Universitas di Peru

Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Murah? Simak 5 Rekomendasi Universitas Terbaik di Peru

Banyak orang memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Ada banyak kendala dalam mewujudkannya. Salah satu yang menjadi kendala yaitu faktor ekonomi. Mulai dari biaya hidup yang mahal sampai sewa tempat tinggal yang jauh dari kata murah. Untuk menangani hal tersebut, sobat Meddy bisa menggunakan beasiswa serta memilih negara yang biayanya relatif lebih murah. Salah satu negara terkenal dengan pendidikannya serta biaya hidup yang relatif terjangkau yaitu Peru. Sewa tempat tinggal di Peru bisa sekitar $250 untuk apartemen satu kamar, namun jika di pusat kota harganya akan naik hingga $500 untuk apartemen kecil. Sobat Meddy hanya perlu merogoh kocek kurang dari $3 untuk setiap kali makan. Karena itu, kali ini Meddy ingin merekomendasikan universitas-universitas dari Peru

Mengapa kuliah di Peru?

Terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya antropologi, membuat Peru menjadi salah salah satu negara tujuan siswa internasional dalam melanjutkan pendidikannya. Berikut ini 6 alasan kenapa sobat Meddy wajib mempertimbangkan Peru sebagai negara tujuan kuliah.

  1. Peru memiliki sistem pendidikan yang terus berusaha menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari beberapa tahun terakhir dimana banyak universitas Peru telah naik ke tabel peringkat global. 
  2. Memiliki banyak pemandangan alam yang akan memanjakan mata sobat Meddy.
  3. Sobat Meddy akan menemukan berbagai sejarah dan budaya di Negara ini. Peru merupakan negara yang kaya akan sejarah dan budaya yang tercermin dalam orang-orangnya, makanan, arsitektur, bahasa, agama, serta perayaan-perayaannya.
  4. Peru dikenal akan kelezatan kuliner yang kaya, sehingga tidak heran jika negara ini dinobatkan sebagai tujuan kuliner terbaik selama delapan tahun berturut-turut.
  5. Ibu kota Peru, Lima, merupakan salah satu kota pelajar paling terjangkau di dunia. Lima berada di peringkat ke-22 untuk keterjangkauan dalam peringkat QS Best Student Cities 2019.
  6. Lima merupakan rumah bagi salah satu distrik keuangan dan industri terbesar di Amerika Selatan. Peluang kerja bagi para siswa sangat banyak. Lima bahkan berada di peringkat 50 besar dalam indikator pemberi kerja berdasarkan peringkat QS Best Student Cities 2019.

Baca juga: 3 Universitas Terbaik Dan Tertua Di Australia, Rekomendasi Pelajar Indonesia

Universitas terbaik di Peru

Berikut ini merupakan daftar universitas terbaik di Peru yang bisa sobat Meddy pertimbangkan.

1. Universidad de Lima

Universidad de Lima atau yang biasa disebut University of Lima merupakan universitas swasta yang terletak di Lima, Peru. Kampus ini didirikan pada tahun 1962 dan sampai saat ini dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di Peru. University of Lima menawarkan dua belas program sarjana serta lima program master. Universitas ini memiliki kurang lebih 20,000 siswa dan dibagi menjadi lima fakultas, yaitu hukum, komunikasi, psikologi, bisnis dan ekonomi, serta teknik dan arsitektur. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai fakultas di University Lime, soba Meddy dapat membacanya disini.

Universitas Lima memiliki berbagai laboratorium dan pusat penelitian dan inovasi, antara lain Scientific Research Institute (IDIC), Sustainability Center (RespondeUL), Center for Entrepreneurship (InnovaUL), Employability Center, Fab Lab Ulima, dan Laboratorium Pasar Modal. Fakta menarik mengenai University of Lima yaitu bahwa lembaga ini menyediakan 5% lowongan untuk para penyandang cacat. Tidak hanya itu, kampus ini juga menjalankan program tunjangan pendidikan dengan tujuan mendukung siswa yang petugas pembayarannya meninggal pada periode ketika mereka belajar di universitas. University of Lima menyediakan lebih dari sekedar program akademik kepada para siswanya. 

