Rekomendasi Beasiswa Malaysia

Pejuang Beasiswa Jangan Lewatkan, 3 Beasiswa untuk Kuliah di Malaysia!

Negeri Jiran menjadi salah satu destinasi favorit pelajar internasional karena memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dan telah diakui secara internasional. Pada tahun 2019, sebanyak 11.000 pelajar Indonesia yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia baik yang menggunakan beasiswa maupun biaya pribadi. Berdasarkan QS World University Rankings 2022, terdapat empat universitas Malaysia yang masuk ke dalam peringkat 150 universitas terbaik di dunia. Universitas tersebut antara lain Universiti Malaya, Universiti Putra Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia. Berikut ini 3 rekomendasi beasiswa kuliah di Malaysia.

Rekomendasi Beasiswa kuliah di Malaysia 2022

Berikut ini 3 rekomendasi beasiswa untuk sobat Meddy yang tertarik kuliah di Malaysia:

1. Malaysia International Scholarship (MIS), Rekomendasi Beasiswa S2

Deadline: 16 Juni 2022

Pemerintah Malaysia menyediakan MIS (Malaysia International Scholarship) bagi para mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan pascasarjana di Malaysia. Adapun yang menjadi cakupan biaya dari beasiswa MIS antara lain biaya kuliah serta biaya hidup bulanan sejumlah RM 1.500 per bulan. Pelamar yang lolos MIS diharapkan untuk secara mandiri mengatur perjalanan mereka ke Malaysia. Semua pelamar juga sangat disarankan untuk memeriksa biaya hidup di Malaysia. Malaysia International Scholarship dapat dipakai untuk beberapa jurusan berikut ini:

  • Science and Engineering
  • Agriculture and Fisheries
  • Economics and Islamic Finance
  • Information and Communication Technology
  • Biotechnology
  • Biosecurity and Food Safety
  • Infrastructure and Utility
  • Environmental Studies
  • Health (tidak termasuk jurusan keperawatan, farmasi, dan farmasi klinis)

A. Syarat Pendaftaran Rekomendasi Beasiswa S2

Sebelum mendaftarkan diri, pastikan sobat Meddy memenuhi persyaratan berikut:

  1. Memiliki usia tidak lebih dari 40 tahun untuk program Master dan 45 tahun untuk program PhD.
  2. Pelamar program Magister harus memperoleh nilai CGPA minimal 3,5 di tingkat Sarjana.
  3. Pelamar program PhD harus memiliki nilai CGPA minimal 3,5 atau hasil yang sangat baik di tingkat Master pada bidang studi tujuan.
  4. Membuat proposal tertulis yang relevan dengan bidang studi dengan minimal 1.000 kata.
  5. Scan sertifikat keahlian bahasa Inggris (IELTS minimal 6,5 atau TOEFL IBT minimal 92). Pelamar juga bisa memberikan bukti perolehan gelar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar studi.

B. Ketentuan Rekomendasi Beasiswa

Penerima beasiswa juga harus memenuhi syarat dan ketentuan seperti sebagai berikut:

  1. Harus menjalani studi di universitas swasta atau negeri yang masuk ke dalam daftar pilihan universitas.
  2. Tidak boleh mengganti jurusan selama menerima beasiswa kecuali dengan izin tertulis dari universitas dan Kementerian Pendidikan Tinggi.
  3. Harus mematuhi kebijakan program yang disetujui dan mematuhi peraturan, regulasi, serta kode etik universitas.
  4. Setiap penangguhan dari universitas akan mengakibatkan tunjangan hidup bulanan tidak dibayarkan.
  5. Pembuatan visa ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa. Informasi visa Malaysia bisa diakses di Visa Education Malaysia.
  6. Harus bisa mempertahankan prestasi yang baik sebagaimana ditentukan oleh universitas yang menjadi tempat studi atau beasiswa akan ditarik.
  7. Penelitian harus dilakukan di Malaysia.
  8. Tidak boleh boleh mengambil pekerjaan yang dibayar selama menjadi penerima beasiswa kecuali dengan persetujuan tertulis dari universitas tempat studi.

