Beasiswa bulan Desember

Mau Kuliah Gratis di Luar Negeri? Berikut Daftar Beasiswa Asia Hingga USA Deadline Desember

Hai sobat Meddy, gimana kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun, bagi sebagian orang melanjutkan pendidikan tidaklah mudah. Biaya pendidikan yang mahal seringkali menjadi halangan bagi beberapa orang. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi jika berhasil menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan sobat Meddy. Dalam artikel kali ini, Meddy ingin memberikan informasi mengenai berbagai program beasiswa yang tersedia di bulan Desember. Penasaran? Cek informasi selengkapnya di artikel ini, ya!

Baca juga: Scholarship Alert! Daftar Beasiswa Bulan Agustus Untuk S2 Dan S3 Luar Negeri

Beasiswa Bulan Desember

Beasiswa bulan Desember dibagi menjadi dua bagian yaitu beasiswa ADB-JSP dan Emerging Global Leader Scholarship American University.

1. Beasiswa ADB-JSP

Beasiswa yang akan Meddy jelaskan pertama yaitu beasiswa ADB-JSP yang bekerjasama dengan berbagai universitas. Beasiswa ADB-JSP sendiri merupakan program beasiswa tahunan yang sudah ada sejak tahun 1988 dan ditawarkan kepada para siswa dari negara-negara berkembang. Beasiswa ADB-JSP menanggung biaya kuliah penuh, tunjangan perumahan, uang saku bulanan, tunjangan buku dan materi pembelajaran, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan. Selain itu, peserta yang melakukan kegiatan penelitian juga dapat memperoleh dana bantuan persiapan tesis. Kemudian juga dalam keadaan tertentu, penerima beasiswa juga bisa memperoleh pendanaan untuk kursus persiapan bahasa serta yang serupa. Daftar universitas dan negara bisa sobat Meddy lihat di website resmi beasiswa Asian Development Bank-Japan Scholarship Program.

Beberapa persyaratan untuk beasiswa ADB-JSP, antara lain:

  • Menjadi warga negara dari negara anggota pinjaman ADB.
  • Diterima masuk untuk studi master dan PhD di perguruan tinggi yang dituju.
  • Memiliki gelar sarjana atau yang setara termasuk catatan akademik yang unggul.
  • Memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja profesional penuh waktu.
  • Kemahiran dalam kemampuan komunikasi bahasa Inggris lisan dan tertulis untuk dapat melanjutkan studi.
  • Tidak lebih dari 35 tahun pada saat melamar.
  • Setuju untuk kembali ke negara asalnya setelah menyelesaikan studi.
  • Tidak berlaku bagi pejabat dan staf ADB. Begitupun dengan konsultan dan kerabat.
  • Tidak berlaku bagi pelamar yang tinggal atau bekerja di negara lain selain negara asal.
  • ADB-JSP tidak menerima pelamar yang sudah terdaftar mahasiswa dalam program gelar pascasarjana.
  • ADB-JSP tidak mensponsori studi sarjana, program kuliah jarak jauh, pelatihan jangka pendek, konferensi, seminar, penulisan skripsi, dan proyek-proyek penelitian.

Cara mengirim:

  • Pelamar harus menunjukkan kepada lembaga akademik bahwa mereka ingin dipertimbangkan untuk Beasiswa ADB-JSP.
  • Formulir aplikasi institusi yang telah diisi dan dokumentasi yang diperlukan, termasuk formulir lembar aplikasi ADB–JSP, harus diserahkan ke institusi akademik.
  • Pelamar harus memastikan bahwa mereka menyerahkan dokumentasi yang akurat dan lengkap.
  • Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan aplikasi tidak diproses atau putusan dihentikan jika dokumentasi atau informasi yang diberikan kemudian terbukti palsu. 
  • Pelamar diwajibkan untuk menyerahkan SPT terbaru atau sertifikasi gaji tahunan/gaji bulanan mereka, mana saja yang tersedia. Mereka juga harus menyerahkan sertifikasi pendapatan keluarga (penghasilan orang tua).

