Gaya hidup mahasiswa di Qatar

Mengenal Lebih Dekat Gaya Hidup Mahasiswa di Qatar

Bagi banyak orang, mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri merupakan hal yang diimpikan. Negara Qatar merupakan salah satu negara yang menyadari bahwa sebuah bangsa tidak selamanya dapat bergantung pada sumber daya alam yang dimilikinya. Hal ini dapat dilihat dari pemerintah Qatar yang tidak segan-segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar di bidang Pendidikan. Di tahun 2020, PDB Qatar mencapai 0.805,46 dollar AS atau sekitar Rp 730 juta dan menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Dengan segala kelebihannya, sahabat Meddy pasti penasaran bagaimana gaya hidup mahasiswa di Qatar.

A. Mengapa Harus Memilih Negara Qatar?

Selain dikenal sebagai negara terkaya, Qatar juga merupakan salah satu dari 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Meskipun Bahasa Arab merupakan Bahasa resmi di Qatar, namun sahabat Meddy tidak perlu khawatir karena pemerintah Qatar menyediakan banyak program maupun kursus bagi para mahasiswa menggunakan Bahasa Inggris. Terdapat banyak peluang beasiswa di Qatar. Beberapa diantaranya memberikan keringanan dalam membayar biaya kuliah hingga beasiswa penuh. Yang menarik bagi banyak orang yaitu beasiswa ini tidak hanya diberikan bagi mereka yang pintar, tapi juga dapat diberikan kepada mereka yang berhasil menciptakan suatu karya yang inovatif dan kreatif.

Oh ya, sahabat Meddy di tahun 2020 Qatar Airways baru saja meluncurkan sebuah program spesial bagi para mahasiswa di seluruh dunia dan diberi nama Student Club. Program ini didukung oleh Qatar Airways Privilege Club. Dalam program ini, Qatar Airways akan menawarkan berbagai manfaat kepada para mahasiswa anggota Student Club seperti banyaknya diskon serta tarif khusus yang diberikan.

Selain itu, para mahasiswa akan mendapatkan kuota bagasi lebih besar, kebebasan mengubah tanggal penerbangan, serta wifi gratis di pesawat. Anggota dari Student Club akan mendapatkan kartu digital yang dapat disimpan di dompet seluler maupun di aplikasi Qatar Airways. Bagi para mahasiswa berusia 18-30 tahun dan sedang menempuh program pendidikan penuh maupun paruh waktu berhak untuk mengikuti program ini. Untuk bergabung dengan Student Club, sahabat Meddy dapat mengunjungi situs resmi maskapai.

Meski begitu, terdapat beberapa hal yang harus sahabat Meddy pertimbangkan saat memilih Qatar sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Pertama, sahabat Meddy sebaiknya belajar terlebih dahulu mengenai Bahasa dan budaya di Qatar agar tidak mengalami culture shock. Selanjutnya cuaca, Qatar memiliki cuaca yang ekstrim. Saat musim panas suhu di Qatar mencapai 50o C dan di musim dingin bisa menjadi sangat dingin dengan suhu belasan derajat Celcius. Bagi sahabat Meddy yang memiliki risiko kesehatan, faktor cuaca ini dapat menjadi pertimbangan kalian.

B. Beberapa Gaya Hidup Mahasiswa di Negara Qatar

Berdasarkan studyabroadaide.com, jumlah mahasiswa internasional di Qatar pada tahun 2020 sebanyak 38%. Nah, buat sahabat Meddy yang penasaran berikut gaya hidup mahasiswa di Qatar:

1. Jarang Menganggur

Tahukah kamu kalau Qatar merupakan salah satu negara dengan tingkat pengangguran rendah? Berdasarkan data dari World Bank, tingkat pengangguran di Qatar pada tahun 2020 sebanyak 3,45%. Salah satu hal yang menarik mengenai Qatar yaitu biasanya para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus oleh pihak universitas akan langsung mendapatkan tawaran pekerjaan dari berbagai perusahaan. Hal ini mengakibatkan jarang ada usia muda yang menganggur dalam waktu lama.

