ITB-Bandung

Mantap! Kuliah di Bandung Dengan Biaya Murah Pakai Beasiswa ITB!

Halo Sobat Meddy! Kali ini kita akan mengulas fakta yang terungkap tentang masuk ITB Bandung dengan Biaya Murah: Pakai Beasiswa ITB. Pastinya, banyak sekali dari kita yang mengharapkan bisa masuk ITB Bandung ini, tapi ternyata kenyataannyatidak semudah itu. Selain persaingan pendaftarnya yang begitu banyak dan tentu berkompeten, kuliah di ITB Bandung juga terbilang cukup lumayan loh. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu yang mau dan sedang kuliadh di Institut Teknologi Bandung ini kamu bisa apply Beasiswa ini untuk keberlangsungan pendidikan kamu loh. Simak Info Beasiswa ITB ini sampai selesai ya.

Kenapa Harus ITB Bandung dan Apply Beasiswa yang Ini?

ITB Bandung merupakan nama akrab untuk sebuah perguruan tinggi negeri yang bernama Institut Teknologi Bandung. Dilansir dari laman resmi ITB Bandung, menurutnya ITB lahir di abad ke-20, saat itu Pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) pada 3 Juli 1920 di lahan seluas 30 hektar di Bandung. Tentunya, kampus ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin terbatas pada masa kolonial Belanda akibat pecahnya Perang Dunia pertama.

Adapun Visi Kampus Institut Teknologi Bandung ini Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

Dilanjut dengan Misi ITB ini adalah menciptakan, berbagi dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kemanusiaan serta menghasilkan sumber daya insani yang unggul untuk menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik. Maka, untuk mewujudukan keduanya adalah dengan menjadikan kualitas pendidikan di Universitas Teknologi Bandung sebagai tonggak kemajuan ITB.  Sebagai informasi, jurusan apa saja yang ada di ITB, berikut diantaranya:

  1. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
  2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  4. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  6. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  7. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  8. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
  9. Sekolah Bisnis Manajemen ITB (SBM)
  10. Sekolah Farmasi (SF)
  11. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
  12. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Gimana menurut Sobat Meddy? apakah kamu semakin tertarik untuk kuliah di ITB? Sebelumnya, kamu juga harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana biaya kuliah di ITB. Sebagai informasi, ITB Bandung sudah menerapkan ketentuan besar biaya UKT berdasarkan jalur masuk kuliah di ITB. Contohnya untuk kamu yang masuk ITB Bandung jalur Reguler, untuk Sekolah Bisnis Manajemen adalah Rp. 20.000.000,- dan selain Sekolah Bisnis Manajemen adalah Rp. 12.500.000,-. Wah Lumayan Banget kan Kuliah di ITB Bandung?

Baca juga: Cek Life Hack Kuliah di UGM, 3 Beasiswa Siap Apply!

ITB-Bandung

1. Beasiswa Astra

Nah, siapa yang tidak tahu Beasiswa Astra, beasiswa yang diinisiasikan dibawah naungan PT Astra International Tbk.,  Beasiswa Astra dari Yayasan Astra Honda Motor tahun 2022 ini merupakan beasiswa bergengsi dan banyak sekali peminatnya yang ingin apply. Sebenarnya, beasiswa astra ini banyak juga loh jenisnya, salah satunya Beasiswa Koperasi Astra.

“Bersama kami Koperasi Astra International, Membangun Kesejahteraan Untuk Masa Depan yang Lebih Baik.”

Beasiswa Astra, Beasiswa Koperasi Astra ini memang dikhususkan untuk karyawan PT. Astra International Tbk., Tapi tenang saja, dibuka juga penerimaan mahasiswa jalur beasiswa dan reguler di politeknik astra. Jadi, bagi kamu yang hobby ke otomotifan dan ingin tetap melanjutkan pendidikan, rasanya masuk Politeknik Astra jalur beasiswa adalah hal yang cocok untuk kamu.

Persyaratan Administrasi 

  • Upload kartu keluarga
  • Upload buku tabungan gaji (No. Rekening)
  • Upload Surat keterangan nilai 2 semester terakhir yang dilengkapi dengan ttd/Cap Sekolah 
  • Upload prestasi Akademik Anak (Jika Ada)

Ketentuan Beasiswa Koperasi Astra

  • Anggota golongan 1-3
  • Minimal 1 tahun sudah menjadi anggota Koperasi Astra saat beasiswa dibuka
  • Pelajar SD SMP SMA dengan nilai 2 semester terakhir minimum 7.5 
  • Mahasiswa diploma dan perguruan tinggi (PT) dengan nilai 2 semester terakhir minimum IP. 3.00 (hanya berlaku untuk mahasiswa minimal semester 3)
  • Pembayaran beasiswa akan dilakukan per 3 bulan yang ditransfer langsung ke rekening anggota 
  • pendaftar beasiswa diwajibkan untuk follow instagram @koerasiastra dan subscribe youtube channel Koperasi Astra. 
beasiswa-kalla
By Google

2. Beasiswa Yayasan Kalla

Yang kedua, adalah beasiswa Kalla atau program yang dinisiasikan oleh Yayasan Kalla. Dari beasiswa kalla ini kamu akan mendapatkan cakupan yang menguntungkan untuk mahasiswa putra atau putri asal Pulau Sulawesi, baik kamu yang dari Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, Sulawesi tenggara dan Sulawesi tengah.

