Universitas di Swiss-gelar S2

Ngampus S2 di Swiss? Intip 5 Universitas Terbaik Program Pascasarjana

Swiss atau yang secara resmi bernama Konfederasi Swiss merupakan sebuah negara maju yang terletak di benua Eropa lebih tepatnya berada di Eropa Barat. Negara ini bisa dibilang unggul untuk pendidikan S1, gelar S2, dan S3 nya. Selain itu di bidang ekonomi, Swiss merupakan negara maju dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah, tenaga kerja yang terdidik dengan baik, ekonomi dan politik yang stabil, industri manufaktur yang berteknologi tinggi, serta pajak perusahaan yang rendah.

Tulang punggung perekonomian Swiss berasal dari sektor produksi. Produk utama yang dihasilkan oleh Swiss antara lain yaitu mesin, produk kimia, obat, jam, serta tekstil. Industri jasa seperti perbankan, pariwisata dan asuransi juga merupakan sektor penting bagi perekonomian Swiss. Beberapa merek terkenal yang mungkin sobat Meddy kenali serta berasal dari Swiss antara lain Glencore, Nestlé, Novartis, Hoffmann-La Roche, ABB, Zurich Financial Services, Credit Suisse, Barry Callebaut, Swiss Re, Tetra Pak, dan The Swatch Group.

Kenapa Harus Mengambil Gelar S2 di Swiss

Swiss dikenal memiliki sistem pendidikan yang maju, tidak heran jika Swiss menjadi salah satu negara favorit para pelajar internasional. Data FSO menyatakan bahwa terdapat 191.812 mahasiswa asing yang terdaftar di universitas Swiss untuk 2019/2020. Berikut ini 7 alasan kenapa sobat Meddy wajib mempertimbangkan swiss sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Swiss memiliki berbagai macam program studi. Di Swiss terdapat 12 universitas negeri, 9 universitas ilmu terapan, serta beberapa institusi pendidikan tinggi lainnya yang didedikasikan untuk musik dan seni.
  2. Karena Swiss memiliki sistem pendidikan yang sangat dihormati, maka gelar dari salah satu universitasnya akan membuka banyak pintu dalam karir sobat Meddy di tempat mana.
  3. Swiss merupakan negara multi bahasa dan memiliki keberagaman budaya. Menurut survei oleh educations.com, Swiss bahkan menempati peringkat ke-2 sebagai tempat terbaik untuk belajar di Eropa tahun 2020, berdasarkan faktor-faktor seperti pencapaian karir, pengembangan pribadi, dan akses ke pengajaran berkualitas lebih tinggi.
  4. Jika sobat Meddy tertarik dengan arsitektur, seni, dan alam, maka Swiss merupakan pilihan yang tepat. Di Swiss, sobat Meddy dapat menikmati pemandangan alam Swiss, seperti pegunungan, danau, dan sungai. Sedangkan bagi para pecinta seni, sobat Meddy bisa mengunjungi museum, teater, dan operanya.
  5. Berada di jantung Eropa, Swiss letaknya berdekatan dengan beberapa negara terindah di Eropa. Dengan perjalanan kereta api yang murah, sobat Meddy bisa mengunjungi Italia, Jerman, maupun Prancis hanya dalam beberapa jam.
  6. Keamanan di Swiss sangat tinggi. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah serta sebagian besar kejahatannya ringan.
  7. Perawatan kesehatan Swiss merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Mayoritas orang yang tinggal di Swiss memiliki kesehatan yang baik hal tersebut karena sistem kesehatan di Swiss yang berkembang dengan baik. 

Baca juga: 7 Fakta Unik Kanada, No.4 Dijamin Bikin Kamu Heran

Universitas favorit di Swiss

Selain sebagai negara yang kaya akan pemandangan alam, Swiss juga merupakan salah satu negara favorit dalam melanjutkan pendidikan. Terdapat 10 universitas di Swiss yang masuk ke dalam list QS World University Ranking 2022. Kali ini Meddy ingin merekomendasikan 5 universitas terbaik untuk gelar S2 di Swiss.

1. ETH Zurich

Didirikan pada tahun 1855 sebagai Sekolah Politeknik Federal Swiss, ETH Zurich merupakan salah satu universitas terbaik di Swiss untuk gelar S2. ETh Zurich juga merupakan universitas terkemuka di dunia dalam sains dan teknologi dan dikenal dengan penelitian dan inovasinya. Universitas yang secara resmi disebut Swiss Federal Institute of Technology Zurich dalam bahasa Inggris ini terdiri dari 16 departemen dan menawarkan berbagai program gelar S2 dalam sains dan teknologi. Kampus ini juga dikenal dengan penelitian, inovasi, dan alumninya yang terkenal. 

