hobi olahraga

5 Sekolah Atlet Terbaik di Kawasan Asia Tenggara

Siapa yang sangat antusias saat ada pelajaran olahraga? Berbagai alasan remaja menyukai pelajaran olahraga, dari mulai karena hobi berolahraga, dapat bermain bersama teman, hingga agar bisa melihat gebetan di kelas lain. Hmm, siapa yang kaya begitu? Memang olahraga merupakan salah satu mata pelajaran yang menyenangkan. Kita dilatih untuk bisa mengatur strategi untuk melawan tim musuh. Rasa bangga datang saat tim kita dapat memenangkan permainan olahraga. Biasanya sekolah mengadakan ClassMeet atau pertandingan dengan sekolah lain. Istilahnya adalah Sparing.

Sparing adalah suatu bagian dalam program latihan yang berupa simulasi pertandingan sesungguhnya, di mana dua tim seakan-akan bertanding dalam jumlah ronde tertentu sesuai program latihan. Serunya mata pelajaran olahraga sewaktu duduk di bangku SMA dan SMK membuat sebagian orang berfikir untuk melanjutkan pengetahuan olahraganya ke jenjang selanjutnya, apalagi bagi sobat Meddy yang memang memiliki sejumlah penghargaan di bidang olahraga.

Hobi Olahraga

Kebanyakan remaja pasti akan dihadapkan dengan memilih fokus antara mendalami ilmu pendidikan akademik atau non-akademik (olahraga). Mereka yang memilih untuk fokus dalam hal non-akademik biasanya didasari oleh potensi dan bakat yang dimiliki. Eits, ternyata ada lho jurusan olahraga. Jadi secara garis besar jurusan ini mempelajari tentang teknik-teknik dari cabang olahraga yang ada. Di tahun pertama kamu wajib mengetahui dan memiliki keterampilan untuk menguasai sejumlah cabang olahraga dari mulai bola besar,bola kecil, gymnasium, renang dan masih banyak lagi. Mau tau lebih lanjut ? Yuk baca sampai habis ya!

Jurusan untuk Kamu yang Hobi Olahraga

Siapa sangka ternyata olahraga menjadi salah satu jurusan di institusi pendidikan. Di sini kamu akan dihadapkan oleh ilmu-ilmu dasar mengenai olahraga atau biasa disebut pendidikan jasmani. Kamu wajib mengetahui apa fungsi olahraga dan dampak setiap cabang olahraga bagi kesehatan. Sobat Meddy juga akan belajar mengenai ilmu dasar gizi pada makanan. Apalah arti olahraga kalau tidak diimbangi dengan makanan yang bernutrisi, bukan? Nah, setelah teori-teori dasar itu kalian pelajari, barulah kamu akan belajar mengenai teknik-teknik olahraga sesuai dengan bidangnya.

Teknik Olahraga

Kamu dituntut untuk mengetahui setiap teknik, karena di beberapa cabang olahraga, fatal akibatnya apabila olahraga yang dilakukan tidak sesuai dengan teknik yang seharusnya, contohnya seperti cabang olahraga atletik. Jangan salah pada tugas akhir mu pun, kamu akan membahas mengenai pengaruh-pengaruh olahraga terhadap tubuh, lingkungan, psikologis seseorang, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Wah, ternyata jurusan olahraga tidak hanya sekadar mengikuti pertandingan dan praktik saja ya, sobat Meddy!.

Bagi kamu yang berminat untuk mematangkan pengetahuan dan hobi mu di bidang olahraga, pendidikan jasmani dan kebugaran, ternyata banyak univeristas dari berbagai negara yang telah membangun sekolah khusus olahragawan bahkan banyak yang membuka beasiswa untuk para calon atlet yang siapkan mengharumkan nama bangsanya. kira-kira apa saja ya beberapa sekolah atlet dengan kualitas dan prestasi olahraga terbaik, khususnya di Asia Tenggara? Check This Out

Kembangkan Hobi mu di Singapura

Singapore Sport School adalah sekolah yang didirikan pada tahun 2002. Merupakan satu-satunya sekolah khusus olahragawan atau atlet di Singapura. Berlokasikan di District Woodlands, SSS yang memfokuskan pendidikannya pada pengembangan potensi dan prestasi untuk masa depan siswa untuk mengembangkan hobi. Dilengkapi dengan fasilitas tingkat internasional membuat SSS disebut sebagai salah satu sekolah khusus olahragawan terbaik di Asia. Adapun cabang olahraga yang ditawarkan sangat beragam seperti Badminton, anggar, renang, basket, futsal dan telah melahirkan atlet dunia berprestasi di antaranya yaitu Calvin Kang dan Tao Li. Tidak hanya untuk pelajar Singapura, sekolah ini juga kerap membuka beasiswa unggulan untuk pelajar internasional. 