C. Daftar Universitas

Berikut merupakan beberapa kampus yang dapat sobat Meddy pilih:

  1. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)
  2. Universiti Sains Malaysia (USM)
  3. Universiti Putra Malaysia (UPM)
  4. Universiti Malaya (UM)
  5. Universiti Teknologi Mara (UiTM)
  6. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM/IIUM)
  7. Universiti Utara Malaysia (UUM)
  8. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
  9. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)
  10. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTEM)
  11. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)
  12. Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI)
  13. Universiti Malaysia Terengganu (UMT)
  14. Universiti Malaysia Sabah (UMS)
  15. Universiti Malaysia Pahang (UMP)
  16. Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS)
  17. Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP)
  18. Universiti Sultan Zainal Abidin (UNISZA)
  19. Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM)
  20. Universiti Malaysia Kelantan (UMK)
  21. Universiti Teknologi Petronas (UTP)
  22. Universiti Tenaga Nasional (UNITEN)
  23. Multimedia University (MMU)

D. Alur Pendaftaran Beasiswa

Cara mendaftar:

  • Pengajuan aplikasi dilakukan secara online.
  • Kunjungi situs web resmi untuk beasiswa MIS disini.

2. APU International Students Scholarships & Merit Awards 2022

Deadline: 30 Juni 2022

APU Scholarships & Merit Awards diberikan untuk siswa internasional berdasarkan siapa yang datang lebih dulu. Beasiswa ini berlaku untuk semua negara. Beasiswa Malaysia yang satu ini merupakan upaya berkelanjutan dari pemerintah Malaysia guna memberikan peluang yang lebih baik bagi para siswa internasional untuk mengejar pendidikan tinggi di Asia Pacific University. Pelamar dengan keunggulan di bidang olahraga seperti berpartisipasi di acara olahraga internasional (Olimpiade, SEA Games, Youth Olympics, Asian Games, Piala Dunia, dan Commonwealth Games) dapat dipertimbangkan untuk Merit Awards. Merit Awards sendiri hanya memberikan potongan harga. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai potongan harga yang diberikan, sobat Meddy dapat melihat langsung di website APU Scholarships & Merit Awards.

A. Universitas Teknologi dan Inovasi Asia Pasifik 

Kampus ini didirikan pada tahun 1993. Saat ini universitas yang satu ini berada di peringkat ke-36 di Malaysia. Kenapa harus belajar di Universitas Teknologi dan Inovasi Asia Pasifik? APU merupakan salah satu universitas swasta yang utama di Malaysia dan memberikan pendidikan unik yang merupakan gabungan dari teknologi, inovasi, serta kreativitas yang bekerja secara efektif untuk mengubah siswa menjadi profesional yang kompeten, dapat dipekerjakan, dan tahan terhadap perubahan di masa depan.

B. Persyaratan

  • Semua siswa internasional memenuhi syarat untuk mendaftar.
  • Mata pelajaran: Siswa dapat mengikuti program studi sarjana atau pascasarjana yang ditawarkan di APU.

C. Keuntungan

Pelamar yang akan dipilih untuk penghargaan beasiswa akan diberikan diskon 10% hingga 30% untuk biaya kuliah program yang diterapkan di APU.

D. Ketentuan

  1. Semua penghargaan berdasarkan first come first serve dan sobat Meddy dapat mengamankannya dengan membayar biaya aplikasi pemrosesan sebesar RM 2400 (USD 600).
  2. Semua pelamar harus memenuhi persyaratan masuk minimum serta mempertahankan CGPA 3.0. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan akademik tersebut akan mengakibatkan beasiswa dihentikan atau ditangguhkan.
  3. Semua penghargaan yang ditawarkan oleh APU / APIIT kepada setiap siswa adalah kebijaksanaan mutlak dari Komite Beasiswa & Merit Awards.
  4. Penghargaan terbatas pada biaya kursus atau biaya kuliah saja.  
  5. Semua aplikasi penghargaan harus memenuhi persyaratan masuk akademik penghargaan. Universitas berhak untuk memutuskan jumlah penghargaan yang akan diberikan untuk setiap program.
  6. Pemegang penghargaan harus mempraktikkan perilaku keteladanan dan membaca, memahami dan mematuhi semua peraturan, peraturan dan persyaratan sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan Regulasi dan Kode Etik Profesional APU/APIIT.
  7. Pemegang penghargaan harus hadir secara teratur, tekun, dan tanpa gagal mengikuti semua kelas, kuliah, tutorial dan pelajaran yang diperlukan oleh kursus atau program studi.
  8. Memenuhi semua persyaratan yang berkaitan dengan penyelesaian tugas, proyek, dan ujian sebagaimana disyaratkan oleh program studi.
  9. Semua penghargaan hanya berlaku untuk studi di APU/APIIT di Malaysia dan tidak berlaku untuk studi di universitas mitra luar negeri.
  10. Penghargaan tidak dapat dipindahtangankan atau ditukar dengan uang tunai baik sebagian maupun seluruhnya.

