Univ Terbaik di Jepang

Rekomendasi 5 Univ Terbaik di Jepang, buat Kamu yang ingin Kuliah di Kyushu!

Jepang atau yang biasa disebut dengan Negeri Matahari Terbit merupakan salah satu negara pilihan bagi pelajar untuk melanjutkan kegiatan pendidikan. Biasanya banyak pelajar yang memilih untuk melanjutkan pendidikannya di daerah Utara Jepang. Faktanya di bagian Selatan Jepang  yaitu kepulauan Kyushu terdapat univ terbaik di Jepang dengan fasilitas dan pengajaran yang baik.

Banyak orang yang masih belum tahu bahwa Kyushu, Jepang memiliki beragam universitas yang rekomen. Tentunya di antara universitas ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Sobat untuk melanjutkan pendidikan kuliah. Pada kesempatan ini Meddy mau kasih tahu beberapa informasi mengenai universitas di kepulauan Kyushu yang memiliki salah satu fakultas terbaik dan menjadi salah satu favorit bagi pelajar disana. Untuk itu simak yuk artikel ini!

Rekomendasi Univ Terbaik  di Jepang, Ada di Kyushu

Pulau Kyushu merupakan pulau ketiga terbesar di Jepang terletak di daerah Selatan Jepang. Kyushu terbagi menjadi 7 Prefektur yang diantaranya ialah Fukuoka, Saga, Nagasaki, Oita, Kumamoto, Miyazaki, dan Kagoshima. Ketujuh prefektur ini memiliki universitas terbaik dan menawarkan berbagai fakultas dan program pendidikan yang menarik didalamnya. 

1. Univ Terbaik di Jepang: Kyushu University 

Kyushu University yang terletak di bagian Prefektur Fukuoka mulai didirikan pada tahun 1901. Universitas yang telah berdiri selama lebih dari 100 tahun ini resmi menjadi bagian dari universitas nasional atau negeri pada tahun 2005. Kampus ini menjadi salah satu universitas negeri terbaik di Prefektur Fukuoka maupun di dunia. Kyushu University termasuk kedalam peringkat ke-137 sebagai universitas terbaik di dunia, sedangkan di Asia sendiri kampus ini termasuk dalam peringkat  ke-31 terbaik. 

Program Pendidikan di Kyushu University

Studi yang ditawarkan di Kyushu University diantaranya ialah 11 pilihan bagi program sarjana, 17 pilihan bagi program sarjana. Kemudian universitas ini memiliki 3 lembaga penelitian dan 1 rumah sakit universitas. 

Fakultas Terbaik di Kyushu University

Mahasiswa pada program sarjana setiap tahunnya memiliki estimasi berjumlah 12011 orang, sedangkan mahasiswa pada program pascasarjana setiap tahunnya memiliki estimasi berjumlah 7186 orang. Fakultas di Kyushu University diantaranya:

  1. Teknik Mineral dan Pertambangan,
  2. Kimia,
  3. Teknik Kimia,
  4. Arsitektur dan Pengembangan Lingkungan,
  5. Agrikultur dan Kehutanan,
  6. Seni dan Desain,
  7. Ilmu Material,
  8. Teknik Mekanik,
  9. Ilmu Alam,
  10. Fisika dan Astronomi,
  11. Ilmu Biologi,
  12. Matematika,
  13. Teknik dan Teknologi,
  14. Geofisika,
  15. Geologi,
  16. Medicine,
  17. Ilmu Bumi dan Kelautan,
  18. Geografi,
  19. Ilmu Hukum dan Studi Legal,
  20. Farmasi,
  21. Teknik Elektrik,
  22. Linguistik,
  23. Teknik Sipil,
  24. Life Science and Medicine,
  25. Ilmu Lingkungan,
  26. Bahasa Modern,
  27. Ilmu Komputer,
  28. Ekonomi,
  29. Pendidikan,
  30. Seni dan Sastra,
  31. Ilmu Sosial dan Manajemen, serta Bisnis dan studi Manajemen.

Kemudian fakultas terbaik di Kyushu University ialah fakultas teknik Mineral dan Tambang, pada tahun 2021 diperkirakan masuk ke dalam peringkat ke-29 terbaik. Jumlah ini melampaui fakultas lain yang ditawarkan oleh Kyushu University.