Sekolah ini memiliki ruang olahraga yang luar biasa dan terdiri dari berbagai permainan dalam dan luar ruangan seperti catur, atletik, bola basket, sepak bola, futsal, judo, karate, renang, taekwondo, tenis meja, bola voli, dan masih banyak lagi. Terdapat 89% mahasiswa Universitas Lima mendapatkan pekerjaan dalam waktu enam bulan setelah kelulusan. Untuk memastikan bahwa mereka siap untuk dunia kerja, lokakarya profesional tentang kewirausahaan, inovasi dan kepemimpinan diselenggarakan oleh pihak universitas. Selain itu, universitas ini juga memiliki papan mengenai lowongan pekerjaan yang terus diperbarui secara berkelanjutan. 

2. Universidad Ricardo Palma

Universitas terbaik di Peru selanjutnya yaitu Universidad Ricardo Palma. Ricardo Palma University adalah universitas swasta yang terletak di kota Lima, Peru. Didirikan pada 1 Juli 1969, hingga saat ini Universidad Ricardo Palma telah memiliki 15,000 siswa. Fakultas di Universidad Ricardo Palma antara lain arsitektur, ilmu biologi, ekonomi dan bisnis, hukum dan ilmu politik, humaniora dan bahasa modern, teknik, human medicine, dan psikolog. Ricardo Palma memiliki 13 program Sarjana dan 4 Magister. Kampus ini meliputi area seluas 6.6 hektar dan menampung bangunan masing-masing dari sembilan fakultas, laboratorium, perpustakaan khusus, auditorium, dan auditor. Di universitas ini juga museum sejarah alam yang disebut Museum Vera Alleman Haeghebaert. Museum ini dibuat pada 27 November 1991 dan menampung berbagai koleksi biologis penting. Pada tahun 2010, museum ini dipindahkan ke lantai satu gedung administrasi yang fasilitasnya jauh lebih mudah diakses oleh publik.

Saat ini Ricardo Palma University memiliki tiga departemen penelitian, antara lain:

  • Departemen Paleontologi yang merupakan departemen pertama museum yang didirikan
  • Departemen Botani yang memiliki lebih dari 4000 sampel dan mencakup spesies flora angiospermae dalam jumlah yang lebih besar dan flora gymnospermatic sebagai kelompok minoritas
  • Departemen Zoologi yangi memiliki berbagai macam spesimen yang ditujukan untuk penelitian

Baca juga: Beasiswa Ke Queen’s University Belfast, Khusus Pelajar Asing

3. Universidad Peruana Cayetano Heredia

Universitas terbaik di Peru selanjutnya yaitu Universidad Peruana Cayetano Heredia. Universidad Peruana Cayetano Heredia (Universitas Peru Cayetano Heredia) atau yang biasa disingkat Cayetano Heredia merupakan lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam pelatihan para profesional di bidang kesehatan, kehidupan, dan ilmu pendidikan. UPCH juga merupakan universitas swasta yang didirikan pada tahun 1961 dan saat ini memiliki sekitar 6,551 siswa dan 996 staf akademik. 

Universidad Peruana Cayetano Heredia menawarkan beberapa program karir dan penelitian termasuk medicine, kedokteran gigi, kedokteran hewan, psikologi, biologi, kimia, farmasi, biokimia, dan perawatan. Baru-baru ini, universitas ini memasukan jurusan kesehatan masyarakat dan kesehatan global dalam kurikulum mereka. Saat ini, Universidad Peruana Cayetano Heredia adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi di Peru yang menyajikan indikator terbaik dalam penelitian serta jaringan internasional. 

