Keterampilan

Rekomendasi Beasiswa Singapura untuk Pelajar Indonesia

Banyaknya jenis beasiswa yang ada saat ini dapat memberi peluang bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Salah satu negara tujuan pelajar asing dalam melanjutkan pendidikannya yaitu Singapura. Perkiraan jumlah mahasiswa asing di Singapura kurang lebih 50.000 (terutama dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Cina, India dan Korea Selatan). Kuliah di Negara Singapura cukup diminati oleh pelajar Indonesia, selain karena jarak yang dekat dengan Indonesia, biaya hidup di Singapura lebih terjangkau dibanding negara-negara di Eropa. Kali ini Meddy akan membahas mengenai salah satu beasiswa Singapura yaitu The ASEAN Undergraduate Scholarship.

Negara Singapura

Singapura adalah sebuah negara yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Pendidikan telah berperan penting dalam kemajuan di negara ini. Tidak heran jika universitas di Singapura berhasil menjadi salah satu universitas terbaik di dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah National University of Singapore (NUS), yang telah secara konsisten berada di antara tiga universitas teratas di Asia sejak 2013. Berikut ini beberapa alasan kenapa sahabat Meddy wajib mempertimbangkan Singapura sebagai negara tempat melanjutkan pendidikan.

Alasan Kamu Harus Memilih Negara Singapura Sebagai Destinasi Kuliah

  1. Singapura memiliki reputasi mengenai keunggulan di bidang akademik tidak hanya di Asia, tetapi di seluruh dunia. Sistem pendidikan Singapura dianggap kelas dunia dan menawarkan bakat akademik yang sangat maju dan kompetitif. Bahkan QS World University Rankings tahun 2021 mendaftarkan NUS sebagai universitas terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. 
  2. Singapura merdeka tahun 1965 dan terus berkembang menjadi kekuatan ekonomi. Saat ini, Singapura adalah pusat industri terkemuka untuk teknik presisi, teknologi informasi, farmasi dan bioteknologi, industri kreatif, dan layanan profesional. 
  3. Banyak perusahaan multinasional yang mendirikan kantor pusat di Asia dan laboratorium penelitian serta pengembangan global di Singapura. Contohnya Facebook, LinkedIn, Twitter dan, baru-baru ini, Dyson dan Tencent. Siswa di NUS dapat memanfaatkan ini dan menikmati akses ke jaringan dan industri internasional. Ada banyak kursus di NUS menawarkan siswa proyek industri praktis atau peluang magang tentu saja hal ini akan membuka peluang karir bagi para siswa.
  4. Singapura merupakan salah satu negara teraman di dunia. The Economist Intelligence Unit (EIU) menempatkan Singapura sebagai kota teraman kedua di dunia dalam Safe City Index 2019. Bahkan di tengah pandemi virus corona, Singapura telah berhasil mengendalikan penyebaran dan jumlah infeksi, ini dianggap sebagai model bagi negara-negara lain untuk ditiru.

Universitas Di Singapura

The ASEAN Undergraduate Scholarship menawarkan beasiswa bagi pelajar asing yang mau belajar di National University of Singapore. National University of Singapore (NUS) adalah universitas unggulan Singapura, yang menawarkan pendekatan global untuk pendidikan dan penelitian, dengan fokus pada perspektif dan keahlian Asia. NUS memiliki 17 fakultas dan tiga kampus. Pendidikan transformatifnya mencakup kurikulum berbasis luas yang digarisbawahi oleh kursus multi-disiplin dan pengayaan lintas fakultas. Lebih dari 38.000 siswa dari 100 negara memperkaya komunitas dengan perspektif sosial dan budaya mereka yang beragam. NUS juga berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan inovatif untuk mempromosikan perusahaan kreatif dalam komunitasnya.

Menurut QS World University, di tahun 2022 terdapat 16 program NUS menduduki peringkat 10 besar dunia. Di Na NUS, terdapat 3 kampus di National University of Singapore, yaitu Kent Ridge, Bukit Timah dan Outram. Berbagai fasilitas disediakan untuk para siswa agar mereka dapat fokus dalam belajar.

Baca Juga: Ingin Menimba Ilmu di Tanah Singa? Ini Sistem Pendidikan di Singapura yang Wajib Kamu Tahu!

Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  1. Pusat olahraga universitas: fasilitas ini memiliki aula olahraga serbaguna, satu kolam renang dalam ruangan, satu kolam renang outdoor ukuran olimpiade, gym, lapangan tenis, 2 lapangan squash di atas lintasan lari dan lapangan sepak bola, serta ruang konferensi dan pertemuan.
  2. Fasilitas olahraga University Town™ (U-Town): terletak di dalam Stephen Riady Centre di UTown. Berbagai fasilitas olahraga mencakup dua ruang olahraga serbaguna, panjat tebing, gym, dan kolam rekreasi.
  3. Yusof Ishak House (YIH) Student Hub: didedikasikan untuk mempromosikan peluang di luar kelas untuk organisasi mahasiswa, kegiatan dan pertemuan, ada studio tari, ruang pertemuan, dan diskusi.
  4. Fasilitas olahraga kampus Bukit Timah: fasilitas yang satu ini meliputi kolam renang, lintasan lari, lapangan indoor untuk bulu tangkis/ bola basket / tenis meja / squash dan lapangan luar ruangan untuk tenis / bola basket dan bola voli. (Ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan tetapi disediakan untuk Siswa dan staf NUS.)

Beasiswa di Negara Singapura

The ASEAN Undergraduate Scholarship adalah beasiswa dari Singapura untuk para mahasiswa baru yang ditawarkan dengan tujuan mendukung siswa berprestasi dari negara-negara anggota ASEAN (tidak termasuk Singapura). Berikut ini beberapa kriteria jika sahabat Meddy tertarik mendaftar The ASEAN Undergraduate Scholarship.

Kandidat harus:

  • Warga negara dari negara anggota ASEAN, tidak termasuk Singapura
  • Memiliki kualitas dan potensi kepemimpinan yang kuat
  • Menyajikan catatan kegiatan ko-kurikuler yang baik
  • Memiliki hasil sekolah menengah yang luar biasa
  • Mendaftar untuk masuk ke program gelar sarjana penuh waktu di NUS

Baca Juga :Siap Kuliah di Universitas Nasional Singapura? Cek Informasi Lengkapnya Disini!

Cangkupan beasiswa antara lain:

  • Biaya kuliah 
  • Tunjangan hidup tahunan S$5.800
  • S$1.750 tunjangan komputer satu kali saat pendaftaran
  • Tunjangan akomodasi tahunan S$3.000

Informasi lengkap mengenai beasiswa Singapura yang satu ini dapat diakses di sini.

Jadi, apa yang bisa Meddy bantu?

Bagi sahabat Meddy yang tertarik untuk mengikuti beasiswa diatas, tetapi masih bingung dan membutuhkan bantuan khusus untuk persiapan beasiswa LPDP 2022 tersebut? Sahabat Meddy tidak perlu khawatir, karena Meddy senantiasa membantu kamu untuk memberikan layanan terbaik seperti  mempersiapkan dokumen penting, penguasaan bahasa atau membutuhkan bentuk konsultasi lainnya, yang semuanya bisa sahabat Meddy dapatkan di mediamaz scholar. Tunggu apalagi? Yuk, cek website resmi kami di sini. Semoga sukses, Terima kasih ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top