gubernur-jawa-barat

6 Fakta Background Pendidikan Ridwan Kamil, Milenial & Beprestasi

Halo Sobat Meddy, Apa Kabar? Sebelumnya pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama Ridwan Kamil, seorang gubernur Jawa Barat yang milenial dan punya banyak fans loh. Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh publik, sebab suatu peristiwa duka yang menimpanya. Namun, diluar hal tersebut pribadinya memang menyenangkan untuk diperbincangkan soal bagaimana kehidupannya, karir dan cinta. Nah, di artikel kali ini Meddy akan membahas sosok Ridwan Kamil dari segi background pendidikannya. Apakah Sobat Meddy tertarik untuk membahas sosok tersebut? Simak info profilnya di bawah ini ya.

Akrab Disapa Sebagai ‘Kang Emil’, Ini Deretan Background Pendidikan Ridwan Kamil

ridwan-kamil

Sobat Meddy, Ridwan Kamil atau sering akrab disapa dengan “Kang Emil”, mempunyai nama dan gelar lengkap Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. Pria kelahiran 4 oktober 1971 ini sekarang menjabat sebagai gubernur provinsi Jawa Barat sejak tahun 2018 bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum. Sebelumnya, Ridwan Kamil sudah memasuki dunia politik sejak tahun 2013. Ia saat itu menjabat sebagai Walikota Bandung yang menang di Pilkada Bandung bersamaan dengan Oded Muhammad Danial kala itu. Dirinya juga memulai karirnya sebagai arsitek di beberapa perusahaan. Kemudian melanjutkan karirnya dengan mendirikan perusahaan konsultan bernama Urbane pada 2004 bersama kawan-kawannya. Dari sini pun Urbane telah dipercayai dan dianugerahi banyak penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Awards tiga tahun berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010. Lalu, bagaimana sebenarnya background pendidikan Ridwan Kamil? Berikut deretan background pendidikan Ridwan kamil.

1. Bersekolah di SD, SMP dan SMA Negeri di Bandung

Nah, sosok “Kang Emil’ ini Bandung banget pokoknya, ia mulai bersekolah dasar di SDN Banjarsari III Bandung pada tahun 1978, melanjutkan sekolah menengah pertamanya di SMP Negeri 2 Bandung antara tahun 1984 sampai 1987. Beliau meneruskan pendidikan jenjang SMA nya di SMA Negeri 3 Bandung antara tahun 1987 sampai 1990 yang mana saat ini SMA tersebut menjadi SMA Favorit dan terbaik di kota bandung.

2. Lanjut s1 di Institut Teknologi Bandung

ridwan-kamil-itb

Setelah Ridwan Kamil lulus di SMA, kemudian dirinya melanjutkan pendidikan tingkat perguruan tinggi negeri di Institut Teknologi Bandung dan lulus pada tahun 1995 dengan gelar Sarjana Teknik di bidang arsitektur. Sebagai informasi, ITB merupakan perguruan tinggi negeri yang diidam-idamkan oleh banyak orang.  Selain dikenal karena kualitasnya, ITB juga menjadi kampus tertua di Indonesia, tepatnya di tahun 1920.  Kampus ini punya nilai historis yang tersimpan, Lahir dalam suasana penuh dinamika yang dilandasi dengan semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan, maka dari itu ITB selalu hadir untuk mengoptimalkan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

3. Gubernur Jawa Barat ini Menempuh S2 Di Universitas California, Berkeley’

Pasca kelulusannya di ITB tentu membuat Ridwan Kamil bersemangat menempuh pendidikan s2 nya di luar negeri selama dua tahun dan lulus dengan gelar Master of Urban Design, Universitas California, Berkeley di tahun 2001.  Dilansir dari laman resminya,  dimulai dari sekelompok pionir akademis pada tahun 1868 hingga Gerakan Bebas Berbicara pada tahun 1964. Berkeley (UC)  adalah tempat di mana para pemikir paling cerdas dari seluruh dunia berkumpul untuk mengajukan pertanyaan, dan meningkatkan dunia. Berkeley  juga merupakan rumah bagi beberapa pemikir terbesar dunia. Dimana mereka telah memimpin lebih dari 130 departemen akademik dan 80 unit penelitian interdisipliner dan menangani tantangan paling relevan di dunia.

4. Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, mendapatkan gelar Doktor kehormatan Bidang Administrasi Publik oleh Universitas Dong-A

gubernur-jawa-barat-dong-a

Tidak hanya sekolah formal yang ia tempuh, tetapi berkat dedikasinya Ridwan Kamil mendapatkan anugerah penghargaan gelar Doktor kehormatan Bidang Administrasi Publik oleh Universitas Dong-a tepatnya di kota Busan Korea Selatan, 4 November 2019.  Kang Emil, ditemani sang istri, pergi ke Korea Selatan untuk menghadiri penganugerahan tersebut berkat hasil dan kerja kerasnya inisiatifnya mendirikan desa digital.

Fakta Lainnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Yang Menarik Untuk Diketahui 

  1. Dikenal sebagai sosok gubernur Jawa Barat yang milenial dan humoris. bagaimana tidak sosok RIDWAN KAMIL dikenal aktif di sosial media dan berkarakter humoris nan tegas, kita bisa lihat dari beberapa postingannya kerap mengundang gelak tawa dan senyuman bagi followersnya. 
  2. Berasal dari keluarga dan menjadi akademis. Ridwan kamil adalah anak kedua dari seorang akademisi di Universitas Padjadjaran, yakni Atje Misbach Muhjiddin. Nah, Ridwan Kamil pun sempat mengajar sebagai Dosen Di Program Studi Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, hingga ia mengundurkan diri pada 2018 untuk mengikuti Pemilihan Gubernur. Ia juga pernah menjabat sebagai senior urban design consultant SOM, EDAW (hong kong & san francisco), dan SAA (singapura). Jadi, memang bisa dibilang Ia tumbuh sebagai insan akademisi yang luar biasa.

Nah, itu informasi yang dapat Meddy berikan tentang Background Pendidikan Ridwan Kamil. Semoga Sobat Meddy dapat termotivasi untuk berkarya dan berkontribusi serta melanjutkan Pendidikan seperti Kang Emil yah. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi beasiswa ini ya Semangat!

Baca juga: Perjalanan Studi Busainatul Munawaroh dalam Meraih Pendidikan S1 di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy. Tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Mediamaz Scholar yaa. Terima kasih!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top