Berikut ini merupakan beberapa universitas yang bekerjasama dengan beasiswa ADB-JSP di bulan Desember.

A. Graduate School of Science and Technology

Universitas: Keio University (Jepang)

Link: https://www.st.keio.ac.jp/en/admissions/adb.html

Pendaftaran: September

Deadline: Desember

Tingkat: S2

Cangkupan beasiswa: Sesuai dengan ketentuan beasiswa ADB-JSP

Persyaratan: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

B. East-West Centre (USA)

Universitas: East-West Centre (USA)

Link: https://www.eastwestcenter.org/education/asian-development-bank-japan-scholarship

Pendaftaran: Agustus

Deadline: 1 Desember

Tingkat: S2

Cangkupan beasiswa: Sesuai dengan ketentuan beasiswa ADB-JSP.

Persyaratan: Sesuai dengan persyaratan beasiswa ADB-JSP. Ditambah dengan mengikuti salah satu tes kecakapan bahasa Inggris, skor minimum yang dapat diterima adalah 550 untuk TOEFL berbasis kertas, 213 untuk TOEFL berbasis komputer, dan 79-80 untuk TOEFL iBT berbasis internet atau 6,5 untuk IELTS. Hasil harus diambil dari tes dalam dua tahun terakhir.

C. Division of Environmental Studies 

Universitas: University of Tokyo

Link: https://www.ilo.k.u-tokyo.ac.jp/prospective_en/degree_seeking_en/adb-jsp_en

Pendaftaran: September

Deadline: Desember

Tingkat: S2

Cangkupan beasiswa: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

Persyaratan: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

D. Thammasat University

Universitas:Thammasat University (Thailand)

Link: https://oia.tu.ac.th/index.php?option=com_content&view=article&id=328&Itemid=404

Pendaftaran: Juni

Deadline: Desember

Tingkat: S2

Cakupan beasiswa: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

Persyaratan: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

E. Indian Institute of Technology, Delhi

Universitas: Indian Institute of Technology, Delhi (India)

Pendaftaran: Juli

Deadline: Desember

Tingkat: S2

Cakupan beasiswa: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

Persyaratan: Sesuai dengan beasiswa ADB-JSP

2. Emerging Global Leader Scholarship American University

Di bulan Desember, hanya terdapat satu beasiswa universitas yang bisa sobat Meddy pertimbangkan yaitu Emerging Global Leader Scholarship American University. AU Emerging Global Leader Scholarship (AU EGLS) ditulis oleh Direktur Penerimaan Internasional Evelyn Levinson pada tahun 2011 untuk mempromosikan akses dan peluang pendidikan kepada mahasiswa sarjana internasional sambil meningkatkan keragaman internasional AU. Levinson membayangkan AU EGL Scholars akan menjadi seseorang yang berdedikasi pada perubahan sipil dan sosial yang positif, dan yang akan kembali ke negara mereka untuk meningkatkan komunitas yang kekurangan sumber daya di negara asal. Setiap tahun, Kantor Pendaftaran menerima hampir 1.000 pertanyaan dari siswa internasional di seluruh dunia. 

Terletak di Washington, DC, American University memberikan peluang dalam keunggulan akademik, layanan publik, dan magang di ibu kota negara dan di seluruh dunia. American University merupakan institusi swasta yang didirikan pada tahun 1893. AU adalah rumah bagi lebih dari 1.830 siswa internasional yang mewakili beragam budaya dan sudut pandang dari 123 negara. Keragaman ini juga tercermin dalam fakultas, program akademik, dan pertukaran kami. AU juga merupakan rumah bagi sejumlah besar warga negara AS “Global Nomads” yang telah tumbuh di luar Amerika Serikat.

