Peluang Buat Kamu Bisa Masuk “UI” Pakai Jalur Ini Loh!

Sobat Meddy, Universitas Indonesia atau yang sering kita sebut sebagai UI merupakan Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia. Sebagai universitas yang memakai nama negara dan diklaim sebagai Universitas terkemuka, maka bisa berkuliah di UI tentu sangat membanggakan dan diperlukan usaha yang extra untuk bisa masuk UI ini loh, pasti Sobat Meddy ada yang sudah pernah mencoba berbagai jenis seleksi untuk bisa masuk UI kan? Tapi, apakah kamu sudah mencoba jalur masuk UI Depok yang ini, simak informasinya!

Dilansir dari laman resmi UI, kampus ini mengklaim bahwa Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Hal ini juga yang membuat Universitas Indonesia secara simultan berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Saat ini UI juga digadang sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan, layaknya universitas-universitas terkemuka di dunia. 

simak-ui

Menelisik Lebih Jauh Tentang “SIMAK UI”, Jalur Lain Masuk UI Depok Buat Kamu!

Tidak hanya itu, Universitas Indonesia merupakan PTN  yang menjadi favorit dan sudah pasti berada pada jajaran Top PTN terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia  ini berlokasi di Depok ini sudah banyak dikenal baik di kalangan siswa-siswi SLTA/Sederajat, para mahasiswa/I, sampai universitas di mancanegara loh. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya universitas yang terkemuka sebagai partner yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia, diantaranya adalah Monash University (Australia), University of Duisburg-Essen (Jerman), dan juga University of Amsterdam (Belanda) tentu masih banyak universitas ternama dunia lainnya. Jadi, wajar saja kalau UI menjadi favorit dan kampus impian bagi siapapun.

A. Mari kenali Apa Itu SIMAK UI?

Berikut informasi menarik mengenai apa itu SIMAK UI:

  1. SIMAK UI merupakan jalur seleksi masuk UI Depok yang terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI sendiri. Dan apabila kamu lolos SIMAK UI ini maka kamu harus membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.
  2. SIMAK UI diselenggarakan UI bagi Sobat Meddy yang ingin kuliah di UI Depok dengan Program pendidikan yang dibuka pada SIMAK UI mulai dari Program Vokasi (D3 dan D4), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda.
  3. SIMAK UI juga tidak hanya diperuntukkan bagi kamu yang berijazah regular, namun juga bisa Bagi siswa/i yang berasal SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat yang memiliki ijazah Paket C atau mendapatkan sertifikasi A Level, IB Diploma atau sudah mendapatkan surat penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional dapat mengikuti SIMAK UI tanpa harus mengikuti UN (Ujian Nasional).

B. Kapan SIMAK UI Akan Dibuka?

Berikut Meddy sajikan jadwal terlengkap SIMAK UI yang akan segera dibuka, persiapkan diri kamu ya! Dan sebagai catatan Jika ada perbedaan tanggal dengan website LTMPT, maka yang berlaku adalah yang tertera di website LTMPT. 

  1. VOKASI (D3 & D4) 24 Mei – 27 Juni 2022
  2. S1 REGULER 24 Mei – 27 Juni 2022
  3. S1 PARALEL 24 Mei – 27 Juni 2022
  4. S1 KELAS INTERNASIONAL 24 Mei – 27 Juni 2022
  5. S1 EKSTENSI/PARALEL LULUSAN D3 12 Mei – 13 Juni 2022
  6. PROFESI SIMAK Gasal Gel.2 12 Mei – 13 Juni 2022
  7. ROFESI SIMAK Genap 27 September – 28 Oktober
  8. MAGISTER SIMAK Gasal Gel.2 12 Mei – 13 Juni 2022
  9. MAGISTER SIMAK Genap 27 September – 28 Oktober
  10. DOKTOR SIMAK Gasal Gel.2 12 Mei – 13 Juni 2022
  11. DOKTOR SIMAK Genap 27 September – 28 Oktober
  12. SPESIALIS SIMAK Gasal Gel.2 12 Mei – 13 Juni 2022
  13. SPESIALIS SIMAK Genap 27 September – 28 Oktober

C. Bagaimana Cara Mendaftar UI Depok menggunakan SIMAK UI?

Sobat Meddy, Proses pendaftaran Universitas Indonesia terdiri dari beberapatahapbeberapa tahap yaitu:

  1.  Membuat account di situs penerimaan UI
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm
  3. Membuat pendaftaran dengan login menggunakan username dan password kamu, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran, dan pastikan kamu telah mengecek bahwa isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi kamu telah terisi dengan data yang benar serta telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.
  5. Verifikasi dilakukan untuk memastikan kamu meng-upload berkas persyaratan pendaftaran
  6. Khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional diinstruksikan untuk membayar biaya pendaftaran setelah menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas.
  7. Mendownload kartu ujian masuk
  8.  Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan   
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Sobat Meddy dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman

Mediamaz Scholar

Demikian informasi yang dapat Meddy sajikan dalam artikel kali ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi SIMAK UI Tahun 2022 tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk mewujudkan mimpi Sobat Meddy berkuliah di Universitas Indonesia yaa! Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa klik website resmi Universitas Indonesia. 

Baca juga: Meraih Mimpi dengan Beasiswa Indonesia Maju, Begini Caranya!

Apa yang bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy. Tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Media Scholar. Terima kasih ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top