eropa negara dan wilayah

Rekomendasi 3 Negara Eropa dengan Biaya Kuliah dan Hidup Murah

Menjalani sebuah pendidikan pada perguruan tinggi di luar negeri memang merupakan sebuah impian bagi setiap orang. Alasannya simple, karena banyak perguruan tinggi di berbagai negara khususnya di Eropa yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan di Indonesia. Selain itu, banyak keunggulan-keunggulan menarik yang  bikin banyak orang sangat berminat untuk kuliah di luar negeri, di antaranya seperti dalam hal perkembangan teknologi, infrastruktur, fasilitas pendidikan, dan lain-lain. Berikut adalah 3 negara terkenal di Eropa yang menawarkan biaya  kuliah termurah yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy. Yuk, disimak!

Kenapa Kuliah di Eropa

Berikut ini beberapa alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan negara-negara di Eropa sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Eropa memiliki berbagai universitas dengan sistem pendidikan yang telah diakui didunia internasional.
  2. Memiliki berbagai jurusan dan universitas yang pastinya menarik perhatian para pelajar internasional.
  3. Tersedia berbagai beasiswa bagi siswa internasional yang bisa sobat Meddy pilih.
  4. Setelah lulus kuliah, kesempatan mahasiswa internasional untuk mencari pekerjaan di Eropa menjadi lebih mudah karena terdapat visa studi yang diberikan beberapa negara di Eropa. Visa ini memperbolehkan mahasiswa internasional untuk menetap di Eropa setidaknya 6 bulan setelah kelulusan.
  5. Benua Eropa dikenal sebagai tempat yang kaya sejarah. Terdapat banyak museum, makanan, dan produk budaya lain yang bisa sobat Meddy nikmati. Selain itu, jarak antar negara di Eropaberdekatan. Dengan bekal beberapa Euro untuk tiket kereta saja sobat Meddy sudah bisa mengunjungi beberapa kota bahkan negara sambil belajar di sana.

Rekomendasi 3 Negara Eropa dengan Biaya Hidup dan Kuliah Murah

Berikut ini merupakan tiga negara di Eropa yang memiliki biaya hidup dan biaya kuliah murah.

1. Jerman

Jerman memang dikenal sebagai salah satu negara Eropa yang memiliki kualitas pendidikan dan perguruan tinggi terbaik di dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari murahnya biaya pendidikan di sana bahkan ada yang gratis seperti beasiswa. Murahnya biaya pendidikan di salah satu negara Eropa atau Jerman ini di latar belakangi oleh filosofi yang mereka yakini, yaitu pendidikan harus terjangkau dan mudah diakses. Diketahui, pemerintah Jerman menawarkan para mahasiswanya biaya pendidikan hanya sekitar 7 – 8,5 juta rupiah per tahun. Biaya tersebut tidak hanya di peruntukan bagi para mahasiswa lokal namun juga untuk mahasiswa internasional. Selain itu, terdapat beberapa universitas di sana yang menawarkan biaya kuliah secara gratis khusus terhadap para mahasiswa S1 atau undergraduate. Biaya hidup di Jerman per bulan bagi mahasiswa tak begitu mahal. Biaya hidup disana berkisar 500 – 1.000 Euro atau Rp7,5 – 15 juta per bulannya. 

Sobat Meddy dapat menghubungi tim marketing kami di sini.

2. Spanyol

Sistem pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan kesempatan belajar secara maksimal bagi para peserta didik dari berbagai tingkatan. Hal ini membuat negara ini banyak diminati oleh pelajar internasional. Selain memiliki destinasi yang indah, iklim mediterania, dan budaya lokal yang sangat menarik, Spanyol juga memberikan biaya pendidikan yang tergolong murah apabila dibandingkan dengan negara berkembang lainnya di Eropa. Bagi para pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Eropa untuk berbagai bidang di Spanyol, hanya cukup mengeluarkan biaya sekitar sekitar 700 hingga 1,500 USD (10 hingga 22 juta rupiah) per tahun. Walaupun biaya tersebut dibebankan pada per kredit pasar dan bisa meningkat ketika pada tahap pascasarjana, namun dengan biaya tersebut para pelajar internasional sudah bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti tunjangan fasilitas, akomodasi, asuransi kesehatan dan lain-lainnya.

3. Belanda

Tidak kalah dengan negara-negara lainnya, Belanda juga merupakan negara terkenal di Eropa yang memiliki kualitas pendidikan kelas dunia. Biaya yang dibutuhkan juga tidak semahal dan cenderung murah seperti negara-negara Eropa yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa mengeluarkan sekitar 1900 hingga EUR 15.000 atau 33 hingga 264 juta setiap tahunnya. Tergantung pada universitas dan program studi yang diambil. Biaya tersebut dinilai masih tergolong rendah apabila dibandingkan dengan negara terkenal lainnya seperti Amerika Serikat, China, Singapura, Uni Emirat Arab dan masih banyak lagi.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai 3 negara Eropa yang memiliki biaya kuliah termurah yang bisa jadi pertimbangan sobat Meddy. Semoga setelah membaca artikel diatas, sobat Meddy menjadi lebih termotivasi untuk kuliah di luar negeri ya. Untuk melengkapi kebutuhan dokumen seperti terjemahan dokumen, kalian bisa menggunakan layanan jasa terjemah kami. Mediamaz Scholar juga memiliki layanan konsultasi persiapan studi ke luar negeri secara gratis lohh! Dan banyak layanan lainnya yang dapat mempermudah kamu mencapai cita-cita kuliah di luar negeri, langsung saja hubungi kami di sini. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. 

Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi sobat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top