Universitas di Argentina

Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Harga Terjangkau? Yuk, Intip 3 Universitas Terbaik di Argentina!

Argentina merupakan negara yang berada di bagian selatan dari Amerika Selatan. Negara yang satu ini juga merupakan penghasil anggur yang hebat dan terkenal di dunia. Ekspor utama Argentina yaitu kendaraan, minyak bumi, serta kedelai. Bagi sahabat Meddy yang tertarik dengan subjek STEM, maka Argentina dapat menjadi salah satu negara yang bisa sahabat Meddy pertimbangkan. Hal ini karena Argentina kaya akan sumber daya alam, seperti bensin dan gas, serta pabrik baja dan mobil berat. Bahasa nasionalnya yaitu Bahasa Spanyol, namun sahabat Meddy tidak perlu khawatir karena Argentina juga menyediakan berbagai program studi dalam Bahasa Inggris. Saat ini, Argentina terlihat berbeda dari kebanyakan negara di Amerika Selatan karena didominasi oleh kelas menengah yang sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa. Hal ini dikarenakan 97% penduduknya adalah orang Eropa yang sebagian besar adalah keturunan Spanyol dan Italia. 

 

Kenapa Harus Kuliah di Argentina?

Di tahun 2020, lebih dari 50.000 siswa internasional yang belajar di Argentina. Hal ini menjadikan Argentina sebagai rumah bagi siswa internasional yang ingin belajar di universitas kelas dunia dengan biaya kuliah yang relatif rendah. Berikut ini beberapa alasan kenapa sahabat Meddy wajib mempertimbangkan Argentina sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  • Argentina memiliki lebih dari 39 universitas negeri serta 42 perguruan tinggi swasta yang menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana. Di Argentina, University of Buenos Aires telah menghasilkan empat pemenang hadiah Nobel dan berada di peringkat ke-75 dalam QS World University Rankings 2018.
  • Argentina menyediakan berbagai beasiswa kepada para siswa internasional dan tidak ada batasan jumlah pelajar asing di universitasnya.
  • Biaya kuliah yang relatif lebih murah serta tidak adanya biaya tambahan bagi siswa internasional. Sebagian besar universitas juga menawarkan kelas gratis mengenai bahasa dan budaya Spanyol kepada siswa internasional.
  • Argentina dikenal dengan pampas, gauchos, mate, Tango dan masyarakatnya yang bersemangat. Jika sahabat Meddy menikmati seni dan budaya, clubbing dan kehidupan malam, atau ketenangan di alam, Argentina memiliki semuanya.
  • Tempat yang cocok bagi para entrepreneur muda karena pemerintah Argentina mengeluarkan Argentina Ley de Emprendedores dengan tujuan mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usahanya.
  • Argentina adalah salah satu negara teraman di Amerika Selatan. Buenos Aires adalah kota yang aman dan polisi setempat secara aktif berpatroli. Kejahatan kekerasan sangat jarang terjadi, dan kota-kota kecil di Argentina tenang dan bahkan lebih aman daripada ibukota, dan ramah bagi wisatawan. 
  • Argentina memiliki berbagai pemandangan alam yang luar biasa. Terdapat dua tempat yang wajib sahabat Meddy kunjungi saat berada di Argentina, yaitu Iguazu Falls dan Glacier National Park. 
  • Argentina memiliki banyak festival. Beberapa festival yang populer, antara lain The Buenos Aires International Festival of Independent Films, Fashion Buenos Aires, serta La Rural yang merupakan merupakan pameran pertanian dan berlangsung selama dua minggu.

 

Baca juga: Beasiswa Ke Queen’s University Belfast, Khusus Pelajar Asing

Universitas-Universitas di Argentina

Setelah mengenal lebih dekat mengenai Argentina, kali ini Meddy ingin mengajak sahabat meddy berkenalan dengan 3 universitas terbaik di Argentina. Berikut ini merupakan 3 universitas paling bergengsi di Argentina yang bisa sahabat Meddy pertimbangkan.

