Kuliah di Luar Negeri

5 Persiapan Kuliah di Luar Negeri yang Harus Kamu Ketahui, Coba Sekarang!

Siapa di antara kalian yang memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri? Atau bahkan sudah ada rencana dekat untuk mengemban pendidikan di sana? Meski tampak menarik dan menggiurkan, seperti yang kamu ketahui kuliah di luar negeri memang membutuhkan dana tak sedikit. Tetapi itu bukan jadi alasan kamu untuk tidak bisa kuliah di luar negeri loh. Kamu tetap bisa kuliah di luar negeri dan lulus dengan baik apabila memiliki alasan kuat dan melakukan persiapan yang matang. Berikut akan kami bahas mengenai 5 persiapan kuliah di luar negeri yang harus kamu ketahui.

Penting! Ini 4 Persiapan Kuliah Di Luar Negeri

Sobat Meddy, untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri mungkin sudah harus memperhatikan dan berpikir panjang tentang apa saja yang harus dipersiapakan untuk hal tersebut. Kuliah luar negeri bukan berati kamu membandingkan kualitas pendidikan Indonesia, namun ada nilai pengalaman dan keilmuan lebih disana. Kamu bisa menyimak artikel ini untuk menjadi bahan pertimbangan ketika kamu ingin lanjut pendidikan mu di luar negeri.

Baca juga: Sejumlah Biaya Untuk Mendaftar Beasiswa Luar Negeri 

1. Pilih Kampus dan Jurusan yang Akan Diambil

Kampus dan Jurusan yang akan kamu pilih adalah hal utama yang akan menjadi panjang dalam perjalanan studi kamu. Ketika kampus luar negeri menjadi pilihan kamu, pastikan kampus tersebut adalah terbaik dan sesuai dengan kriteria kampus impian kamu, serta manfaatkan peluang beasiswa luar negeri juga. Begitupun, dengan jurusan yang akan kamu ambil juga sesuai dengan minat dan bakat kemampuan kamu.

Kamu harus benar-benar paham alasan kenapa kamu memilih negara tersebut agar tidak tidak menyesal nantinya. Perbanyak cari tahu tentang negara tujuanmu mulai dari biaya hidup, makanannya, tempat-tempat penting sampai adat dan kebudayaannya. Setelah itu cari informasi kampus dengan teliti, pastikan universitas tujuan kamu memiliki sarana dan prasarana yang maksimal antara lain:

  • Kualitas Kampus

Kualitas kampus adalah hal penting yang harus kamu tahu sebelum kamu masuk kampus yang kamu pilih. Kamu bisa mengulik tentang prestasi kampus, akreditasi kampus, kegiatan kampus, budaya kampus dan bagaimana lingkungan kampus disana. Hal lain, termasuk quality branding kampus kamu dalam reaserch global. 

  • Informasi Jurusan/Program Studi

Nah, kedua adalah informasi jurusan. Kamu bisa mencari tahu bagaimana sifat atau karakteristik rumpun keilmuan dalam jurusan atau program studi yang kamu pilih. Kamu juga harus mengetahui bagiamana satuan kurikulum, pimpinan di jurusan, sistem dan lain sebagainya. Pokoknya, kamu harus googling atau mengulik bagaimana jurusan kamu disana.

  • Mata Kuliah

Selanjutnya adalah mata kuliah, kalau yang ini penting untuk kamu mempersiapkan lebih awal dalam proses belajar nanti. Saat kamu sudah tahu mata kuliah apa saja yang akan diambil, segera untuk mencari lebih banyak referensi yang menunjang proses perkuliahan kamu. Kuliah di Luar Negeri artinya kamu siap akan semua hal, termasuk soal akademis kamu.

  • Jenjang Pendidikan yang Tersedia

Keempat, yaitu persoalan jenjang pendidikan yang tersedia. Hal ini berati untuk memungkinkan bagaimana langkah selanjutnya pada kampus tersebut. Memungkinkan juga untuk menghitung peluang prestasi kamu lho. 

