Pendidikan-di-Ukraina

Menjadi Mahasiswa Ukraina, Pengeluaran Jauh lebih Rendah?

Dewan Internasional Pendidikan Ukraina “UIEC” berfungsi sebagai sumber dan konseling yang memberikan informasi tentang informasi dan manajemen individu dan organisasi yang mencari peluang Negara Ukraina, bukan lembaga pemerintah. Terletak di ibukota Ukraina – Kyiv, UIEC berusaha memperkuat hubungan pendidikan internasional antara Ukraina untuk memastikan pengembangan umum dan potensi ilmiah dan dengan hati-hati berjuang untuk pendidikan. UICEC – Ini adalah salah satu lembaga konsultasi pendidikan yang paling berkembang di Ukraina dengan kelompok eksekutif kompetitif yang dinamis dan terampil. Misi UEIC untuk memberikan layanan profesional kepada siswa sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang unggul untuk berhasil di pasar kerja internasional.

Kehidupan Mahasiswa di Negara Ukraina

Untuk sahabat Meddy yang kepo mengenai kehidupan di negara Ukraina, yuk kita simak bersama! 

1. Mata Uang Negara Ukraina

Mata uang nasional adalah Hryvnia (UHR). Kartu kredit biasanya dapat digunakan di berbagai toko, hotel, perusahaan transportasi, klub, dan restoran. Di banyak kota, jaringan  pertukaran berkembang dengan baik dan mencakup banyak bank besar. Jadi, ketika sahabat Meddy ingin melanjutkan studi di Ukraina dapat juga menghemat uang dalam mata uang asing dan Hryvnia Ukraina. Untuk bank terletak di banyak bagian negara. Untuk pengiriman uang yang lebih mudah, sebaiknya gunakan layanan dari perusahaan seperti Western Union dan MoneyGram.

2. Komunikasi dan Layanan Kesehatan Selama di Ukraina

Untuk layanan komunikasi, Ukraina memiliki layanan UKRTELECOM yang menyediakan telepon sangat baik di Ukraina dan di seluruh dunia. Sebagian besar universitas menyediakan akses Internet kepada siswa mereka. Ada juga banyak kafe yang bisa terhubung dengan internet. Sahabat-sahabat Meddy yang berada di Ukraina dapat juga menggunakan layanan pesan kilat yang disediakan oleh DHL, Federal Express, UPS, TNT, dan lainnya. Jika sahabat Meddy membutuhkan layanan kesehatan selama di Ukraina, ada banyak universitas negeri menyediakan perawatan kesehatan gratis loh. Untuk perawatan kesehatan gratis, sahabat Meddy bisa mengunjungi rumah sakit mahasiswa. 

3. Hari Libur selama Menjalani Kehidupan di Negara Ukraina

Berikut hari libur selama menjalani kehidupan di Ukraina:

  1. Libur Pergantian Tahun (Tahun Baru) 1 Januari
  2. Hari Natal Ortodoks 7 Januari
  3. Hari wanita Internasional 8 Maret
  4. Paskah Ortodoks
  5. Hari Buruh 1 Mei
  6. Hari Kemenangan 9 Mei
  7. Minggu Trinitas
  8. Hari Konstitusi 28 Juni
  9. Hari Kemerdekaan 24 Agustus

4. Biaya Hidup di Ukraina

Untuk hidup nyaman di seluruh Ukraina, para pelajar hanya membutuhkan akomodasi sekitar $2,000 per tahun, dan ini tidak termasuk kedalam biaya kuliah. Pada dasarnya, biaya hidup di Ukraina jauh lebih rendah daripada di banyak kota Eropa lainnya. Sulit untuk memberikan gambaran yang akurat karena setiap pelajar memiliki gaya hidup yang berbeda. Perkiraan yang dibutuhkan para pelajar:

A. Alat tulis

Biaya alat tulis yang diperlukan pelajar sangat murah. Contohnya  1000 lembar kertas ukuran A4 hanya menghabiskan 5 USD. Pulpen, pensil serta barang lainnya sangat murah.

B. Buku

Untuk buku, biasanya di perpustakaan Universitas menyediakan buku-buku gratis untuk mahasiswa yang membutuhkannya.