Pendidikan di ETH Zurich menggabungkan teori dengan praktik. Untuk sarjana, bahasa pengajaran utama yaitu bahasa Jerman, sementara sebagian besar program master dan doktoral menggunakan bahasa Inggris. Terletak di Zurich, kota terbesar di Swiss, universitas yang satu ini memiliki dua lokasi utama yaitu di pusat kota Zurich dan di pinggiran kota. Jika sobat Meddy mengikuti kursus intensif studi akademis di kampus ini, maka sobat Meddy memiliki kesempatan untuk menghadiri pameran dan konser reguler, dan berbagai acara akademik yang diadakan di kampus. Sejak 1880-an, para siswanya telah memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan orkestra langsung dan penyanyi nasional terkenal.

Program Master

Berikut ini merupakan 5 program master yang dapat sobat Meddy temui di ETH Zurich, yaitu 

  • Architecture and Civil Engineering
  • Engineering Sciences
  • Natural Sciences and Mathematics
  • System-​oriented Natural Sciences
  • Management and Social Sciences

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program studinya, sobat Meddy dapat melihat di sini.

2. EPFL

École polytechnique fédérale de Lausanne atau yang disingkat EPFL merupakan lembaga penelitian dan universitas di Lausanne, Swiss, yang mengkhususkan diri dalam sains dan teknik. Sebagai universitas berbasis penelitian, EPFL merupakan satu-satunya universitas yang memiliki reaktor nuklir reaktor fusi, Superkomputer Gen Q, dan memiliki fasilitas bio-bahaya P3. Universitas ini berada di peringkat 1 di Eropa untuk bidang teknik oleh Times Higher Education, Leiden Rankings, dan Academic Ranking of World Universities. Dulunya EPFL hanya merupakan sekolah swasta yang didirikan pada tahun 1853 dan hanya memiliki 11 siswa. Saat ini École polytechnique fédérale de Lausanne telah memiliki berjumlah lebih dari 10,000 siswa. 

Di kampus ini tersedia berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi membuat para siswanya tetap aktif secara fisik saat belajar. EPFL juga memiliki media mahasiswa ber gelar S2 yang aktif dalam menerbitkan surat kabar bulanan Flash dan juga terdapat siaran harian di stasiun radio mahasiswa. Prioritas lain di EPFL yaitu seni. Hal ini dapat dilihat dari universitas mengadakan beberapa festival musik tahunan setiap tahun. Yang terbesar adalah Festival Balélec, di mana terdapat 15.000 pengunjung turun ke universitas untuk menonton 30 konser di dua panggung yang berada di luar ruangan dan empat panggung dalam ruangan.

Program EPFL

Berbagai program di EPFL yang dapat sobat Meddy temui, antara lain

  • School of Architecture, Civil and Environmental Engineering
  • School of Engineering
  • School of Computer and Communication Sciences
  • School of Basic Sciences
  • School of Life Sciences
  • College of Management of Technology
  • College of Humanities
  • Cross-School Master’s programs

Sobat Meddy juga dapat mengecek di website EPFL untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program magister di universitas ini.

3. University of Zurich

Didirikan pada tahun 1833, Universitas Zurich atau yang biasa disingkat UZH adalah universitas pertama di Eropa yang didirikan oleh pemerintah. Sekarang universitas ini menjadi universitas terbesar di Swiss dan menjadi rumah bagi 26,000 siswa. UZH terdiri dari tujuh fakultas yang menawarkan lebih dari 100 program gelar di tingkat sarjana dan pascasarjana. UZH merupakan anggota Liga Universitas Riset Eropa yang mana menempatkannya berada di antara lembaga penelitian paling bergengsi di Eropa. Dengan reputasi yang sangat kuat di bidang kedokteran, imunologi, biologi, genetika, ilmu saraf, serta ekonomi. Meskipun gelar sarjananya terutama diajarkan dalam bahasa Jerman, sobat Meddy tidak perlu khawatir karena semua program Master diajarkan dalam bahasa Inggris.

Universitas ini mempertahankan hubungan dengan masyarakat dan memiliki etos yang menyatakan semua pengetahuan dan penelitian harus dibagikan kepada publik. Hal ini berarti bahwa masyarakat umum diberikan akses ke dua belas museum dan perpustakaan, serta banyak temuan penelitian universitas dapat diakses dalam bentuk kuliah umum dan diskusi panel. UZH juga memiliki kolaborasi erat dengan universitas lain di Swiss salah satunya yaitu Swiss Federal Institute of Technology Zurich dan di seluruh Eropa. Jika sobat Meddy tertarik dengan hak-hak perempuan, maka kampus ini cocok untuk kamu karena University of Zurich merupakan pelopor awal untuk hak-hak perempuan dalam bidang pendidikan dan merupakan universitas pertama di dunia berbahasa Jerman yang memberikan gelar doktor kepada seorang mahasiswi.