  • Lokasi Kampus

Nah, tidak kalah penting yaitu lokasi kampus. Lokasi kampus juga menentukan bagaimana kamu mengatur jarak tempat tinggal kamu, akses kemana saja dan lain sebagainya. Meddy menyarankan perhatikan lokasi kampus yang strategis.

  • Akomodasi Ke Kampus

Terakhir adalah akomadasi ke kampus, meskipun kamu adalah seorang penerima beasiswa luar negeri. Kamu harus tetap punya perencanaan, perhitungan bagaimana akases maupun akomodasi kamu ke kampus. Rencanakan dengan matang dan lakukan dengan konsisten.

Untuk jurusan, jangan sampai asal ambil jurusan hanya karena masuk universitas bagus ya, karena ini poin penting agar kamu dapat fokus dengan baik. Pastikan jurusan yang kamu pilih cocok dalam minat dan bakat kamu.

Kuliah-di-luar-negeri
By Pixabay

2. Menguasai Bahasa Asing

Menguasai bahasa yang digunakan di negara tujuan kamu dan Bahasa Inggris adalah hal yang penting. Setidaknya kemampuan berbahasa Inggris yang paling dasar untuk dapat berinteraksi di kehidupan sehari-hari. Biasakan dan persiapkan diri kamu untuk belajar bahasa Inggris dari sekarang. Dengan tujuannya agar kamu tidak sulit dalam berkomunikasi atau dalam proses belajar nanti.  

Bahasa Asing adalah bahasa yang tidak pernah digunakan di tanah air atau negara asal seseorang. Menurut Meddy bahasa asing yang mudah dipelajari dan juga bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Jadi, yuk kita mulai perbaiki dan kuasai Bahasa Inggris!

Baca juga: 14 Bahasa ini Digunakan Sebagai Bahasa Internasional

3. Hitung Rencana Pembiayaan Kuliah di Luar Negeri 

Biaya kuliah terkadang menjadi kendala, tetapi ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan demi kuliah di luar negeri, misalnya berburu beasiswa, mencari beasiswa parsial, program student loan, atau konsultasi dengan orang tua atau seseorang yang ahli untuk mencari alternatif lainnya. Intinya jika kamu bisa mendapatkan beasiswa bisa lebih menghemat biaya saat kuliah nanti.

Ini manfaat kamu menghitung rencana pembiayaan:

  • Melatih kemampuan berencana secara finansial

  • Menghinadari dari hal yang tidak terduga

  • Melatih kemandirian melalui perencanaan

  • Mengatur taktis pembiayaan lainnya

Selain itu tetap siapkan finansial jauh-jauh hari, setelah itu jangan lupa juga untuk menghitung biaya hidup secara detail, seperti biaya kuliah, tempat tinggal, makan, tiket pesawat.

Beasiswa Luar Negeri
By Pixabay

4. Lengkapi Dokumen

Untuk bisa kuliah di luar negeri siapkanlah berkas-berkas minimal 6 bulan sebelum proses pendaftaran dibuka, karena akan menyita waktu. Berikut dokumen yang paling penting untuk kamu persiapkan adalah ijazah, surat rekomendasi, transkrip nilai, sertifikat bahasa seperti TOEFL dan IELTS hingga visa dan paspor.

Jika semua sudah dipersiapkan jangan lupa siapkan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan disahkan oleh pihak yang berwenang. Karena ada beberapa institusi yang mensyaratkan dokumen bukti bahwa kamu sudah menyelesaikan pendidikan dasar setara dari negara asal.

  Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Dengan informasi yang sudah disebutkan di atas, jika kamu masih bingung kamu bisa konsultasikan dengan kami loh guys perilah mengurus dokumen persiapannya. Kami juga memiliki layanan pengecekan skor TOEFL/IELTS, dan kelas bahasa asing yang bisa kamu ikuti secara gratis! Dapatkan juga informasi lengkap seputar beasiswa luar negeri di laman resmi kami. Lebih lanjut, hubungi kami di sini, atau follow langsung Instagram Mediamaz Scholar ya. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top