Universitas dengan jurusan musik terbaik

Mau Kerja di Dunia Musik? Ini Dia 5 Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Amerika Serikat

Memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion merupakan hal yang diidamkan banyak orang. Kali ini Meddy akan membahas mengenai universitas dengan jurusan kuliah terbaik di Amerika Serikat. Sebelum memilih kampus yang tepat, sahabat Meddy tentu saja diharapkan untuk melakukan research secara mendalam terlebih dahulu. Termasuk dengan Genre musik yang akan kamu pelajari. Nah, untuk meringankan beban kamu, maka Meddy akan memberikan beberapa referensi mengenai perguruan tinggi dengan jurusan musik terbaik di AS.

Genre Musik

Sebelum masuk ke nama universitas dan jurusannya, Meddy mau kasih info. Genre musik atau sering disebut aliran musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi.

College Factual di tahun 2022 melihat sebanyak 697 sekolah di Amerika Serikat untuk menentukan mana yang terbaik bagi siswa yang tertarik dengan jurusan musik dan mengurutkannya menjadi 25 universitas dengan jurusan musik terbaik di AS. Jika sahabat Meddy tertarik ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana College Factual  memperoleh peringkat universitas, sahabat Meddy bisa melihatnya di Metodologi College Factual. Berikut ini 5 universitas dengan jurusan musik terbaik di AS.

Stanford University

Lokasi: Stanford, California. Stanford merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di california. universitas ini sudah meraih penghargaan berkali-kali. Menjadi sebuah kampus bergengsi pasti tidak afdol kalau tidak memiliki jurusan-jurusan unik salah satunya ada jurusan musik ber-genre musik

Tentang Universitas Stanford

Universitas dengan jurusan musik terbaik yang pertama yaitu Stanford University. Stanford University merupakan universitas swasta yang didirikan pada tahun 1885 oleh senator California yang bernama Leland Stanford dan istrinya, Jane. Dengan tujuan mempromosikan kesejahteraan publik dengan menjalankan pengaruh atas nama kemanusiaan dan peradaban. Saat ini, Stanford University terdiri dari tujuh sekolah dan 18 lembaga interdisipliner dengan lebih dari 16.000 siswa, 2.100 fakultas serta 1.800 sarjana postdoctoral. Sebagai universitas internasional, Stanford adalah memiliki kurang lebih siswa dari semua 50 negara bagian AS dan 91 negara lainnya. 

Jurusan Musik Di Stanford University, Fokus Dengan Genre Musik Klasik Tradisional

Musik merupakan salah satu jurusan di program seni visual dan pertunjukan di Stanford University. Program sarjana di Stanford menduduki peringkat # 1 di College Factual’s Best Schools untuk daftar musik dan peringkat # 1 di California. Departemen Musik di Stanford University menyatukan pembuatan musik dan penelitian ilmiah dalam komposisi, pelaksanaan, kinerja, sejarah musik, etnomusikologi, teori musik, ilmu kognitif, intermedia, dan teknologi berbasis komputer. Jurusan musik di kampus yang satu ini lebih berfokus padaWestern, classical tradition.” namun para siswa juga dapat memilih peminatan pada performance, conducting dan sejarah maupun teori musik. 

Baca juga: Komunitas Pelajar Indonesia Di Amerika Serikat? Simak Keadaan Sebenarnya!

University of Notre Dame

Lokasi: Notre Dame, Indiana

Tentang University of Notre Dame

University of Notre Dame didirikan pada tahun 1842. Universitas Notre Dame du Lac atau yang biasa dikenal sebagai Notre Dame merupakan sebuah Universitas Swasta Katolik yang berlokasi di Notre Dame, Indiana, di luar kota South Bend. Meskipun South Bend merupakan kota kecil, namun disini kita bisa menikmati berbagai kegiatan yang menarik seperti drama Broadway, seniman musik di Morris Performing Arts Center, musik outdoor, festival seni di St Patrick’s County Park, piknik di dekat Waterway Timur, serta menonton tim South Bend Silverhawks yang merupakan sebuah tim bisbol pertanian untuk Diamondbacks Arizona di Stadion Covaleski. University of Notre Dame menyediakan asrama bagi para mahasiswanya, selain itu terdapat banyak resident hall yang dapat dipakai sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman.

Jurusan Musik dan Genre Musik di University of Notre Dame

Jurusan musik di kampus ini memiliki ruang kelas serta studio yang lengkap. Selain itu, jurusan musik di University of Notre Dame juga menawarkan banyak kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk mengambil studi di jurusan kuliah lain secara bersamaan serta para mahasiswa yang hanya ingin mengambil jurusan musik saja. Departemen musik terletak di O’Neill Hall dan terdiri dari bangunan tujuh lantai seluas 100.000 kaki persegi. Bangunan ini merupakan hadiah ke universitas dari Helen Schwab dan suaminya, Charles, untuk menghormati kakaknya yang seorang alumni Notre Dame.

Genre Musik yang ada di Universitas Notre Dame

Departemen musik memiliki dua ruang pertunjukan yaitu LaBar Recital Hall dan LeBar Performance Hall. Ruang resital biasa digunakan untuk ansambel oleh para mahasiswa dan memiliki 175 kursi dengan suasana yang cocok untuk konser musik klasik. Sementara ruang performance meskipun memiliki skala yang hampir sama dengan ruang resital, ruang performance mengakomodasi acara musik yang melibatkan media lainnya seperti teks yang diproyeksikan dan gambar visual, maupun bentuk ekspresi artistik lainnya seperti akting, pencahayaan, dan tarian. Di lantai tiga departemen musik terdapat perpustakaan serta ruang berkumpul. Selain itu, O’Neill Hall juga mencakup laboratorium untuk produksi studio, ruang kuliah, ruang kelas,ruang latihan, serta kantor fakultas untuk Departemen Musik dan program Sacred Music.