E. Cara Mendaftar

  • Kandidat dapat memulai proses aplikasi penerimaan mereka di situs web universitas. Formulir aplikasi beasiswa dan penghargaan terpisah harus diserahkan.
  • Para siswa diharuskan untuk menunjukkan dokumen-dokumen berikut kepada universitas seperti salinan resmi kualifikasi akademik, 4 foto ukuran paspor, salinan semua halaman paspor termasuk halaman kosong, sertifikat akademik, formulir pernyataan kesehatan yang ditandatangani oleh siswa, dan visa pelajar
  • Persyaratan penerimaan: Pelamar harus memiliki kualifikasi gelar sarjana atau master yang relevan dengan IPK 3.0.
  • Persyaratan bahasa: Siswa harus menyerahkan skor tes kemahiran bahasa Inggris sebagai berikut IELTS 6.0, TOEFL IBT 60 hingga 78, Pearson (PTE) 50, maupun MUET Band 4.

3. Albukhary International University Scholarship, Rekomendasi Beasiswa Kampus Swasta

Deadline: 31 Juli 2022

Rekomendasi beasiswa untuk kuliah di Malaysia selanjutnya yaitu dari Universitas Internasional AlBukhary. Didirikan pada tahun 2010, Universitas Internasional AlBukhary merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang terletak di kota Alor Setar, Kedah. Universitas Antarabangsa AlBukhary (AiU) menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi di beberapa bidang studi. Untuk informasi lebih lanjut, sobat Meddy dapat melihat langsung ke website resmi beasiswa Albukhary International University.

A. Cakupan Biaya

Beasiswa Universitas Internasional Albukhary mencakup biaya berikut ini:

  • Biaya Pendidikan
  • Akomodasi
  • Tunjangan makan

Catatan: Beasiswa ini tidak mencakup tiket penerbangan dan proses visa.

B. Persyaratan Beasiswa

Pelamar harus memenuhi semua persyaratan berikut:

  • Menerima aplikasi dari seluruh dunia.
  • Harus warga negara internasional atau warga negara Malaysia.
  • Usia antara 18 dan 22 tahun.
  • Status perkawinan tunggal.
  • Pendapatan rumah tangga di bawah USD 300 untuk pelamar internasional dan MYR 2.400 (Sabah dan Sarawak), MYR 5.300( W.P Kuala Lumpur, W.P Putrajaya & W.P Labuan) atau MYR 2.900 (Perlis, Kedah, Pulau Pinang, Perak, Kelantan, Terengganu, Johor, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang).

C. Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Salinan paspor 
  • Sertifikat akademik
  • Transkrip
  • Testimoni (Jika ada)
  • Surat beasiswa (hanya jika Anda disponsori oleh pihak lain)
  • Identitas ayah atau sertifikat kematian
  • Identitas ibu atau akta kematian
  • Slip penghasilan ayah (bukti formulir pernyataan penghasilan)
  • Slip penghasilan ibu (bukti formulir pernyataan penghasilan)
  • Tagihan utilitas (tagihan listrik atau air)
  • Surat verifikasi oleh salah satu wali
  • Tiga foto rumah keluarga (pemandangan dari luar, ruang tamu, dan dapur )
  • Pernyataan pribadi yang ditulis dalam bahasa Inggris dan ditulis sesuai dengan format: mengapa Albukhary Foundation harus mensponsori Anda? (150 kata), bagaimana beasiswa akan berdampak pada masa depan Anda? (150 kata), apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang cocok? (150 kata).

D. Cara Mendaftar

  1. Mendaftar untuk masuk ke program gelar sarjana di kampus ini. Kemudian, pelamar akan diminta ke sesi wawancara.
  2. Status sosial ekonomi menyumbang 40% dari skor, diikuti oleh keterampilan komunikasi (20%), kepribadian (20%), dan sikap (20%).
  3. Pelamar akan dipanggil untuk sesi wawancara dan aspek-aspek yang disebutkan di atas akan dinilai secara menyeluruh selama sesi wawancara.

Baca juga: 5 Kampus Terbaik untuk Kuliah di Malaysia, yang mana Favoritmu?

Mediamaz Scholar

Apakah sobat Meddy butuh bantuan?

Setelah membaca artikel mengenai berbagai beasiswa di Malaysia, kira-kira sobat Meddy tertarik tidak untuk melanjutkan studi di Malaysia? Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top