C. Pakaian

Mahasiswa yang ingin belanja pakaian selama menjalankan hidup di Ukraina, bisa sahabat Meddy simak nih mengenai rincian harga pakaian di Ukraina. Untuk celana Jeans yang baik, kurang lebih bisa menghabiskan 20-50 USD, kemeja kurang lebihnya menghabiskan 5-15 USD, dan kaos biasanya kurang lebih menghabiskan 5-12 USD.

5. Transportasi di Negara Ukraina

Bandar udara internasional Borispol adalah gerbang udara negara ini, 36 km dari Kiev. Untuk menuju Kiev sahabat Meddy bisa menggunakan taksi, shuttle bus, bis dan juga bisa memesan layanan antar jemput dari Universitas. 

Selain Bandar udara Borispol, bisa juga melakukan penerbangan internasional dari Simferopol, Odessa, Dnepropetrovsk, dan Donetsk. Adapun jaringan rel internasional tersedia di beberapa negara seperti Bulgaria, Republik Ceko, Slowakia, Jerman dan Polandia. Layanan bus internasional tersedia di Polandia, Inggris, Belanda, Belgia, Perancis, dan Jerman. Sahabat-sahabat Meddy juga dapat pergi ke Ukraina dengan kapal dari Turki. 

Tarif penerbangan untuk jarak 500 km berkisar 50 USD. Transportasi lokal meliputi bis, bis listrik, trem dan taksi, tarifnya sekitar 0.15 USD, bisa juga membeli tiket dari kondektur atau di kios kuning di banyak pemberhentian. Tarif untuk taksi adalah 1.5 USD + 0.20 USD per 1 km. Di Kyiv, Kharkiv, Dnepropetrovsk bisa menggunakan kereta bawah tanah, dengan membayar tiket di pintu masuk sebesar 0.40 USD (tanpa batasan waktu dan tujuan!). Di musim panas juga nyaman menggunakan Dnieper atau transportasi air  di sepanjang pinggiran Laut Hitam.

Jika sahabat Meddy ingin mengelilingi kota, harus mempunyai Kartu Tanda Perjalanan pelajar untuk moda Transportasi Negara (Kereta Bawah Tanah (tabung), bis listrik dan trem). Biasanya, ini diterbitkan oleh Universitas dan berkisar antara 8 sampai 10 USD per bulan. Para pelajar yang penasaran dengan Ukraina, bisa nih mengelilingi Ukraina, dan biasanya para pelajar yang ingin mengelilingi Ukraina diberikan 50% potongan harga dari harga normal tiket-tiket Kereta, Bis, dan sebagainya.

Untuk para pelajar yang ingin melakukan perjalanan Internasional, bisa menggunakan Kartu Pelajar Internasional yang sudah diterbitkan. Biasanya penerbitan kartu pelajar tepat setelah pelajar diakui oleh Universitas. Pelajar dengan Kartu Pelajar Internasional diberikan kelonggaran 30% dari harga normal tiket perjalanan udara.

6. Makanan

Harga pangan di supermarket lebih rendah daripada di Indonesia, antara lain:

  1. Botol atau karton susu (1 liter): 12,000 IDR (27 UAH)
  2. Keju kuning populer (1 kg): 96,000 IDR (203 UAH)
  3. Sebotol bir dari merek terkenal: 16,000 IDR (34 UAH)
  4. Sebuah sosis atau dingin pemotongan (1 kg): 147,000 IDR (309 UAH)
  5. Sebuah mid-range anggur (satu botol): 47,000 IDR (100 UAH)

Untuk sarapan, makan siang dan makan malam untuk biayanya:

  1. Makan cepat saji khas kisaran 57,000 IDR (120 UAH).
  2. Mc Meal di McDonald atau Burger King (atau makanan kombo serupa), kisaran 17,000 IDR (36 UAH) untuk burger keju.
  3. Untuk sahabat Meddy pecinta kopi. Cappuccino kopi di Ukraina kurang lebihnya sekitar 15,000 IDR (33 UAH) dan espresso 11,000 IDR (23 UAH).

Baca juga: Universitas Ukraina Terbaik dengan Biaya Kuliah Rendah

Mediamaz Scholar

Apakah Meddy Bisa Bantu Kamu?

Apabila sahabat Meddy membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sahabat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti kursus bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top