2. Brunch di Negara Qatar

Brunch merupakan istilah yang digunakan pada saat sahabat Meddy makan diantara waktu sarapan dan makan siang. Kegiatan brunch biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak sempat melakukan sarapan. Namun di Qatar kebiasaan brunch merupakan hal yang wajar terutama pada weekend dan hari Minggu. 

3. Belanja

Di Qatar, terdapat mall serta souq. Souq dapat digambarkan sebagai pasar tradisional. Souq sangat direkomendasikan untuk mahasiswa internasional karena mereka menjual buah-buahan dan produk makanan dari berbagai daerah. Tidak hanya di Indonesia, proses tawar menawar ternyata merupakan hal yang wajar di tempat ini. 

4. Makanan Khas di Negara Qatar

Selain sebagai negara produsen minyak terbesar di dunia, Qatar juga memiliki berbagai makanan yang menarik untuk dicoba terutama kalau kamu berasal dari luar Qatar. Yang pertama ada Harees. Harees merupakan makanan yang cukup populer di bulan Ramadhan. Masakan selanjutnya cocok bagi sahabat Meddy yang suka masakan pedas. Saloona merupakan kaldu daging pedas yang ditambahkan dengan berbagai jenis sayuran. Terakhir ada Luqaimat. Luqaimat cocok untuk sahabat Meddy yang suka makanan manis.

5. Biaya Hidup

Biaya hidup di Qatar lebih menguntungkan dibanding negara Arab lainnya. Pemerintah Qatar memberikan subsidi kepada warganya sehingga mahasiswa yang datang tidak menghabiskan uang terlalu banyak. Akomodasi menjadi satu-satunya hal yang harus para mahasiswa ini khawatirkan. Para mahasiswa dapat memilih ingin tinggal di tempat yang sudah disediakan pihak kampus atau menyewa tempat sendiri.  Di Qatar, biaya sewa tergantung dari lokasi serta fasilitas yang disediakan.

Selain tempat tinggal, para mahasiswa juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi. Namun, jangan khawatir. Harga transportasi umum di Qatar relative murah. Para mahasiswa di Qatar dapat menikmati air, listrik, gas, internet, dan tagihan telepon dengan harga terjangkau, ini terjadi karena pemerintah Qatar memberikan subsidi untuk seluruh warganya. 

6. Bulan Ramadhan di Negara Qatar

Di Indonesia puasa dilakukan selama 13 jam, namun di Qatar masyarakat muslim menjalankan puasa selama 15 jam. Dikutip dari Doha News, saat berpuasa jam kerja serta jam sekolah menjadi lebih singkat. Sektor public hanya bekerja selama 5 jam sehari, sementara sektor swasta yang tadinya 8 jam sehari berkurang menjadi 6 jam sehari.

Selama puasa di Qatar, illegal bagi orang dewasa untuk makan, minum, bahkan merokok didepan umum. Mereka yang melanggar akan dikenakan denda. Namun, peraturan ini tidak berlaku bagi masyarakat non muslim serta masyarakat muslim yang sedang hamil, menyusui, sakit, dan menstruasi. Qatar juga memiliki beberapa tradisi unik selama bulan Ramadhan.

Yang pertama, banyak orang yang suka berkumpul di sekitar meriam di Masjid Negara mulai dari menjelang magrib hingga saat berbuka. Selanjutnya, ada beberapa pemuda yang melewati Corniche dengan kendaraan klasik atau mewah milik mereka sekitar satu jam sebelum berbuka puasa. Tradisi yang satu ini diberi nama Parade Mobil Ramadhan. Bagi anak-anak, terdapat festival Garangao yang diadakan pada hari ke-14 bulan Ramadhan setelah jam buka puasa. Biasanya saat festival Garangao anak-anak akan memakai pakaian tradisional dan berkeliling untuk mengumpulkan berbagai permen, kacang, serta makanan ringan lainnya sepanjang malam.

Baca juga: Deretan Negara Di Timur Tengah (Middle East), Kehidupannya Terjamin Aman?

Mediamaz Scholar

Apakah sahabat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai gaya hidup mahasiswa di Qatar, kira-kira sahabat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Qatar? Dengan banyaknya fasilitas di bidang Pendidikan yang disediakan oleh pemerintah Qatar, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top