1. University of Buenos Aires (UBA)

Berdiri pada tahun 1821, University of Buenos Aires atau yang biasa disebut Universidad de Buenos Aires merupakan salah satu universitas yang selalu direkomendasikan jika sahabat Meddy tertarik belajar di Argentina. Tidak hanya menjadi universitas terbaik di Argentina, UBA juga berhasil berada di urutan ke-66 universitas dunia berdasarkan  QS World University Rankings 2021. Awalnya universitas yang satu ini hanya memiliki 6 departemen, antara lain Letters, Preparatory Studies, Exact Sciences, Medicine, Jurisprudence, dan Sacred Science. Barulah kemudian di tahun 1881 UBA mendirikan beberapa fakultas lain, seperti Medical Science, Law and Social Science, dan Exact Science. 

Salah satu faktor yang menjadikan Universitas Buenos Aires sebagai universitas terbaik di Argentina yaitu kualitas dari masing-masing programnya. Program Modern Languages bahkan berhasil menduduki peringkat ke-23 dalam daftar QS. Beberapa program lainnya yang mengikuti jejak dari Modern Languages antara lain antropologi, hukum, geografi, dan juga sejarah. Kualitas dari lulusan UBA sangat diterima di kawasan Amerika Latin. Hal ini karena UBA dikenal memiliki lulusan yang siap kerja. Selain itu, Buenos Aires ternyata merupakan kota ramah pelajar dan berhasil menduduki peringkat ke-31 dalam pemeringkatan QS Best Student Cities.

 

Program yang tersedia di UBA

Berikut ini beberapa program yang bisa sahabat Meddy temukan di University of Buenos Aires.

  1. Agronomi
  2. Arsitektur dan desain
  3. Ekonomi
  4. Ilmu pasti dan alam
  5. Ilmu sosial
  6. Ilmu kedokteran hewan
  7. Hukum
  8. Farmasi dan biokimia
  9. Teknik
  10. Kedokteran
  11. Kedokteran gigi
  12. Psikologi

Jurusan Terbaik di Universitas Buenos Aires

Berikut ini daftar jurusan terbaik di Universitas Buenos Aires.

  1. Modern Languages
  2. Antropologi
  3. Hukum
  4. Geografi
  5. Sejarah

2. Austral University

Didirikan pada tahun 1979, Austral University atau yang dalam bahasa Spanyol disebut Universidad Austral, merupakan universitas swasta di Buenos Aires, Argentina. Universidad Austral juga dikenal sebagai universitas swasta terbaik di Argentina. Universidad Austral terkenal karena mengadopsi sistem belajar Amerika dan Eropa. Austral University memiliki visi menyediakan lingkungan bagi perkembangan ilmu pengetahuan, hal ini dapat terlihat dari upaya yang terus dilakukan universitas ini dalam membuat terobosan baru dalam kurikulum. Di kampus ini, sahabat Meddy dapat menemukan beberapa program sarjana dan sejumlah program pascasarjana. Meskipun masih tergolong kampus muda, Austral University terus memberikan berbagai ilmu pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Lulusan dari Austral University dikenal sebagai pribadi yang siap kerja. 

Berada di Buenos Aires, kota ini menawarkan keragaman etnis serta desain arsitektur perkotaannya. Jika sahabat Meddy berada di kota ini, jangan lupa untuk berkunjung ke Plaza de Mayo, di mana duduk Casa Rosada dan Catedral Metropolitana, adalah pusat berdenyut negara. Banyak peristiwa sejarah penting telah dirayakan atau diprotes di sini. Bosan berada di Buenos Aires? Sahabat Meddy dapat melakukan perjalanan ke kota-kota kecil terdekat, seperti San Antonio de Areco, Rio Paraná ke Tigre, atau La Plata. Sayangnya, Universidad Austral tidak menyediakan akomodasi. JIka sahabat Meddy ingin melanjutkan studi di kampus ini, terdapat beberapa website yang dapat membantu sahabat Meddy. 

Beberapa diantaranya yaitu http://dormsba.com/en/ yang menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari homestay keluarga dan tempat tinggal hingga flat pribadi atau bersama di beberapa blok menara yang aman, atau http://www.menteargentina.com/student-accommodation-buenos-aires.html menyediakan jaringan eksklusif apartemen bersama dan pribadi, homestay dan tempat tinggal universitas. 

