Mengenal Istilah Sistem Pendidikan di Luar Negeri, Cari Tahu Yuk!

Warning! Kenali 5 Istilah Sistem Pendidikan Luar Negeri

Sistem pendidikan tinggi di Indonesia selepas masa sekolah menengah (SMA) memang hanya terdiri atas akademi (diploma) dan universitas (sarjana). Namun lain halnya dengan di luar negeri, khususnya negara – negara barat. Kalau kalian ada rencana untuk studi ke salah satu negara barat, ada baiknya kalian memahaminya. Yuk mengenal istilah sistem pendidikan di luar negeri, seperti Community College, Tuition Fee Waiver, Post Graduate, dan Diploma.

Istilah dalam Sistem Pendidikan Luar Negeri

Berikut ini merupakan 5 istilah dalam sistem pendidikan luar negeri.

1. Community College

Kurangnya jumlah universitas di semua kota dan wilayah di Amerika Serikat, serta biaya pendidikan di universitas yang tinggi sehingga menginspirasi pendirian pusat pendidikan tinggi yang disebut dengan community college (perguruan tinggi komunitas) pada abad ke-20. Ini adalah pusat pendidikan dalam skala yang lebih kecil yang didirikan untuk membawa pendidikan lebih dekat kepada calon mahasiswa. Community college memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan calon mahasiswa. Alasan mengapa institusi ini disebut community college adalah karena mereka dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (mahasiswa) setempat, tanpa mengharuskan mahasiswa pergi dan tinggal tempat – tempat yang jauh dari kota asal mereka. 

Ada banyak jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi komunitas ini, yang mengarah pada sertifikat, diploma dan bahkan gelar associate. Bahkan ada fasilitas untuk mentransfer kredit (mata kuliah yang sudah pernah diambil) dari community college untuk diperhitungkan di perguruan tinggi atau universitas, ketika seorang siswa ingin pindah dan mendapatkan gelar dari perguruan tinggi atau universitas.

2. Tuition Fee Waiver

Tuition Fee Waiver (TFW) merupakan pembebasan atau penghapusan biaya kuliah (SPP) yang diberikan oleh pihak kampus atau pemberi beasiswa. Program ini hanya berlaku untuk biaya kuliah saja dan pada umumnya tidak termasuk dengan uang buku, uang parkir, akomodasi, dan tunjangan lainnya. Terdapat dua jenis tuition waiver, yakni penghapusan biaya secara full dan penghapusan biaya sebagian atau lainnya tergantung dari kebijakan kampus. Penghapusan biaya sebagian (partially) berarti adanya potongan sebesar 50% dari biaya kuliah, sedangkan penghapusan biaya secara penuh berarti Anda tidak perlu membayar biaya kuliah apapun. Namun, perlu menjadi catatan jika penghapusan biaya secara penuh tetap harus membayar atau bertanggung jawab untuk biaya program lainnya.

3. Post Graduate

Program postgraduate merupakan program lanjutan dari Undergraduate atau yang di Indonesia biasa dikenal sebagai program Pasca Sarjana (S2). Di tingkat ini, program – program studi yang dipelajari lebih spesifik dari tingkat sebelumnya (S1). Secara sederhana postgraduate dapat diartikan sebagai program pendidikan, yang ditempuh untuk mendapatkan gelar doktor. Pada umumnya untuk mendapatkan gelar doktor seseorang harus menempuh pendidikan selama kurang lebih tiga tahun. Kalau memang setelah mendapatkan gelar doktor seseorang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi maka program pendidikan yang ditempuh disebut postdoctoral.

4. Diploma

Arti diploma bisa setara dengan undergraduate. Seperti halnya dengan di Indonesia, lulusan SMA di luar negeri dapat memilih apakah dia akan melanjutkan pendidikannya atau langsung terjun di dunia kerja. Jika dia memilih untuk melanjutkan pendidikannya, maka ada dua pilihan jenjang pendidikan, yaitu Diploma atau S1. Diploma di luar negeri terdiri dari dua jenis berdasarkan gelar yang akan didapatkan, yaitu Certificate dan Associate Degree. Gelar Certificate dapat didapatkan oleh seseorang setelah menempuh pendidikan selama satu tahun. Sedangkan gelar Associate Degree ditempuh dalam waktu dua tahun.

Di luar negeri, terdapat empat jenis Associate Degree, yaitu AA (Associate of Arts), AS (Associate of Science), AAA (Associate of Applied Arts), dan AAS (Associate of Applied Science). Seperti halnya di Indonesia, program pendidikan diploma di luar negeri lebih difokuskan ke pendidikan keterampilan.

5. Joint Degree

Joint degree merupakan program kerja sama antara dua perguruan tinggi (biasanya joint degree merupakan kerjasama perguruan tinggi di dalam negeri dengan luar negeri) yang memiliki program studi yang sama pada jenjang pendidikan yang sama untuk memperoleh satu gelar. Nantinya, sobat Meddy akan belajar dua tahun di dalam negeri dan dua tahun di luar negeri. Sobat Meddy juga bisa mendapatan dua gelar dari dua universitas.

Layanan Mediamaz Scholar

Nah, demikian mengenal istilah sistem pendidikan di luar negeri yang harus kamu tahu guys. Kamu butuh konsultan mengenai persiapan studi ke luar negeri? Tenang! Kami punya ahli dalam persiapan kuliah ke luar negeri, dari persiapan dokumen dan lain sebagainya. Mediamaz Scholar juga membuka kelas bahasa asing, yang bisa kamu ikuti setiap bulannya loh. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi sobat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top