Zurich sendiri merupakan kota yang terkenal untuk bisnis dan keuangan, serta budaya. Kota ini adalah rumah bagi berbagai museum, galeri seni, teater, dan orkestra. Pada tahun 2015, Economist Intelligence Unit’s Global Liveability Ranking menempatkan Zürich di antara sepuluh kota paling layak huni di dunia.

Program di UZH

Berikut ini merupakan program untuk S2 yang bisa sobat Meddy temukan di UZH:

  • Fakultas bisnis dan ekonomi
  • Fakultas Teologi
  • Fakultas Kedokteran
  • Vetsuisse-Faculty
  • Fakultas Seni
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Sains

Untuk informasi lebih lanjut, sobat Meddy dapat melihatnya di sini.

4. University of Geneva dan Program Gelar S2

University of Geneva (UNIGE) adalah universitas terbesar kedua di Swiss. Kampus ini awalnya didirikan sebagai seminari teologis pada tahun 1559 oleh teolog dan pendeta Prancis terkemuka, Jean Calvin. UNIGE menawarkan hampir 300 program gelar. Meskipun program sarjananya diajarkan terutama dalam bahasa Prancis, namun universitas ini juga menawarkan sejumlah program magister dalam bahasa Inggris. UNIGE juga merupakan universitas riset terkemuka dan anggota Liga Universitas Riset Eropa, bersama dengan lembaga yang dipimpin penelitian terkenal lainnya seperti Universitas Oxford, Cambridge, dan Imperial College London. University of Geneva sangat menekankan pada kesehatan fisik sehingga pihak kampus menyediakan kelas olahraga gratis setiap hari. 

Jenewa sendiri merupakan salah satu kota terkemuka di dunia karena kualitas hidupnya. Terletak di tepi danau terbesar di Eropa Barat serta tidak jauh dari Pegunungan Alpen, menjadikan kota ini sebagai lokasi yang ideal untuk hiking, ski, dan olahraga air. Kota Jenewa menawarkan pengalaman multikultural yang dinamis. Para siswa yang berkuliah di UNIGE dapat menikmati banyak museum, kafe, dan tempat musik live di kota ini. Di musim panas, festival Fêtes de Genève yang terkenal di dunia menawarkan lebih dari 160 pertunjukan gratis.

Program S2 UNIGE

Berikut merupakan program yang ditawarkan di UNIGE:

  • Ilmu Pengetahuan Alam & Matematika 
  • Ilmu Sosial 
  • Bisnis & Manajemen 
  • Hukum
  • Humaniora 
  • Jurnalisme & Media Studi Lingkungan & Ilmu Bumi 
  • Ilmu Komputer & TI 
  • Kedokteran & Kesehatan 
  • Pendidikan & Pelatihan 
  • Perhotelan, Rekreasi & Olahraga 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program magister, sobat Meddy dapat mengeceknya di sini.

5. Raih Gelar S2 di University of Bern

Universitas Bern yang berada di ibukota Swiss secara resmi didirikan pada tahun 1834. Universitas ini memainkan peran kunci dalam evolusi studi wanita. Bahkan pada tahun 1870, lembaga ini memiliki seorang siswi bernama Catharina Gontscharoff yang terdaftar. Pada tahun 1899, Perkumpulan Mahasiswi lembaga ini didirikan untuk mewakili kepentingan perempuan dengan moto: “Hak yang Sama, Kewajiban yang Sama”. Universitas ini memiliki beberapa mantan anggota fakultas yang bergengsi salah satunya yaitu Albert Einstein mengajar fisika teoretis di Bern pada tahun 1908, dan tahun berikutnya philiospher Rusia Anna Tumarkin menjadi profesor. Alumni universitas yang terkenal antara lain filsuf Walter Benjamin, pemenang Hadiah Nobel untuk kimia Kurt Wüthrich, serta penulis John le Carré.

Program Gelar S2

Berikut ini beberapa program magister yang ditawarkan University of Bern:

  • Ilmu Sosial 
  • Ilmu Pengetahuan Alam & Matematika 
  • Humaniora
  • Bisnis & Manajemen 
  • Ilmu Komputer & TI 
  • Studi Lingkungan & Ilmu Bumi 
  • Hukum
  • Kedokteran & Kesehatan 
  • Pertanian & Kehutanan 
  • Seni, Desain & Arsitektur 
  • Teknik & Teknologi 

Untuk lebih lengkapnya sobat Meddy dapat mengecek di sini.

Baca juga: Sedang Trend Dalam Pencarian, Ini 3 Kampus Terbaik Di Kota Bern Swiss

Apakah sobat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai 5 universitas favorit di Swiss untuk gelar S2, kira-kira sobat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Swiss? Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top