 

Program yang tersedia di Universidad Austral

Berikut ini fakultas yang dapat sahabat Meddy temukan di Universidad Austral, antara lain:

  1. Arts & Humanities
  2. Business & Social Sciences
  3. Language & Cultural
  4. Medicine & Health
  5. Engineering
  6. Science & Technology

Jurusan Terbaik di Universidad Austral

Dari beberapa fakultas diatas, terdapat 3 jurusan terbaik. Berikut ini 3 jurusan terbaik yang ada di Universidad Austral.

  1. Hukum
  2. Kedokteran
  3. Bisnis

Baca juga: Mau Kuliah Di Belanda? 13 Universitas Ini Bisa Pakai Beasiswa LPDP Loh!

 

3. Pontificia Universidad Católica Argentina (UCA)

Pontificia Universidad Catolica Argentina atau yang disingkat UCA adalah sebuah universitas yang berlokasi di Argentina dan memiliki beberapa kampus di berbagai kota, seperti Buenos Aires, Santa Fe, Rosario, Paraná, Mendoza, dan Pergamino. Kampus utama dari UCA berada di Puerto Madero yang merupakan salah satu daerah paling modern di Buenos Aires. Pontificia Universidad Católica Argentina juga dikenal dengan nama Universidad Católica Argentina. Didirikan pada tahun 1958, UCA menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Amerika Latin. QS World University Rankings 2021 menempatkan Pontificia Universidad Católica Argentina berada di peringkat ke-326 untuk universitas dunia, kedua di Argentina dan di antara yang ke-10 di Amerika Latin.

Di UCA, sahabat Meddy akan diberikan pengetahuan serta kemampuan yang akan berguna untuk menunjang karir sahabat Meddy kedepannya. Sebanyak lebih dari 23.000 mahasiswa yang terdaftar di UCA merupakan para siswa dengan nilai-nilai terbaik. Lulusan dari Pontificia Universidad Catolica Argentina dikenal karena keprofesionalannya, kemampuan dalam bekerja dalam tim, serta kemampuan mereka untuk memimpin. Sebagai bentuk dukungan kepada para siswanya, UCA menyediakan beberapa fasilitas dan layanan akademik serta non-akademik termasuk perpustakaan, fasilitas olahraga, beasiswa, belajar di luar negeri dan program pertukaran, serta layanan administrasi. Jika sahabat Meddy tertarik untuk belajar di Pontificia Universidad Catolica Argentina, terdapat beberapa syarat yang harus sahabat Meddy penuhi. 

Bahasa pengantar utama di kampus ini adalah Bahasa Spanyol, sehingga ujian kemahiran Bahasa Spanyol diperlukan bagi siswa internasional. Selain itu sahabat Meddy juga harus mengikuti ujian masuk, serta memiliki sertifikat notaris penyelesaian studi yang harus dilegalisir oleh otoritas pendidikan di tingkat provinsi, negara bagian maupun nasional dan harus diterjemahkan (jika berlaku) oleh Registrar Publik dan Penerjemah yang dilegalkan. Untuk informasi lebih lanjut, sahabat Meddy dapat mengunjungi situs web UCA disini.

 

Program di Pontificia Universidad Catolica Argentina

Di Pontificia Universidad Catolica Argentina, terdapat lebih dari 50 program profesional dan gelar sarjana yang tersedia untuk dipelajari, serta 180 PhD, program master dan spesialisasi dalam berbagai subjek yang antara lain sebagai berikut:

  1. Agrikultur
  2. Ilmu Politik
  3. Hubungan Internasional
  4. Hukum
  5. Bisnis
  6. Teknik
  7. Jurnalisme
  8. Psikologi
  9. Kimia
  10. Ilmu Kedokteran
  11. Seni dan Ilmu Musik
  12. Pendidikan
  13. Ilmu Sosial
  14. Humaniora
  15. Teologi

Jurusan Terbaik di Pontificia Universidad Católica Argentina (UCA)

Berikut ini merupakan daftar jurusan terbaik di UCA, antara lain:

  1. Teologi
  2. Kedokteran
  3. Hukum
  4. Filsafat
  5. Musik

 

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai universitas terbaik di Argentina, kira-kira setelah membaca artikel diatas apakah sahabat Meddy tertarik untuk melanjutkan studi di Argentina? Dengan banyaknya universitas kelas dunia yang biaya kuliahnya relatif lebih terjangkau, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top