belva-devara

Kenalan dengan Sosok Belva Devara, Entrepreneur Muda Yang Penuh Prestasi

Sobat Meddy, di Cerita Mereka kali ini, Meddy akan membahas sedikit tentang perjalanan dari sosok pemuda entrepreneur yang penuh prestasi. Sosok yang akan kita kulik kisah perjalanan dan kesuksesannya ini merupakan CEO Founder Ruang guru. Nah, pasti kamu semua sudah bisa langsung menebak kan? Ya! Beliau adalah Belva Devara, si Inspiratif dengan segudang kesuksesan di dunia pendidikan maupun karir bisnisnya. Yuk, mari kita simak informasi profilnya di bawah ini ya. 

Mengenal Belva Devara, Latar Belakang Pendidikannya Bikin Kamu Geleng Kepala 

belva-devara

Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A. Begitulah nama lengkap seorang pemuda yang lebih akrab terdengar dengan sapaan Mas Belva atau Belva Devara. Nah, sosok Belva Devara ini merupakan role model. Bagaimana milenial yang sukses di era 4.0, era yang semuanya terdigitalisasi. Laki-laki kelahiran 30 Mei 1990 ini selain merupakan seorang entrepreneur juga merupakan seseorang aktif akan isu-isu sosial (aktivis sosial) Indonesia. Melalui Startup yang ia bangun. Yaitu Ruang guru yang sukses membuatnya dikenal oleh masyarakat luas. 

Diketahui dari sejumlah informasi yang ada, Belva Devara ini menempuh pendidikan Menengah  pertamanya di SMP Islam Al Azhar 8 Bekasi.  Lanjut, ke pendidikan menengah atas di SMA Presiden. Bisa kita pastikan, saat itu Belva merupakan siswa yang aktif berorganisasi. Bahkan Ia menjabat sebagai Ketua Osis di SMA Presiden. Lanjut, di tahun 2007 Ia beruntung, karena bisa menjadi salah satu dari delapan siswa Indonesia yang mendapatkan Beasiswa Pemerintah Singapura dan Fully Funded. Dan akhirnya Belva berkuliah S1 di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura

Pendidikan Yang Ditempuh

belva-devara

Belva juga melanjutkan program Masternya di Harvard University tahun 2013. Namun fakta menariknya ia menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil diterima dan meraih Double Degree di Dua Universitas terkemuka di dunia, yaitu program S2 Kebijakan Publik Universitas Harvard, Cambridge, Massachusetts dan S2 Bisnis Manajemen Stanford University, Palo Alto, California. Bagaimana, sampai sini Sobat Meddy sudah termotivasi dengan Double degree nya Mas Belva? Dan seperti yang sudah ter-headline, ia merupakan sosok yang berprestasi. Belva Devara juga berhasil meraih prestasi akademis. Seperti Dean’s List dan juga Exchange ke Universitas Manchester, Inggris, di tahun 2009. Tidak hanya sampai situ, tahun 2011 Ia juga meraih 3 Medali emas prestius dari Universitasnya. Yang artinya Belva mendapatkan itu karena berhasil meraih nilai akademis tertinggi di program studi Ilmu Komputer, Lee Kuan Yew Gold Medal, dan Accenture Gold Meda untuk nilai akademis tertinggi di program studi Bisnis. 

Perjalanan dan Kesempatan Untuk Belva Dalam Meraih Pendidikan yang Lebih

belva-devara

Sobat Meddy ternyata Mas Belva Devara merupakan salah satu manusia yang beruntung di Muka Bumi ini. Ia mendapatkan kesempatan menjadi yang terdaftar sebagai Mahasiswa Tamu, loh! Di Institut Teknologi Massachusetts, dalam kategori cross-registered, atau sebagai mahasiswa di fakultas lain di Universitas Harvard, termasuk Harvard Law School, Harvard Medical School, dan Harvard Graduate School of Education. Wah! Benar-benar membuat kita iri, ya?

Eits, tapi sepertinya bukan Mas Belva Devara kalau tidak aktif dalam segala hal. Dan Ya, ia juga merupakan seorang peneliti (Fellow) di Harvard Ash Center for Democratic Governance and Innovation. Pun, Kuliah S2 Mas Belva di USA ini ternyata Beasiswa LPDP!

Dan menurut Meddy, apa yang ia dapatkan sekarang itu berkat kerja kerasnya yang sudah sejak dulu Ia tanamkan sejak masih jaman kuliah. Contohnya, Ia menyambi bekerja di perusahaan yang punya power di Singapura. Dan kala itu Ia masih aktif berorganisasi di PPI Singapura (menjadi Sekjen). Ia juga dilakukan penobatan sebagai Young Leader for Indonesia 2011 oleh McKinsey & Company.

Ini Berbagai Penghargaan dan Karier Belva Devara

Bicara soal karir, Di tahun 2017, nama Belva Devara tercantum sebagai salah satu dari 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine. Dan pasca studi S1 di Singapura, Ia pulang ke Indonesia dan tentu banyak pekerjaan yang mencarinya, namun Belva menolak. Ia juga telah berpikir matang dan memilih berkarir di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan. Disamping itu dengan apa yang ia mampu, Belva diberi kepercayaan untuk memimpi di berbagai bidang studi internasional, yang berkaitan dengan Internasional mengenai transformasi sistem pendidikan juga kesehatan publik di kawasan Asia Tenggara, Komunitas dan Agensi Internasional. Ini membuat Mas Belva di tahun 2012 terus mendapat apresiasi beripa penghargaan Client First Award karena berhasil menjadi konsultar manajemen terbaik. 

Transformasi Pendidikan Di Indonesia Dijadikan Alasan Karier Belva Devara

CEO Ruang Guru

Dan menurut informasi, dari  berbagai pengalaman yang telah ia lalui, kemudian ia punya tekad dan niat yang baik untuk membantu Indonesia dalam transformasi sistem pendidikan di Indonesia. Lanjut, Ia merealisasikannya di tahun 2014, dengan mendirikan Ruang guru, sebuah start-tup teknologi dengan misi sosial pendidikan, bersama dengan sahabatnya, Muhammad Iman Usman. Akhirnya Start-Up yang ia telah didirikan itu berkembang dengan pesat dan menjelajah ke berbagai negara tetangga lainnya. 

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Demikian informasi yang dapat medi sampaikan tentang sedikit profil, pendidikan dan karir dari Adamas Belva Syah Devara, CEO & Founder startup pendidikanm yang mengantarkan dirinya pada kesuksesan yang ia tuai saat ini. Semoga setelah Sobat Meddy membaca artikel ini, Kamu dapat termotivasi untuk terus melanjutkan pendidikan dan juga berkarya seperti Mas Belva ya. Dan kamu juga bisa langsung cek beasiswa apa saja yang tersedia di kampus yang kamu tuju ya. Semoga Sukses!

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar ya. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top