Duke University

Lokasi: Durham, California Utara

Tentang Duke University

Duke university merupakan salah satu kampus swasta terkaya di Amerika. Dulunya Duke University adalah sekolah kecil yang didirikan pada tahun 1838. Terdapat 10 sekolah dan perguruan tinggi, antara lain yaitu Trinity College of Arts & Sciences yang didirikan pada tahun 1859, dan yang termuda adalah Nicholas School of the Environment yang didirikan 25 tahun yang lalu. Tahun 2014 Duke University membuka kemitraan dengan Tiongkok dengan dibukanya Universitas Duke Kunshan. Tujuan dari kemitraan ini yaitu untuk mengintegrasikan pendidikan seni liberal dengan tradisi Tiongkok. Duke University juga memiliki kemitraan dengan Universitas Nasional Singapura (NUS) untuk berkolaborasi dalam program medis bersama.

Jurusan Musik Dan Genre Musik di Duke University

Jurusan musik di Duke University berada di 1 teratas AS untuk para siswa yang tertarik dengan musik dan mengejar gelar sarjana. Kampus ini juga berada di peringkat pertama di California Utara. Jurusan musik di kampus yang satu ini menyajikan pilihan seperti music history, performance, teori, dan sastra. Kurikulum inti terdiri dari 3 kursus dalam teori musik, 4 dalam sejarah musik Barat, dan 3 pilihan (dipilih dari berbagai pilihan, termasuk musik jazz, musik rock, dan masih banyak lagi). 

Baca juga: 3 Universitas Terbaik Dan Tertua Di Australia, Rekomendasi Pelajar Indonesia

Cornell University

Lokasi: Ithaca, New York

Tentang Cornell University

Cornell University merupakan universitas swasta di Amerika Serikat yang masuk ke daftar Ivy League. Didirikan pada tahun 1865 oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White, Cornell University dibuat dengan tujuan mengajar serta memberikan kontribusi di semua bidang pengetahuan. Mulai dari genre musik klasik ke ilmu pengetahuan dan dari teoritis ke terapan. Sebagai universitas tertua di AS, Cornell University memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh para siswanya. Beberapa fasilitas tersebut antara lain The Arecibo Observatory di Puerto Rico yang merupakan radio teleskop terbesar di dunia, The Shoals Marine Laboratory sebagai stasiun kelautan musiman, The New York State Agricultural Experiment Station sebagai tempat penelitian hortikultura, The Animal Science Teaching and Research Center di wilayah Harford dan The Duck Research Laboratory di wilayah Eastport sebagai sumber informasi untuk pengendalian penyakit hewan dan peternakan. Cornell University juga mengoperasikan laboratorium biodiversitas di Amazon yang diberi nama Cornell University Esbaran Amazon Field Laboratory. 

Jurusan Musik dan Genre Musik di Cornell University

Cornell University berada di 1% teratas AS untuk siswa yang tertarik dengan jurusan musik dan mengejar gelar sarjana. Kampus ini juga berada di peringkat pertama di New York. Cornell University menawarkan jurusan musik yang cukup diakui di AS. Kurikulum di kampus yang satu ini tidak hanya berfokus pada musik tradisional saja. Tetapi juga pada gaya modern seperti jazz dan rock n ‘roll. The Cornell Electroacoustic Music Center yang dibuka pada tahun 2006, mencerminkan semangat sekolah untuk musik eksperimental. Karena menyediakan lima studio dan 14 ruang praktikum serta beberapa ruang rekaman untuk para siswanya.

Colgate University

Lokasi: Hamilton, New York

Tentang Colgate University

Colgate University merupakan lembaga swasta yang berdiri pada tahun 1819. Tahun 2022, Colgate University berada di peringkat ke-17 berdasarkan National Liberal Arts Colleges. Selain itu, Colgate University juga dianggap sebagai salah satu dari 100 perguruan tinggi dan universitas paling selektif di Amerika Serikat. Kampus yang satu ini juga dianggap sebagai Hidden Ivy serta salah satu Little Ivies. Tidak hanya menarik dari segi peringkat, kampus ini juga memiliki arsitektur dan lokasi lereng bukit yang dihiasi dengan danau dan pepohonan. Hal ini menjadikan Colgate University sebagai salah satu kampus terindah di Amerika Serikat. Kampus ini juga menyediakan banyak pilihan residence hall untuk para siswa yang ingin tinggal dekat dengan kampus.

Jurusan Musik dan Genre Musik di Colgate University

Jurusan musik di Colgate University berada di 1% teratas AS untuk siswa yang tertarik dengan musik dan mengejar gelar sarjana. Kampus ini juga peringkat ke-2 di New York. Sebagai salah satu universitas di Amerika Serikat yang terkenal dengan jurusan seni, Colgate University menawarkan 56 jurusan sarjana yang mengarah ke gelar Bachelor of Arts, yang semuanya terdaftar secara resmi di Departemen Pendidikan Negara Bagian New York. Universitas ini juga menawarkan Master of Arts. Colgate University melatih para siswanya dalam berbagai disiplin ilmu dengan pendekatan integratif untuk teori musik, sejarah, dan praktek. Kampus ini juga menyediakan ruang konser hingga studio rekaman untuk para siswa. Jurusan musik di Colgate University juga memperluas kurikulum dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengunjungi seniman, pemain, dan sarjana serta memberikan kesempatan kepada para siswa untuk terlibat pengaruh musik dan budaya dari seluruh dunia.

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas berbagai universitas dengan jurusan musik terbaik di Amerika Serikat, kira-kira sahabat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di AS? Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh pihak universitas, tidak heran jika lima universitas di atas menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top