Ini  Motivasi Dari Kisah Putri Wahyu Kusumaningtyas

bendera-kanada

Sobat Meddy, banyak sekali pesan atau motivasi yang bisa diambil. Yang pertama soal keyakinan dan percaya diri, sebagai contoh menurutnya, Putri sendiri bukan tergolong siswa yang paling pintar di sekolah. Putri merupakan siswa ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII di MAN 2 Ponorogo. Namun karena keuletannya, Putri jadi menjadi satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke luar negeri. Disamping itu, Putri Wahyu bercerita, sebenarnya nilai The International English Language Testing System (IELTS)-nya mepet dari angka minimal. Namun, berkat kegigihan dan perjuangannya, ia berhasil membuktikan bahwa ia memang layak mendapatkan beasiswa tersebut. Ia menunjukkan semangat belajar yang tinggi serta keuletan yang tidak banyak dimiliki siswa lain. Ia terus Berjuang dan Berdo’a sampai setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi, akhirnya Putri dinyatakan lolos hingga ke tahap pembinaan.

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan tentang seputar kisah sosok Putri Wahyu Kusumaningtyas. Semoga Sobat Meddy dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya seperti Putri yah. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampusnya ya. Semangat!

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bersejarah di Kanada, Negara yang Punya UFO Landing Pad

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan sobat Meddy. Tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan mediamaz scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website mediamaz scholar yaa. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top