Solusi Lengkap Beasiswa Luar Negeri – Mediamaz Scholar

logo - mediamaz scholar

Mediamaz Scholar

Member Of Mediamaz Group

Program Ausbildung

Program Ausbildung Bisa Wujudkan Impian Untuk Berkarir di Jerman

Halo sobat Meddy! Seperti yang kita tau bahwa Perkembangan teknologi dan informasi telah memberikan dampak pada hampir semua bidang kehidupan. Salah satu hal yang akan berdampak pada tingkat kehidupan seseorang adalah dalam bidang keuangan. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan bekerja di Jerman.

Kenapa memilih pergi ke Jerman? Ada banyak alasan yang mendukung keputusannya. Salah satu alasan mengapa banyak lapangan kerja tersedia di Jerman adalah karena tingginya jumlah lowongan pekerjaan di negara tersebut. Khususnya bagi para ahli di bidang Teknologi Informasi, Kesehatan, Penelitian, dan sektor lainnya.

Sekilas Tentang Negara Jerman 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bekerja di Jerman, sebaiknya kita memahami lebih dalam tentang negara Jerman atau Republik Federal Jerman. Posisi negara ini sangat strategis di wilayah Eropa dan internasional lainnya.

Terutama dalam domain ekonomi dan politik. Selain itu, perjalanan panjang sejarah penguasaan ilmu dan teknologi telah mengubah Jerman menjadi sebuah negara maju seperti sekarang.

Kamu mau improve Skill Bahasa Asing? Yuk Ikut Kelas Bahasa Di Sini

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Jerman memiliki sistem perlindungan sosial yang sangat canggih. Ini pasti akan berdampak pada kualitas kehidupan penduduknya dengan standar hidup yang relatif tinggi.

Salah satu alasan mengapa beberapa orang Indonesia tertarik untuk bekerja di Jerman adalah karena faktor tersebut. Selain memberikan kualitas hidup yang lebih baik, Jerman juga dikenal sebagai negara yang sangat menyenangkan untuk dihuni.

Selain memiliki lingkungan tinggal yang nyaman, negara ini juga menawarkan kesempatan kerja yang sangat baik di Jerman secara gratis dengan peluang masa depan yang cerah. Negara ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam menerima para imigran dengan ramah, lebih dari negara lainnya.

Apa Itu Program Ausbildung

Program Ausbildung Jerman dapat diikuti oleh para pemburu ketika mereka ingin memperluas karir mereka di Jerman. Melalui inisiatif ini, para pemburu akan menjalani pelatihan untuk memahami konsep teknis dasar dan kemudian akan langsung terlibat dalam praktik kerja.

Pelatihan merupakan suatu program yang bertujuan untuk menyiapkan generasi muda agar memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di Jerman.

Program ini umumnya memiliki durasi selama 2 setengah hingga 3 tahun. Dalam konteks ini, durasi program sangat tergantung pada kebutuhan individu dari setiap perusahaan.

Selama dua minggu pertama pelatihan, Hunters akan diperkenalkan kepada konsep dasar teknis dan kemudian akan melanjutkan untuk melakukan praktik di perusahaan.

Persyaratan Mendaftar Program Ausbildung

Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh para pemburu ketika akan mendaftar Ausbildung. Berikut adalah daftar yang harus diikuti:

  1. Memiliki kemampuan bahasa Jerman setidaknya pada tingkat B1 adalah syarat yang diperlukan.
  2. Calon yang mendaftar harus memiliki lulusan setingkat Sekolah Menengah Atas atau kejuruan.
    Di antara usia 18 sampai dengan 35 tahun.
  3. Pastikan Anda memiliki ketersediaan keuangan yang memadai untuk mengikuti proses seleksi. Karena pendidikan vocational tidak akan mendukung biaya pendaftaran hingga keberangkatan ke Jerman.
    Dengan mempertimbangkan bahwa Jerman dikenal sebagai negara yang sangat menghargai disiplin dan dedikasi dalam bekerja, maka calon pendaftar harus memiliki motivasi yang sangat kuat.