Baca juga: Ini Deatil Biaya Hidup di Jepang

2. Kyushu Institute of Technology Tobata 

Institut Teknologi Kyushu atau Kyushu Institute of Technology Tobata atau yang dikenal dengan sebutan Kyutech merupakan universitas negeri di Jepang yang terletak di daerah Prefektur Fukuoka.  Sekarang ini Kyutech terbagi menjadi tiga kampus yang tersebar di beberapa wilayah seperti kampus Tobata, kampus iizuka, dan kampus Wakamatsu. Menurut QS Global World Ranking 2022, universitas ini termasuk kedalam salah satu peringkat universitas terbaik di dunia dengan rata-rata peringkat 801-1000.

Program Pendidikan di Kyushu Institute of Technology Tobata

Jurusan atau prodi pendidikan yang ditawarkan di Kyushu Institute of Technology Tobata diantaranya ialah program sarjana dan program pascasarjana. Berbeda dengan Kyushu University, Kyushu Institute of Technology Tobata mengedepankan pengetahuan di bidang sains dan teknologi. Mahasiswa di kampus ini berjumlah 5,649 yang diantaranya terdiri dari 4,117 pada program Sarjana, 1,230 pada program Magister, dan 302 pada program Doktor.

Fakultas Terbaik di Kyushu Institute of Technology Tobata

Berbeda dengan kampus-kampus lainnya yang tidak berfokus pada salah satu bidang ilmu pengetahuan, Kyushu Institute of Technology Tobata hadir dengan menawarkan fakultas seputar perteknikan. Fakultas yang ditawarkan diantaranya ialah fakultas Teknik Mekanik dan fakultas Teknik Listrik dan Elektronik. Berdasarkan kedua fakultas ini, Teknik Listrik dan Elektronik menjadi salah satu fakultas terbaik bagi pelajar untuk melanjutkan studinya. Pada tahun 2021 menunjukkan bahwa fakultas Teknik Listrik dan Elektronik masuk kedalam peringkat 401-450 sebagai fakultas dengan program pendidikan terbaik di dunia.

3. Fukuoka Women’s University, Meskipun Khusus Tapi Menjadi Univ Terbaik di Jepang

Fukuoka Women’s University (FWU) merupakan universitas khusus wanita di Jepang, kampus yang terletak di Prefektur Fukuoka, Kyushu ini mulai berdiri sejak tahun 1923. Awalnya kampus ini memberikan pengetahuan terhadap wanita mengenai humaniora dan ekonomi dalam lingkup rumah. Universitas pertama wanita di Jepang ini memiliki filosofi untuk mendidik wanita sehingga memiliki ilmu dan berwawasan luas, serta menjadi wanita yang fleksibel dalam menanggapi perubahan dan mampu mengaplikasikan kemampuanya dalam kehidupan bermasyarakat. Kampus ini termasuk kedalam peringkat ke-49 terbaik di wilayah Jepang.

Program Pendidikan di Fukuoka Women’s University

Pada dasarnya di kampus ini terdiri dari program sarjana, program magister, dan program doktor. Program yang ditawarkan pada tingkat sarjana terdiri dari tiga disiplin ilmu yang diantaranya humaniora, sosiologi, dan ilmu alam.  Kemudian program yang ditawarkan pada tingkat magister adalah program yang mempelajari disiplin ilmu Bahasa dan Budaya, Ilmu Sosial, serta Ilmu Kesehatan dan Lingkungan, sedangkan program doktor yang ditawarkan adalah disiplin ilmu sastra yang mempelajari Bahasa dan Sastra Inggris.

Univ Terbaik di Jepang
By Pixabay

Fakultas Terbaik di Fukuoka Women’s University

Fukuoka Women’s University di tiap tingkatannya menawarkan program studi yang berbeda-beda. Pada program sarjana departemen terbagi menjadi tiga yang diantaranya ialah Departemen Seni Liberal Internasional, Departemen Ilmu Lingkungan, dan Departemen Ilmu Pangan dan Kesehatan. Selanjutnya pada program magister terbagi menjadi dua yang diantaranya ialah Departemen Ilmu Humaniora dan Ilmu sosial serta Departemen Ilmu Kesehatan dan Lingkungan. Kemudian program doktor terdiri atas Departemen Sastra. Berdasarkan departemen yang ditawarkan, Departemen terbaik ialah Departemen Seni Liberal Internasional yang memiliki jumlah peminat yang banyak dengan rasio kompetitif menengah.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang Tokyo Internasional University

4. The University of Kitakyushu

Keempat, The University of Kitakyushu adalah universitas negeri di Prefektur Fukuoka, Jepang. Universitas ini terdiri dari dua wilayah yang berbeda, kampus pertama yaitu Kitagata berada di wilayah Keibajo Mae, sedangkan kampus kedua yaitu Hibikino terletak di wilayah Wakamatsu-ku. Mulanya The University of Kitakyushu berdiri sebagai akademi bahasa pada tahun 1946, namun seiring berjalannya waktu berkembang menjadi institusi pendidikan dengan fakultas yang beragam. Kampus ini memasuki urutan ke-88 sebagai kampus terbaik di Jepang.

