pagebluk-pandemi

Mengenal Istilah ‘Pagebluk’, Wabah Penyakit Berbahaya Ini Pernah Terjadi di Dunia

Halo Sobat Meddy, Pernahkah kamu mendengar istilahpagebluk’. Istilah yang mungkin masih cukup asing kamu dengar. Umumnya istilah pagebluk ini cenderung merujuk pada pandemi penyakit dengan dampak yang cukup besar bagi wilayah yang terkena. Lalu, sejak kapan istilah pagebluk ini mulai dikenal dan kapan pagebluk ini mulai terjadi? Simak informasinya ya.

Pagebluk, Dari Endemi Menuju Pandemi Dunia Yang Terkenal Sejak Lama dan Terjadi di Zaman Kuno

Dewasa ini, kurang lebih selama masa Pandemi Covid-19 banyak sekali membawa perubahan kebiasaan yang menguasai berbagai sektor lini kehidupan, dari sini kita lebih sering menjadi manusia yang update akan suatu informasi, termasuk mungkin ada beberapa dari kita yang baru-baru ini mengetahui kalau Pandemi Covid-19 ini sering disamakan dengan istilah ‘pagebluk’. Nah, Istilah Pagebluk sendiri berarti wabah (penyakit) yang terjadi pada suatu wilayah dengan lama waktu kejadian tertentu, serta pagebluk seperti ini ada kemungkinan terjadi lagi di selang kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Apa Saja Jurusan Yang Paling Diminati Di Dunia? Simak Informasinya!

Mengenal Pagebluk, Endemi, Epidemi, Dan Pandemi.

covid

Sobat Meddy, setelah kita mengetahui sedikit banyak tentang ‘pagebluk ini, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya tentang apakah pagebluk ini sudah ada sejak lama dan apa saja jenis pagebluk yang sudah pernah terjadi di Indonesia maupun di belahan dunia lain? Untuk itu, artikel kali ini Meddy akan membawa kamu ke wawasan tentang wabah yang pernah terjadi di zaman kuno. Sebagai informasi, untuk menelisik lebih jauh afiliasi dari kata pagebluk yang mencakup Endemi, Epidemi dan Pandemi kita bisa membedakannya berdasarkan skala kejadian dan lama wabah tersebut terjadi.

1. Endemi

merupakan wabah yang terjadi dengan dampak berskala kecil, tetapi cukup parah. Sedangkan kurun waktu kejadiannya relatif.

2. Epidemi

wabah terjadi dengan dampak berskala yang lebih besar, menyebar luas ke area lainnya secara cepat dan hingga pada tahap di luar ‘normal’ yang sulit dihambat.

3. Pandemi

terjadi ketika wabah sudah mencakup ke skala Internasional dan diluar kendali. Wabah yang terjadi menjalar ke berbagai belahan dunia dalam jumlah yang besar, stimulan, dan berkelanjutan, yang menyebabkan sulitnya pengendalian.

Ini Beberapa Daftar Pagebluk di Dunia Sebelum Pandemi Covid 19

Sobat Meddy, seperti yang sudah kita ketahui bahwa pagebluk sudah ada sejak lama bahkan di zaman kuno. Bahkan banyak sumber yang mengatakan kalau pagebluk seperti pandemi Covid 19 sudah pernah terjadi seperti di zaman-zaman kuno dahulu. Nah, bagi  Sobat Meddy yang penasaran, simak informasi dibawah ini ya.

  • Wabah Justinian

Wabah Justinian atau di sumber lain dikatakan sebagai wabah Yustianus. Pagebluk ini berlangsung di masa pemerintahan Kaisar Justianus I di (527-565 M). Lebih jauh, Wabah Justianus ini memusnahkan separuh populasi Eropa, wabah ini terjadi karena terjadi penularan bakteri Yersinia pestis yang ada pada tikus, kemudian tikus itu menularkan pada manusia.

  • Wabah Athena (Plague Of Athens)

Wabah Athena merupakan jenis pagebluk dalam afiliasi epidemi yang terjadi di kota Athena pada zaman Yunani Kuno dan terjadi selama kurun tahun kedua di 430 SM dari perang Peloponnesia. Diyakini bahwa ada banyak korban hingga berjumlah 100.000 Orang menjadi korbannya yang memasuki Athena melalui Piraeus.

  • Wabah Siprianus

Jenis pagebluk satu ini, merupakan pandemi yang terjadi di Kekaisaran Romawi dari sekitar 249 Masehi sampai 262 Masehi. Akibatnya, terjadi penyusutan sumber daya manusia untuk produksi pangan dan angkatan darat Romawi dalam skala yang besar, dan berdampak pada  yang kekaisaran tersebut di Krisis Abad Ketiga.

Baca Juga: Daftar 10 Mata Kuliah Teraneh Di Dunia, Ada Kanibalisme Juga?

akibat pandemi -kematian

  • Flu Asia

Nah, kalau di zaman yang seperti ini ‘flu’ dianggap sebagai penyakit ringan yang biasanya disebabkan oleh alergi atau kondisi tubuh yang sedang menurun akibat cuaca, maka di tahun 1956-1958 ‘flu’ dianggap sebagai pagebluk yang terjadi. Flu ini disebabkan oleh Influenza A Subtipe H2N2 yang diperkirakan saat itu berasal dari negara Tiongkok di tahun 1956 dan menyebar ke Singapura, Hongkong dan Amerika Serikat sampai ke tahun 1958.

  • Black Death

Wah, terdengar agak seram ya. black death atau maut hitam merupakan suatu pandemi hebat yang saat itu melanda bangsa Eropa pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (1347 – 1351) dan membunuh sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa, dari nama tersebut kita sudah dapat membayangkan betapa suramnya dimasa itu. Penyebabnya adalah penularan dari varian pes, wabah pneumonia dan wabah Septicemia.

  • HIV/Aids

Sobat Meddy mungkin kita sering mendengar jenis pagebluk yang satu ini. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) dengan virus yang menginfeksinya adalah Human Immunodeficiency Virus (HIV). Penyakit ini dimulai sejak tahun 1960 an bahkan masih ada sampai sekarang. Sedangkan berjuta penderita HIV/Aids ini masih rutin mengkonsumsi obat antiretroviral, untuk bisa tetap bertahan hidup.

Nah, itulah informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang mengenal istilah ‘pagebluk’ atau wabah penyakit berbahaya yang pernah terjadi di dunia serta mengenal istilah afiliasi pagebluk lainnya, akan membuat Sobat Meddy bertambah semangat untuk menjaga kesehatan serta dapat menambah wawasan kamu. Kalau sobat meddy sehat, kamu bisa melanjutkan mimpi kamu berkuliah di luar negeri bisa tercapai yaa. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu tuju. 

Mediamaz Scholar

Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi kami. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top