AU menawarkan hampir 70 jurusan serta program konsultasi pra profesional di bidang hukum dan kedokteran. Sobat Meddy dapat menggandakan jurusan atau membangun jurusan interdisipliner Anda sendiri. Fleksibilitas AU memungkinkan Anda untuk memiliki jurusan di satu sekolah AU dan minor di sekolah AU lainnya. Selain itu, lebih dari 40 jurusan menawarkan pilihan untuk menggabungkan program sarjana dan magister dalam 5 tahun. 

Universitas: American University

Link: https://www.american.edu/admissions/international/au-egls-10-years.cfm

Periode: Desember-Januari

Tingkat: S1

Cakupan beasiswa: Uang sekolah, biaya hidup, dan asrama

Persyaratan: 

  1. Mahasiswa internasional yang telah mengatasi berbagai rintangan dan tantangan serta mereka yang berasal dari latar belakang global dan sosial ekonomi yang beragam dan kurang terwakili.
  2. IPK minimal 3,8 setara dengan IPK 4,0 (atau di 10% teratas dari kelas kelulusan) untuk kelas 9-12. 
  3. Komitmen yang ditunjukkan untuk kepemimpinan, kesukarelaan, pelayanan masyarakat, dan untuk memajukan kebutuhan orang-orang di negara asal mereka.
  4. Siswa dengan salah satu dari yang berikut:
  • 95+ TOEFL iBT 
  • Sub-skor24+ pada TOEFL berbasis kertas 
  • 7.0+ IELTS (semua subscore harus 6.0 atau lebih tinggi)
  • 33 subscore Pembacaan SAT minimum
  • 29 minimum ACT English
  • 65 PTE minimum
  • 120+ Duolingo (semua subscore harus 110 atau lebih tinggi)
  • Skor Cambridge Assessment English 185 atau lebih tinggi. Setiap sub-skor harus 169 atau lebih tinggi.

Cara mendaftar:

  • Lengkapi aplikasi AU EGLS online.
  • Kirimkan surat bank dan formulir AU Certification of Finances yang masing-masing menunjukkan minimal US$4.000. Dokumen ini dapat diunggah melalui Portal Future Eagle sobat Meddy atau dikirim melalui faks ke +1-202-885-1025.
  • Kirimkan hasil skor toefl, IELTS, Duolingo English, PTE, atau Cambridge Assessment English Test resmi milik sobat Meddy.
  • Melengkapi dan menyerahkan Common Application atau Aplikasi Coalition, beserta seluruh dokumen pendukung.
  • Jika sobat Meddy mendaftar melalui program yang didukung oleh EducationUSA atau jika sobat Meddy adalah penerima beasiswa sekolah menengah FLEX atau YES sebelumnya dari Departemen Luar Negeri AS, harap berikan surat dari penasihat pusat EducationUSA yang mengonfirmasi pencalonan sobat Meddy. Sobat Meddy juga dapat meminta surat tersebut dikirim ke levinson@american.edu sebagai PDF.
  • Jika sobat Meddy tidak terpilih sebagai salah satu finalis, maka sobat Meddy masih dapat dipertimbangkan untuk masuk ke American University, Washington, DC dan memenuhi syarat untuk beasiswa prestasi parsial. Namun, untuk melanjutkan proses aplikasi, sobat Meddy harus menyerahkan bukti dana sebesar US$73.802 (perkiraan biaya untuk tahun pertama studi).

Itulah berbagai beasiswa di bulan Desember yang bisa sobat Meddy pertimbangkan untuk melanjutkan kuliah. Supaya kamu tidak kelewatan dengan seleksi program beasiswa yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk terus mengecek ke website resminya secara berkala, ya. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tersebut, Sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk melanjutkan kuliah. Semoga Sukses!

Baca juga: Kuliah S2 Gratis Di University Of Auckland Dengan Beasiswa ADB-JSP, Tertarik?

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel mengenai berbagai rekomendasi beasiswa bulan Desember, apakah sobat Meddy menjadi semakin tertarik untuk melanjutkan studi dengan menggunakan beasiswa? Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top