Tes IELTS

Permudah Kuliah ke Luar Negeri, IDP Education Indonesia Adakan Tes IELTS dengan Komputer

Banyak orang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, namun masih bingung mengenai berbagai persiapan yang dibutuhkan. Setiap universitas memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai syarat masuk. Setelah menemukan jurusan serta universitas yang tepat, salah satu syarat masuk yang paling banyak ditemui yaitu adanya sertifikat kemampuan bahasa asing seperti TOEFL atau IELTS. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa asing tidak hanya mempermudah kita saat mendaftar di universitas luar negeri tetapi juga mempermudah proses pengajuan visa serta memperluas kemungkinan kamu dapat bekerja di dunia internasional. Saat ini terdapat banyak bahasa asing, namun bahasa Inggris masih menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di berbagai negara. 

Bahasa Inggris Sebagai Syarat Masuk Universitas Luar Negeri

Salah satu syarat dalam mendaftar kuliah ke luar negeri yaitu memiliki sertifikat bahasa asing. Sertifikat bahasa asing sendiri akan didapat melalui ujian atau tes. Biasanya beberapa universitas mewajibkan para calon pelamar memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Namun, nilai minimal ini bisa berbeda antar jurusan. Meski sekilas mirip, namun IELTS dan TOEFL merupakan dua hal yang berbeda.

Selain sebagai syarat masuk universitas, mengikuti tes TOEFL dan IELTS memberikan berbagai manfaat. Salah satu manfaat yang didapat dengan mengikuti tes bahasa Inggris yaitu memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat saat berada di luar negeri. Bagi kalian yang tertarik mendaftar beasiswa ke luar negeri, tes TOEFL dan IELTS memegang peran penting karena berbagai jenis beasiswa mengharuskan para pelamarnya untuk memiliki sertifikat IELTS maupun TOEFL dengan nilai minimum tertentu.

IELTS dan TOEFL, Mana yang Terbaik?

Bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah di universitas yang menggunakan british english, maka IELTS menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kampus yang kamu incar menggunakan American English maka tes TOEFL adalah pilihan yang tepat. Perbedaan selanjutnya terletak pada pembagian jenis. Terdapat dua jenis TOEFL yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (internet Based Test). Sementara untuk IELTS dibagi menjadi dua yaitu Modul Akademik dan Modul Pelatihan Umum. 

Jika kamu membutuhkan ujian IELTS untuk keperluan melanjutkan studi, maka kamu harus mengambil Modul Akademik. Sementara Modul Pelatihan Umum diperuntukkan bagi kebutuhan non-akademik seperti untuk magang atau keperluan migrasi. Maka dari itu, sebelum memilih tes bahasa yang tepat, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu website resmi universitas dan melakukan research mengenai jurusan yang kamu incar.

Mulai dari Tes Bahasa Hingga Akomodasi, Kuliah di Luar Negeri Bukan Hanya Mimpi

Ada beberapa persiapan yang perlu kamu ketahui sebelum melaksanakan tes IELTS. Pertama, ketahui terlebih dahulu format tes. Untuk dapat mengetahui format tes IELTS, kamu dapat berlatih menggunakan contoh soal secara gratis. Kedua, latihan membaca berbagai isu menggunakan bahasa Inggris. Ketiga, carilah teman untuk berlatih speaking. Keempat, perbanyak kosa kata kamu setiap harinya lalu mulailah berlatih menulis dalam bahasa Inggris. Terakhir, jangan lupa melatih kemampuan listening kamu ya.

Setelah berhasil mengerjakan tes IELTS dengan baik, masih ada banyak hal yang harus kamu lakukan. Banyaknya persiapan yang dibutuhkan terkadang membuat para siswa hampir menyerah. Sebagai lembaga terdepan dunia dalam bidang layanan pendidikan internasional, tersedia berbagai layanan yang akan mempermudah kamu dalam mempersiapkan kuliah ke luar negeri. 

Beberapa layanan yang akan kamu dapatkan dari platform ini, diantaranya:

  1. Konsultasi gratis mengenai informasi kuliah di luar negeri.
  2. Adanya pameran virtual mengenai study abroad.
  3. Dukungan penuh setiap langkah perjalanan, mulai dari konsultasi kuliah di luar negeri hingga kelulusan.
  4. Memiliki kemitraan dengan lebih dari 700 universitas, sekolah, serta akademi di Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menemukan jurusan hingga berkarir internasional.
  5. Memberikan bantuan pengurusan visa pelajar.
  6. Menyediakan bantuan mulai dari akomodasi hingga pembukaan rekening bank.

Keuntungan Tes IELTS Menggunakan Komputer

Munculnya covid-19 menyebabkan kita semua harus menjaga jarak. Sebagai salah satu organisasi pengelola IELTS, diluncurkannya tes IELTS menggunakan komputer diharapkan dapat memudahkan para peserta menjawab soal sekaligus menjaga protokol kesehatan. Sebelumnya tes IELTS menggunakan paper based.

Berikut ini beberapa keuntungan memilih tes IELTS menggunakan komputer:

  1. Membaca menjadi jauh lebih mudah karena dapat memperbesar ukuran font teks.
  2. Mengetik dinilai lebih mudah dibanding harus menulis dengan tangan.
  3. Editing tulisan menjadi jauh lebih mudah karena tidak membutuhkan penghapus secara manual.
  4. Saat mengikuti tes IELTS menggunakan komputer, peserta akan lebih sedikit sehingga membuat kamu lebih berkonsentrasi pada ujian.
  5. Memiliki lebih banyak tanggal tes untuk dipilih, kamu juga bisa memilih weekend.
  6. Hasil tes dapat diterima lebih cepat. Hasil berbasis komputer akan siap hanya dalam 3 sampai 5 hari kerja.

Baca juga: Kuliah Gratis Di Eropa? Ini Beasiswa Pemerintah Denmark dan Daftar Universitasnya!

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan keinginan banyak orang, terutama jika bisa berkuliah di luar negeri. Meski tidak mudah, namun bukan berarti hal tersebut mustahil dilakukan. Menemukan lembaga yang tepat akan mempermudah kamu dalam mencapai impianmu untuk kuliah di luar negeri. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top