LPDP-2022

Mengenal Lebih Jauh Beasiswa LPDP 2022, Tahap 2 Segera Dibuka!

Halo Sobat Meddy! kali ini kita akan mengenal lebih jauh sekaligus berbagi informasi menarik tentang beasiswa LPDP Tahap 2 yang akan segera dibuka. Tentu, Sobat Meddy semua sudah sering mendengar kalau LPDP beasiswa merupakan beasiswa yang paling banyak diminati oleh orang-orang yang ingin melanjutkan kuliah dengan tujuan universitas di dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa LPDP sendiri juga termasuk beasiswa yang bergengsi loh, bagaimana tidak? kita ketahui bersama bahwa terdapat sejumlah artis Indonesia yang menjadi penerima beasiswa LPDP di universitas ternama dalam atau luar luar negeri di jenjang S1 sampai dengan S2.

Sobat Meddy, scholarship merupakan bantuan pembiayaan keuangan yang diberikan kepada seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan yang ditempuh dengan mengikuti seleksi terlebih dahulu (pendanaan pendidikan). Pada umumnya, beasiswa diberikan oleh Lembaga Pemerintah, Perusahaan maupun Yayasan. Mendapatkan scholarship juga merupakan impian bagi sejumlah orang, karena dengan scholarship bukan hanya sekedar terbantu secara ekonomi, namun sebagian orang menganggap bahwa melanjutkan pendidikan dengan beasiswa tertentu adalah sebuah pencapaian khusus atau apresiasi untuk diri sendiri. Tentu, melanjutkan pendidikan dengan pendanaan dari beasiswa akan membuat Sobat Meddy lebih bersemangat dan bertanggung jawab akan pendidikan itu.

Nah, scholarships yang satu ini merupakan jenis scholarship yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah S2 dan S3, juga tersedia beasiswa LPDP khusus jenjang S1 atau D4. Program beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang dikelola langsung di bawah Kementerian Keuangan berdasarkan PMK nomor 252 tahun 2010. Dilansir dari laman resminya, visi beasiswa ini adalah mempersiapkan calon pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pendanaan pendidikan, artinya beasiswa LPDP ini memang benar-benar diperuntukkan untuk pembangunan pendidikan nasional melalui talenta terbaik Indonesia. 

Apa Saja Tunjangan LPDP Beasiswa 2022 Yang Didapat?

Untuk Sobat Meddy yang lolos Beasiswa LPDP 2022 ini, tentu kamu akan mendapatkan keuntungan atau tunjangan yang bisa membantu mempermudah proses belajar dan mobilitas kehidupan kamu disana (apabila Sobat Meddy di Universitas Luar Negeri akan sangat membantu). Sehingga tunjangan LPDP beasiswa 2022 ini berupa:

a. Biaya Pendidikan

  1. Biaya Pendaftaran
  2. Biaya SPP/Tuition Fee
  3. Tunjangan Buku
  4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  5. Biaya Seminar Internasional
  6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional

b. Biaya Pendukung

  1. Transportasi
  2. Aplikasi Visa/Residence Permit
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Biaya Hidup Bulanan
  5. Biaya Kedatangan
  6. Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  7. Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

Kapan LPDP Tahap 2 Dibuka?    

Sobat Meddy, beasiswa yang satu ini akan membuka pendaftarannya dimulai pada 4 Juli sampai dengan 5 Agustus 2022. Maka, segera persiapkan diri kamu untuk mengikuti scholarship yang satu ini.  Diketahui juga proses seleksi beasiswa LPDP dilakukan dengan ikut menyesuaikan aturan kebijakan pemerintah terkait pandemi covid-19, yang mungkin bisa dilaksanakan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan pemerintah yang berlaku. Tentu, seleksi juga dilaksanakan secara sistematis dan bertanggung jawab.

Apa Saja Jenis LPDP Beasiswa 2022?

Fakta menarik lainnya adalah  beasiswa ini menyajikan banyak skema dan peluang bagi pendaftarnya, seperti tersedianya Beasiswa S1 atau D4 tujuan universitas dalam negeri, beasiswa S2 dan S3 tujuan universitas dalam dan luar negeri dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya Sobat Meddy dapat membuka tautan disini. Berikut kilas jenis LPDP beasiswa 2022:

General Scholarship

  1. Beasiswa Reguler 2022
  2. Beasiswa PTUD 2022
  3. Beasiswa Co-Funding 2022

Targeted Scholarship

  1. Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI 2022
  2. Beasiswa Kewirausahaan 2022

Affirmative Scholarship

  1. Beasiswa Penyandang Disabilitas 2022
  2. Beasiswa Daerah Afirmasi 2022
  3. Beasiswa Pra Sejahtera 2022
  4. Beasiswa Putra-Putri Papua 2022

Komitmen Pengabdian Bagi Penerima Beasiswa LPDP 2022

Sesuai dengan Focus, Visi dan Misi Beasiswa yang satu ini adalah untuk membangun kemajuan pendidikan nasional di masa depan, penyelenggara beasiswa mengajak kamu untuk berkomitmen untuk melakukan pengabdian dan berkontribusi untuk Tanah Air. Itu Artinya Sobat Meddy yang berhasil mendapatkan beasiswa LPDP 2022, jangan lupa bahwa setelah menjadi bagian dari penerima scholarship tersebut, kamu wajib kembali dan mengabdi di Indonesia setelah selesai studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sobat Meddy akan kembali ke Indonesia dan berkontribusi di Indonesia selama 2 kali masa studi ditambah 1 tahun (2n+1) setelah selesai studi secara berturut-turut.

Demikian informasi yang dapat Meddy berikan pada kesempatan kali ini, di artikel selanjutnya akan dibahas mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran serta akan kita bahas tentang Tips untuk lolos beasiswa ini loh. Dan semoga setelah mengenal dan informasi beasiswa LPDP 2022 tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk mewujudkan mimpi kamu untuk melanjutkan kuliah dengan mengikuti proses seleksi scholarship ini. Untuk info lebih lanjut, sobat meddy bisa klik tautan berikut.

Baca juga: Pakai Beasiswa LPDP S2! Ini Universitas di Denmark Jurusan Bisnis dan Manajemen

4

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi sobat meddy yang tertarik untuk mengikuti beasiswa LPDP 2022, tetapi masih bingung dan membutuhkan bantuan khusus untuk persiapan mendapatkan scholarship? Tidak perlu khawatir, Meddy senantiasa bisa membantu kamu untuk memberikan layanan terbaik. Seperti mempersiapkan dokumen penting, penguasaan bahasa atau membutuhkan bentuk konsultasi lainnya. Semuanya bisa Sobat Meddy dapatkan di mediamaz scholar. Tunggu apalagi? Yuk, cek website resmi kami. Semoga sukses, Terima kasih ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top