4. Universidad Nacional Agraria la Molina

Soba Meddy tertarik dengan isu pertanian dan ingin kuliah di sektor pertanian? Jika iya, maka kampus yang satu ini cocok untuk kamu. Universidad Nacional Agraria la Molina atau Universitas Agraria Nasional adalah universitas terbaik di Peru dalam bidang ilmu pertanian, biologi, dan kehutanan. Kampus ini juga menjadi satu-satunya universitas di Peru yang menawarkan gelar dalam meteorologi. Universidad Nacional Agraria la Molina atau yang biasa disingkat UNAM adalah universitas negeri yang berlokasi di Lima, Peru. Universitas ini dianggap sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi paling penting di Peru. 

UNAM terdiri dari delapan fakultas yang berisi dua belas departemen akademik. Sekolah ini menawarkan berbagai kursus agronomi, ekonomi, dan ilmu kehutanan. Kampus ini terdiri dari perpustakaan pertanian nasional (Biblioteca Agrícola Nacional), yang dianggap sebagai perpustakaan pertanian terkemuka di negara ini. Di kampus ini juga terdapat dua museum yaitu Museum Antropologi dan Pertanian Pra-Kolombia serta Museum Entomologi Klaus Raven Büller. Selain itu, universitas ini juga memiliki pusat bahasa yang menawarkan kursus tentang beberapa bahasa seperti Spanyol, Inggris, Prancis, Italia, Portugis, dan lainnya.

5. ESAN University

ESAN University atau yang dalam bahasa Spanyol disebut Universidad ESAN adalah Universitas swasta yang terletak di Lima, Peru. Universitas ESAN adalah institusi akademik terkemuka dalam bidang bisnis yang didirikan pada tahun 1963. ESAN yang merupakan singkatan dari Escuela de Administración de Negocios para Graduados juga merupakan institusi Amerika Latin terkemuka yang terkenal dengan kualitas pengajaran dan penelitiannya, dan bertanggung jawab untuk mendirikan sekolah bisnis pertama di dunia berbahasa Spanyol. Saat ini, ESAN menawarkan sembilan gelar sarjana antara lain psikologi konsumen, psikologi organisasi, hukum perusahaan, teknik manajemen lingkungan, teknik industri dan komersial, teknologi Informasi dan rekayasa sistem, ekonomi dan bisnis internasional, manajemen dan keuangan, serta pemasaran. Universitas yang satu ini juga menawarkan program pertukaran bagi mahasiswa internasional yang ingin menghabiskan satu semester atau satu tahun penuh di Lima.

Saat ini, Universitas ESAN menawarkan campuran kursus yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa Spanyol atau Inggris. ESAN University juga menawarkan program dan layanan pengembangan eksekutif bagi para profesional yang ingin mendapatkan keterampilan dan keahlian baru saat mereka bekerja. Sebagian besar kelas sepenuhnya atau sebagian diajarkan dengan menggunakan bahasa Spanyol, pengecualian bagi MBA Internasional karena sepenuhnya diajarkan dalam bahasa Inggris. Universitas yang satu ini juga memiliki lebih dari 60 peluang pertukaran. Agar memenuhi syarat, sobat Meddy memerlukan berbagai hal berikut, yaitu mengirimkan CV terbaru, transkrip, foto ukuran paspor, formulir penerimaan, dan biaya PEN 200 (sekitar US $ 61). Selanjutnya, sobat Meddy akan diwawancarai oleh komite penerimaan dan diminta untuk mengikuti tes numerik dan verbal standar dalam bahasa Inggris, kecuali jika sobat Meddy memiliki skor GMAT setidaknya 580. 

Baca juga: Rekomendasi Beasiswa Singapura Untuk Pelajar Indonesia

Apakah sobat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai universitas terbaik di Peru, kira-kira sobat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Peru? Dengan banyaknya fasilitas menarik yang disediakan oleh pihak kampus serta pemandangan alam yang bisa dilihat setiap hari, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top