Program Pendidikan di The University of Kitakyushu

The University of Kitakyushu menawarkan program pendidikan sarjana dan pascasarjana. Program pendidikan sarjana terdiri dari lima fakultas, sedangkan program pendidikan pascasarjana terdiri dari dua fakultas yang bisa dipilih. Kampus ini memiliki kerjasama program pendidikan dengan negara lainnya yang diantaranya ialah Amerika Serikat, Australia, Cina, dan Korea Selatan 

Fakultas Terbaik di The University of Kitakyushu

Yang ditawarkan pada program sarjana di kampus ini diantaranya Ekonomi dan Administrasi Bisnis, Studi Asing, Sastra, Hukum, dan Teknik Lingkungan. Kemudian fakultas bagi pascasarjana terdiri dari studi Sistem Sosial dan Teknik Lingkungan. Fakultas terbaik di kampus ini adalah fakultas Teknik Lingkungan yang terdiri dari berbagai macam departemen yang diantaranya ialah Departemen Teknik Sistem Mesin, Departemen Desain Arsitektur, Departemen Kimia Sirkulasi Energi, Departemen Teknik Sistem Informasi, dan Departemen Lingkungan dan Bioteknologi.

Baca Artikel Lain: Informasi Beasiswa Ke Jepang

5. Oita University

Universitas Oita merupakan kampus yang berada di bagian prefektur Oita, Kyushu Jepang. Kampus ini mulai berdiri sejak tahun 1921 dan terbagi menjadi 3 kampus yang tersebar di berbagai wilayah. Ketiga kampus tersebut diantaranya terletak di Dannoharu, Hasama, dan Oji. Prefektur Oita yang menjadi salah satu wilayah pusat dari pertukaran antar budaya Jepang berupaya untuk mendorong mahasiswanya untuk memiliki daya kreativitas, kemampuan sosial, dan nilai kemanusiaan dengan pendidikan dan penelitian yang difasilitasi dan ditawarkan oleh Oita University.

Program Pendidikan di Oita University

Terdapat 5 program pendidikan dan memiliki 4 fakultas. Wilayah Dannoharu dikhususkan bagi program studi pascasarjana magister yang akan mengambil lanjutan pendidikan pada disiplin ilmu Administrasi Layanan Sosial. Lalu wilayah kampus Hasama dikhususkan bagi fakultas Kedokteran, sedangkan wilayah Oji terdiri dari institusi pendidikan di tingkat dasar dan menengah.

Fakultas Terbaik di Oita University

Di Oita University terdiri dari fakultas Ilmu Sosial yang mempelajari disiplin ilmu sosiologi, fakultas Seni & Humaniora yang mempelajari arsitektur, Fakultas Rekayasa dan Teknologi yang mempelajari Teknik Listrik & Elektronik serta Teknik Mesin & Dirgantara, fakultas Pendidikan, fakultas Ekonomi Bisnis yang mempelajari manajemen bisnis, fakultas Ilmu Fisika yang mempelajari kimia serta matematika dan statistik, serta Fakultas Klinis, Pra-Klinis & Kesehatan yang mempelajari disiplin ilmu kedokteran dan kedokteran gigi. Fakultas terbaik dan diminati oleh calon mahasiswa ialah Fakultas Ilmu Sosial.

Bagaimana nih setelah lihat artikel di atas, apakah Sobat Meddy mulai tertarik untuk melanjutkan pendidikan di prefektur Kyushu, Jepang yang termasuk Univ Terbaik di Jepang?

Apa yang Bisa Meddy Bantu?

Meddy akan selalu senantiasa membantu Sobat semuanya untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan bantuan penerjemah tersumpah dan memberikan layanan konsultasi beasiswa untuk Sobat yang masih bingung. Tentunya layanan ini hadir di Mediamaz Scholar. Kemudian Sobat Meddy juga bisa menggunakan layanan lainnya seperti mengikuti kursus bahasa, sebagai penunjang untuk mengikuti kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan cek website kami dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top