Cakupan Beasiswa Kalla

Adapun cakupan Beasiswa Kalla ini adalah pemberian bantuan dana kuliah dan peningkatan Kepemimpian untuk mahasiswa.

Highlight Persyaratan Beasiswa

Paling tidak, kamu harus berprestasi secara akademik maupun Non akademik. Itu berati, untuk prestasi Non akademik kamu harus bisa berprestasi di bidang seni dan olahraga atau memiliki hafalan Alquran, kamu juga aktif di organisasi kepemudaan dan pelajar. Beasiswa Kalla untuk masuk ITB ini juga tersedia untuk para penyandang disabiltas loh.

Kuota Beasiswa Kalla

Dan Beasiswa kuliah 2022 ini dialokasikan kurang lebih kepada 270 orang Awardee!

Deadline Beasiswa Kalla

28 Juni sampai dengan 19 September 2022.

Syarat Pendaftaran Beasiswa Kalla

  1. Mahasiswa Tk I  dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemendikbudristek 2022
  2. Mahasiswa Tk I dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sulawesi
  3. Berprestasi Akademik, Nilai Rapor minimal 7.50
  4. Berprestasi Non Akademik
  5. Tidak sedang mendapat beasiswa lain darimanapun
  6. Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

Untuk info beasiswa dan link beasiswa klik di sini.

SEA-Scholarhsip-Indonesia
By Google

3. SEA Scholarhsip Indonesia

Apakah kamu tahu tentang SEA Scholarship atau perusahaan SEA? Nah, SEA sendiri merupakan perusahaan (group) digital dalam skala besar. SEA ini menaungi 3 perusahaan yang tidak asing kita dengar, diantaranya adalah Shoppee, Garena dan Sea Money. Melalui kebolehan dalam menunjukan kepedulian & integritasnya, SEA memberikan Scholarship yang tidak main-main loh.

Cakupan Beasiswa SEA Indonesia, Beasiswa Penuh

Menggiurkan! Awardee SEA Scholarship Indonesia ini mendapat selama 4 tahun, artinya ini beasiswa fully funded atau Beasiswa S1 Penuh. Tidak hanya itu, kalau kamu lolos Beasiswa S1 Dalam Negeri ini kamu juga akan mendapatkan berbagai dukungan fasilitas menarik lainnya. Menarik ya, coba lihat rinciannya:

  1. Full tuition fee and monthly stipend 
  2. Bisa mengikuti internship/magang di unit bisnis Sea Garena, Shopee, dan SeaMoney.
  3. Mentoring & Monitoring Program untuk meningkatkan kemajuan keahlian para sarjana kami.
  4. Kesempatan untuk bekerja di berbagai posisi strategis unit bisnis SEA.

Ketentuan SEA Scholarhsip Indonesia

  1. Kamu adalah WNI!
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa tahun pertama, kedua, atau ketiga di universitas mitra Sea (Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Bina Nusantara, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Del).
  3. Sedang tidak komitmen untuk bekerja atau sedang menerima beasiswa lain dari pihak manapun.
  4. Berkomitmen untuk mempertahankan IPK kumulatif 3.5/4.0 (atau lebih tinggi) selama program Beasiswa.
  5. Kamu berada di semua jurusan kecuali Fakultas Kedokteran (termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Ilmu Keperawatan.

Van-deventer

4. Van Deventer – Maghas Indonesia

Selanjutnya, beasiswa Van Deventer – Mass Stichting (VDMS) Scholarship. Beasiswa ini merupakan program yang di gagas oleh Van Deventer-Maas Stichting itu sendiri. Sebagai informasi, Yayasan Van Deventer – Maas Indonesia yang berkantor di Yogyakarta ini concern terhadap beberapa hal, diantaranya Scholarship Program, Training Courses, Capacity Building, Alumini Relation and Projects.

Persyaratan Beasiswa Van Deventer

  1. IPK ≥ 3.0
  2. Berasal dari Keluarga kurang mampu
  3. Kamu juga memiliki semangat dan kemauan yang tinggi
  4. Aktif dalam kegiatan atau berorganisasi sosial
  5. Berasal dari institusi pendidikan yang terakreditasi (BAN-PT)
  6. Untuk tingkat SMA (tahun ke3) dan pendidikan D3, S1 (dimulai dari Semester 2)
  7. Untuk program S2 berdasarkan kasus tertentu berdasarkan pertimbangan

Cara Mendaftar VDMS Ini

  • Siswa/mahasiswa yang masuk kualifikasi dapat mendaftar sekali dalam setahun melalui Sistem Pendaftaran online.
  • Formulir aplikasi akan diseleksi oleh staf VDMS di Yogyakarta kemudian diverifikasi oleh Penanggung Jawab (PIC) masing-masing kampus/sekolah.
  • Proses administrasi untuk seleksi dan penyaluran dana beasiswa dilaksanakan secara online pada system pengolaan beasiswa (Scholarship Administration System).