Baca Juga: Jurusan Olahraga: Info Kuliah dan Universitas Terbaik di Dunia

British International School Phuket (BISP), Thailand

Didirikan pada tahun 1996 di jantung kota Phuket, Thailand, British International School, Phuket (BISP) adalah sekolah asrama yang dijuluki ‘Pulau Surga’. Disebut demikian karena lokasi sekolah berada dekat dengan bandara dan pantai Phuket. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan untuk calon mahasiswa dengan hobi olahraga juga tidak main-main. BISP memiliki 12 lapangan rumput, aula olahraga, gymnasium, pusat kebugaran modern, lapangan basket outdoor, dua kolam renang, enam lapangan tenis, dan masih banyak lagi. BISP dikenal dengan prestasi yang luar biasa pada cabang olahraga renang. Tidak heran apabila BISP menjadi salah satu sekolah independen paling bergengsi di Thailand.

International School Ho Chi Minh City (ISHCMC), Vietnam

ISHCMC  adalah sekolah yang terletak di Distrik 2 Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Didirikan pada tahun 1993, ISHCMC menjadi tempat pertama yang memiliki kualitas terbaik dari segi pendidikan akademik, non-akademik, maupun fasilitas, di kota Kota Ho Chi Minh. Sebagai salah satu sekolah terbaik, ISHCMC menawarkan beberapa program kelas untuk anak mulai dari usia 2 tahun hingga 18 tahun (Early, Primary, Middle, Diploma). Cocok untuk kamu yang hobi olahraga

Dengan fasilitas belajar dan olahraga yang dimiliki serta dibimbing oleh guru atau pelatih profesional, memungkinkan siswa di sekolah ini dapat menjadi siswa berprestasi tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam hal non-akademik (olahraga). 

Bukit Jalil Sport School (BJSC), Malaysia

Kemudian, yang satu ini berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia. Bukit Jalil Sport School (BJSS) diketahui merupakan sekolah khusus olahragawan pertama di Malaysia yang terletak di Kompleks Olahraga Nasional di Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Sekolah ini cocok untuk kamu yang ingin kuliah di Malaysia. Kampus ini telah menciptakan banyak sekali atlet berprestasi di tingkat dunia, salah satunya yaitu pada cabang badminton (Koo Kien Keat, Goh Liu Ying, Lee Zii Jia, Soh Wooi Yik, Tan Boon Heong). 

Baca Juga : Mengintip 10 Gaya Hidup Mahasiswa Internasional di Malaysia, dari Makanan hingga Olahraga

Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan, Indonesia

Tidak hanya di negara-negara tetangga, Indonesia sendiri memiliki satu-satunya Sekolah Khusus Olahragawan yang terletak di Komplek Gelanggang Olahraga Ragunan, Jakarta Selatan. SKO Ragunan menawarkan fasilitas asrama dan sekolah sehingga kebutuhan siswa atlet baik dalam hal akademik maupun non-akademik tetap terpenuhi. Berbicara tentang fasilitas, SKO Ragunan baru saja selesai melakukan revitalisasi besar-besaran sehingga membuat fasilitas yang disediakan menjadi lebih berkualitas bahkan dapat bersaing di tingkat internasional.

Seleksi dan Pendaftaran

Agar bisa masuk kesini, kalian harus melakukan seleksi pada beberapa tahap terlebih dahulu. Pendaftaran biasanya dibuka pada tahun ajaran baru. SKO Ragunan merupakan sekolah terkenal di Indonesia yang berhasil menciptakan atlet-atlet berbakat dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. 

Layanan Mediamaz Scholar

Nah guys, siapa nih yang tertarik untuk mendaftar di sekolah khusus olahragawan seperti yang sudah disebutkan. Tidak hanya di Indonesia, kalian juga bisa mendaftar ke sekolah luar negeri salah satunya melalui jalur beasiswa. Tentunya dengan ketentuan dan persyaratan berlaku. Kalau kamu masih bingung, perihal persiapan dokumen pendaftaran beasiswa. Tenang! kamu bisa konsultasikan secara gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top