Modal Biaya yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar Beaisswa

Biaya Kuliah Luar Negeri Mahal! Lakukan 4 Life Hack Ini Untuk Stay di Luar Negeri

Banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Hal itu dikarenakan banyak manfaat positif yang diperoleh oleh banyak orang bila ingin studi ke luar negeri. Namun, yang terkadang menjadi permasalahan ialah mengenai biaya. Maka dari itu, sebagian orang juga mencari beasiswa luar negeri. lalu  Modal biaya apa saja yang haru dipersiapkan? Berikut informasi lengkapnya.

Persiapkan Ini Untuk Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa luar negeri merupakan beasiswa impian untuk yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah di luar negeri. Tapi dalam memperjuangkan beasiswa kuliah luar negeri, 

Untuk bisa diterima di universitas idaman dan bisa menjalani kehidupan kampus hingga akhir kuliah, kamu harus mempersiapkan beberapa hal berikut. 

1. Memiliki Kemampuan Mengurus Diri Sendiri

Langkah awal mempersiapkan diri kuliah di luar negeri merupakan belajar mandiri. Kamu harus bisa mengurus diri sendiri selama jauh dari rumah dan orang tua. Belajar bahasa asing sesuai dengan tujuan kuliah, belajar adaptasi di lingkungan baru dan fleksibel terhadap perubahan-perubahan mendadak.

2. Menyiapkan Biaya

Biaya kuliah merupakan perencanaan penting bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri. Kamu tentu mengetahui bahwa kuliah jarak jauh membutuhkan biaya yang tidak murah. Meskipun kamu sudah yakin akan diterima pada beasiswa tersebut, menyiapkan biaya itu dapat menghindari kamu dari:

  • Keadaan yang tidak menentu kuliah di luar negeri

  • Kendala biaya yang dijanjikan oleh penyelenggara

  • Situasi mendesak dalam hidup di luar negeri

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu menyiapkan biaya hidup selama kuliah. Ada baiknya kamu menyiapkan dana ini sejak beberapa tahun sebelum mendaftar kuliah atau bisa juga bekerja part time di negara tempat kamu tinggal.

3. Menguasai Bahasa Asing

Keterampilan lainnya yang perlu kamu persiapkan untuk bisa kuliah di luar negeri adalah menguasai bahasa negara yang kamu tuju. Menguasai bahasa asing merupakan syarat mahasiswa bisa lolos masuk kuliah di universitas luar negeri. Apa saja manfaat manfaat kamu menguasai Bahasa Asing?

  • Melatih kecerdasan komunikasi

  • Memperluas relasi pertemanan

  • Bisa berkembang lebih baik

  • Meningkatkan kinerja otak

Baca juga: 14 Bahasa Negara yang Digunakan Sebagai Bahasa Internasional 

4. Memiliki Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan termasuk wajib bagi pelajar yang ingin kuliah di luar negeri khususnya di Amerika, Australia maupun Inggris. Kamu bisa mengikuti asuransi kesehatan yang direkomendasikan oleh universitas atau jika memiliki asuransi sendiri, kamu bisa menggunakan asuransi tersebut di luar negeri tanpa membeli asuransi lainnya. 

beasiswa-luar-negeri
by Pixabay

6 Jenis Modal Biaya yang Perlu Disiapkan 

Jika kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, ada beberapa jenis biaya yang harus dipersiapkan dari jauh – jauh hari, guys. Sehingga ketika pendaftaran beasiswa yang kamu inginkan sudah dibuka kamu sudah tidak perlu memikirkan perihal biaya. Berikut 6 jenis biaya yang perlu disiapkan:

1. Biaya untuk Application Fee

Biaya application fee beragam tiap negara dan ada juga yang kasih secara cuma – cuma loh alias gratis! Application fee pada umumnya berkisar Rp.500 – 5 juta, beberapa contoh negara yang memerlukan application fee seperti China, Jepang, Irlandia, New Zealand, Belanda, Kanada, AS, Swedia, dan lain sebagainya.

2. Biaya Tes Bahasa

Untuk biaya tes bahasa memang terbilang mahal untuk setiap kategori tes yang berbeda – beda seperti TOEFL, IELTS, TOEIC dan lain sebagainya.

Tes TOEFL atau IELTS iBT berkisar Rp.2,9 – 3 juta per sekali tes. Jadi kamu harus benar – benar jeli dalam memilih lembaga untuk tes dan persiapkan dengan matang ya sebelum tes!

3. Tuition Fee

Tuition Fee atau biaya kuliah sangat penting untuk diperhitungkan. Beruntung apabila mendapatkan beasiswa fully funded atau partially funded karena memberikan keringanan. Jadi, kamu harus rajin – rajin ya melihat informasi tentang biaya kuliah di setiap negara.

4. Living Cost

Living cost atau biaya hidup sehari-hari tentunya berbeda tiap negara. Bahkan dalam tiap negara juga memiliki perbedaan biaya hidup antar kotanya. Bisa dilihat contoh nyata di negara kita, seperti Jakarta, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan kota lainnya pasti memiliki biaya hidup yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Belajar TOEL dan IELTS Secara Mandiri 

Tips mengatur keuangan saat kuliah di luar negeri

Setelah kamu mengetahui mengenai 6 jenis biaya yang harus kamu persiapkan, kami punya tips nih untuk mengatur keuangan saat berada di luar negeri. Berikut tipsnya:

  1. Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

  2. Perhatikan gaya hidup lokal

  3. Bekerja sambil kuliah

  4. Membuat anggaran mingguan

kota-pelajar-di-swiss
By Pixabay

Dokumen yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di luar negeri

Berikut adalah dokumen-dokumen penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa luar negeri atau universitas tujuan kamu.

  1. Sertifikat kemampuan bahasa asing

  2. Surat Referensi atau rekomendasi

  3. Esai atau Surat Motivasi

  4. Letter of Acceptance (LoA)

  5. Proposal Riset

  6. Paspor dan Visa

  7. Curriculum Vitae 

Nah, itulah informasi singkat mengenai 6 jenis modal biaya yang perlu kamu persiapkan sebelum kuliah di luar negeri. Sehingga kamu dapat mempersiapkan dari jauh-jauh hari.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Kalau kamu masih bingung perihal persiapan pendaftaran beasiswa, kamu bisa berkonsultasi dengan kami. Untuk masalah dokumen, hingga pengecekan skor TOEFL/IELTS kami adalah solusinya! Oleh karena itu, tunggu apalagi langsung hubungi kami di sini. Kami juga menyediakan informasi lengkap seputar beasiswa luar negeri lainnya, follow instagram Mediamaz Scholar ya.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top