Pendidikan memiliki struktur 30% teori dan 70% praktik. Bagi teori atau pelajaran di sekolah, waktunya adalah 6 jam setiap hari sedangkan untuk latihan atau magang, waktunya adalah 8 jam setiap hari. Tata kegiatan ini dipandu secara langsung oleh pakar-pakar yang memiliki keahlian dengan standar internasional yang tinggi.

Menurut informasi dari Kantor Imigrasi KBRI Berlin, saat ini terdapat lebih dari 8. 000 orang mahasiswa Indonesia yang tinggal di Jerman, dan sebagian di antaranya sedang mengikuti program ausbildung. Prediksi menunjukkan bahwa jumlah peserta pelatihan akan terus meningkat karena kekurangan tenaga kerja terampil di Jerman semakin meningkat secara signifikan.

Banyak orang menemui kesulitan dalam membedakan antara ausbildung dan au pair di Jerman. Harus diingat bahwa meskipun tujuan negara yang sama, ausbildung dan au pair memiliki perbedaan. Ausbildung didefinisikan sebagai program pelatihan yang bersifat profesional, sementara au pair lebih merupakan pertukaran budaya daripada pekerjaan. Au pair diharuskan untuk tinggal bersama keluarga tuan rumah dan membantu dalam tugas rumah tangga sambil juga belajar tentang budaya dan bahasa Jerman.

Langkah-langkah untuk mendaftar Program Ausbildung

Beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk mendaftarkan diri pada program Ausbildung:

  1. Persiapkan berkas pendaftaran. Persyaratan dokumen meliputi sertifikat keahlian bahasa Jerman (B1 atau B2), surat motivasi dalam bahasa Jerman, riwayat hidup dalam bahasa Jerman, diploma dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah resmi.
  2. Sesuaikanlah bidang yang diminati dan pastikan Anda memenuhi persyaratan pendidikan terakhir dan usia yang ditetapkan untuk bidang tersebut.
  3. Silakan cari informasi yang dibutuhkan di situs web resmi ausbildung dan daftarkan diri Anda. Beberapa situs web yang sah untuk program ini termasuk ausbildung. de, azubide, dan azubiyode
  4. Setelah melamar, Anda akan menjalani sesi wawancara dan kemudian menandatangani kontrak dengan perusahaan atau lembaga pelatihan yang bersangkutan setelah diterima.
  5. Jika kamu belum bisa berbahasa Jerman, kamu mungkin perlu mengeluarkan biaya untuk belajar bahasa Jerman. Selain itu, kamu juga perlu mengeluarkan uang untuk dokumen keberangkatan, tiket pesawat, akomodasi, dan kebutuhan sehari-hari sebelum mendapatkan uang saku atau gaji pertama di Jerman.

Manfaat Mengikuti Program Ausbildung

Beberapa manfaat mengikuti Program Ausbildung, salah satunya adalah:

  1. Berkesempatan berkarier di Jerman. Lulusan dari program ausbildung sangat dihargai oleh perusahaan-perusahaan di Jerman, yang membuat mereka memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang studinya.
  2. Mendapatkan pengalaman kerja yang berharga yang dapat menambah nilai pada riwayat kerja Anda.
  3. Mendapatkan penghasilan yang sesuai. Ketika sedang menjalani pelatihan atau setelah berhasil mendapatkan pekerjaan, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai
  4. Mereka yang telah menyelesaikan program ausbildung memiliki kesempatan untuk melanjutkan karier atau pendidikan tingkat lanjut sesuai dengan keinginan mereka.
  5. Menerima dokumen resmi yang menegaskan kemampuan Anda dalam suatu bidang spesifik
  6. Mendapat peluang untuk bekerja di Jerman. Lulusan program ausbildung mendapat apresiasi dari berbagai perusahaan di Jerman yang membuat mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang yang cocok bagi mereka.

Mau Konsultasi Kuliah Luar Negeri? Bisa Langsung Hubungi Mediamaz Scholar Sekarang!

Raih impianmu kuliah di luar negeri

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top