Teknis Monitoring Beasiswa Van Deventer

  • Awardee VDMS ini, dalam satu tahun paling tidak sebanyak satu kali akan dilakukan pemantauan untuk dirinya sendiri (self monitoring) melalui Student Monitoring System (SMS).
  • Kalau Awardee VDMS merasa kesulitan dalam monitoring ini dan butuh bantuan, VDMS akan meminta PIC untuk mendampingi yang bersangkutan.
  • Pemberian beasiswa dikelola secara transparan, yang dapat dilihat dan diketahui baik oleh siswa, PIC ataupun Board di Netherland.
beasiswa-teladan
By Google

5. Beasiswa TELADAN – Tanoto

Dilansir dari laman Tanoto Foundation, Jika program TELADAN ini ternyata ada singakatannya yaitu Program Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan. Tentunya, Beasiswa TELADAN ini sendiri adalah hasil langkah inisiatif Tanoto Foundation (Anderson Tanoto) untuk build-in generasi unggul dan future leader  yang tangguh untuk berkontribusi membawa dampak positif untuk Indonesia.

Benefit Beasiswa Teladan Tanoto

Awardee Tanoto Scholarhip ini akan menjalani perjalanan program TELADAN selama 3.5 tahun hingga lulus di semester 8 (Fully Funded). Didukung benefit lainnya adalah:

  1. Support for Leadership
  2. Dukungan Lingkaran Pengembangan TELADAN
  3. Mendapat Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup
  4. Konektivitas Bersama Alumni di Indonesia & Dunia

Syarat Pendaftaran Tanoto Scholarship

  1. Kamu adalah seorang WNI.
  2. Mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.
  3. Berprestasi akademik yang baik.
  4. Nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10.
  5. Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.
  6. Berjiwa leadership yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  7. Berkemampuan berkomunikasi yang baik, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.
  8. Mampu berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah dan sedang tidak menerima beasiswa atau bantuan lainnya.
  9. Bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

Info Link Beasiswa

Daftarkan diri secara online pada website Tanoto Foundation.

Beasiswa-generasi-lestari
By Google

6. Beasiswa Generasi Lestari – GenL

Setelah Meddy telusuri di laman BPR Lestari, beasiswa Generasi Lestari atau yang dikenal dengan nama beken beasiswa Gen-L adalah program beasiswa dari BPR lestari untuk membantu biaya kuliah bagi mahasiswa baru yang berprestasi di bidang akademik dan Non-akademik yang berkuliah di kampus Mitra Beasiswas GenL. Tidak usah ragu!  bisa mendaftarkan diri menjadi bagian pejuang beasiswa Gen-L ini loh.

Mitra Beasiswa GenL

  1. (Unud), Universitas Udayana Bali
  2. (Unair), Universitas Airlangga
  3. (UI), Universitas Indonesia
  4. (UGM), Universitas Gadjah Mada
  5. (Unbraw), Universitas Brawijaya
  6. (ITB), Institut Teknologi Bandung

Persyaratan Beasiswa Generasi Lestari

  1. Siswa/i berdomisili di Pulau Jawa & Bali
  2. Memiliki prestasi dibidang akademik ataupun non akademik
  3. Punya kemauan untuk melanjutkan pendidikan di 6 Universitas pilihan BPR Lestari
  4. Tidak sedang menerima beasiswa status ikatan dinas dari lembaga/instansi
  5. Bersedia berperan aktif dan berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh BPR Lestari.
  6. Mengisi formulir pendaftaraan Online atau kunjungi website generasilestari.bprlestari.com

Cakupan Beasiswa Gen-L

  • Biaya Uang Kuliah Tunggal
  • Pendanaan Wisuda
  • Kesempatan mengikuti seminar dan pelatihan dari BPR Lestari
  • Mendapatkan Biaya Hidup

Tahap Seleksi Beasiswa Gen-L

  1. Registrasi Online
  2. Test tryout
  3. Seleksi berkas Administrasi
  4. Tahap Interview
  5. Pengukuhan Generasi Lestari

Selain Beasiswa ITB Bandung, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang masih bingung dimana lagi harus mencari tahu info beasiswa dalam negeri dan luar negeri, Meddy selalu senantiasa bisa bantu kamu. Atau kamu sedang butuh layanan konsultasi beasiswa tentang info kampus, fakta menarik negara di dunia atau bahkan kamu sedang butuh informasi tentang info beasiswa? Tentunya, bisa banget Meddy membantu untuk menghapus kegalauan kamu. Jadi, langsung saja kunjungi laman resmi kami atau follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top