asia timur

Informasi Penting untuk Kamu yang Kuliah di Asia Timur, Seoul National University!

Korea Selatan menjadi salah satu negara primadona bagi para pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikannya. Pasalnya negara ini memiliki sistem pendidikan yang baik, fasilitas yang menunjang para pelajar,  menyediakan beragam macam jenis beasiswa yang dapat dipilih, dan universitas maupun sekolah yang akreditasinya diakui oleh dunia. Pada tahun 2022 Seoul National University dinobatkan sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di Asia Timur maupun di dunia. Maka dari itu tidak aneh kampus ini menjadi incaran mahasiswa internasional.

Pada kesempatan kali ini Meddy mau kasih informasi lengkap dan mendalam kepada Sobat semuanya mengenai Kampus Asia Timur di Seoul National University. Artikel ini akan dibahas mengenai program pendidikan, fasilitas, jurusan atau fakultas yang tersedia, biaya pendidikan, maupun informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa. Simak artikel ini  untuk tahu informasi mengenai kampus ini!

Seoul National University (SNU) di Asia Timur

Seoul National University atau yang biasa disingkat dengan SNU merupakan universitas yang memiliki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Korea Selatan. Kampus ini mulai berdiri sejak tahun 1946, dimana awalnya kampus ini merupakan penyatuan dari sepuluh lembaga pendidikan tinggi yang berada di Korea Selatan. 

Saat ini Seoul National University telah memiliki tiga kampus di beberapa wilayah yang tersebari di Korea Selatan. Ketiga wilayah ini diantaranya ialah di wilayah Gwanak, atau bagian Seoul Selatan yang dijadikan sebagai kampus utama, lalu kampus kedua yang berfokus pada program pendidikan medis berada di timur laut kota, dan kampus ketiga berada di wilayah kota Pyeongchang yang berjarak sekitar 126 Km dari kedua wilayah kampus yang disebutkan. Wilayah Pyeongchang dulunya pernah menjadi tuan rumah bagi kompetisi olimpiade musim dingin.

Tercatat Seoul National University memiliki 15 kampus dan 12 sekolah profesional bagi mahasiswa pascasarjana, lalu kampus ini memiliki 1,558 profesor, 406 asosiasi profesor, dan 3,568 profesor lainnya. Kemudian mahasiswa yang melanjutkan studinya terdiri dari 27,784 orang, jumlah mahasiswa program pertukaran pelajar sebanyak 342 orang, dan 3,252 pelajar lainnya. 

Selain menjadi universitas terbaik di negeri gingseng, menurut QS Global World Rangkings 2022 SNU juga memasuki peringkat ke-36 sebagai universitas terbaik yang ada di dunia dan memasuki peringkat ke-14 sebagai universitas terbaik se-Asia. Kampus ini memiliki penilaian keseluruhan 81.7 sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di dunia. 

Kemudian rincian penilaian keseluruhan diantaranya ialah 98.3 bagi reputasi akademik, 96,5 bagi reputasi pekerja, 83.9 bagi rasio pelajar per fakultas, 75 bagi kutipan karya ilmiah per fakultas. Berkat kinerja dan performa yang terus di pertahankan, Seoul National University tetap berada di peringkatnya selama 5 tahun terakhir.

Fasilitas SNU, Kampus di Asia Timur

Seoul National University menyediakan beberapa fasilitas yang ditujukkan untuk menunjang kegiatan maupun kebutuhan pelajar. Adapun berbagai macam fasilitas yang tersedia Seoul National University ialah sebagai berikut:

1. Dormitory (Asrama)

Hampir semua universitas besar di dunia memiliki fasilitas asrama. Namun berbeda dengan kampus pada umumnya, Seoul National University memiliki asrama yang dilengkapi dengan kamar ganda yang dilengkapi dengan kamar mandi yang luas, fasilitas en suite seperti tempat tidur, meja, kursi, rak buku, telepon, dan wifi gratis. Kemudian fasilitas ruang cuci juga dan ruang baca disediakan di setiap lantai gedung. Selain asrama, kampus ini juga menyediakan apartemen studio yang disediakan bagi pelajar. Berbeda dengan pelajar lokal, pelajar internasional memiliki fasilitas tambahan di dalam tiap ruangannya seperti haknya kulkas, kompor gas, meja, tempat tidur dan meja.

2. Kafetaria

Seoul National University menyediakan kafetaria yang menyediakan berbagai macam variasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh pelajar. Kafetaria ini ditujukkan untuk memenuhi kebutuhan asupan mahasiswa yang sehat dan bergizi. Kampus ini menyediakan kafetaria yang menampung pelajar yang banyak, dan juga bar yang dikhusukan bagi makanan ringan.

3. Klub

Kampus ini menyediakan berbagai macam perkumpulan yang ditujukkan untuk mewadahi kegiatan sosialisasi bagi para pelajar disini. Tersedianya berbagai macam klub, perkumpulan, maupun kegiatan ditujukkan untuk mengisi kegiatan para pelajar terhadap budaya korea. Adapun salah satu perkumpulan bagi mahasiswa internasional di kampus ini disebut dengan SISA (SNU International Students Association).

4. Perpustakaan

Fasilitas perpustakaan Seoul National University memiliki jumlah buku dan dekorasi yang nyaman bagi mahasiswa untuk belajar dan membaca beberapa literatur yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan. Tercatat jumlah buku di kampus ini ialah 5,118,423 buku, sejumlah majalah berkala dan surat kabar sebayak 262,369, dan 229,931 untu buku yang tidak berkaitan dengan materi pembelajaran.

5. Kesehatan

Kesehatan menjadi hal yang penting bagi manusia untuk terus produktif melanjutkan kegiatannya, dalam hal ini Seoul National University memiliki fasilitas kesehatan untuk menunjang kebutuhan pelajar. Fasilitas ini menyediakan beberapa pelayanan seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian resep, konseling, pendidikan kesehatan, berbagai jenis vaksin, pemeriksaan kesehatan kelompok, pengecekan kondisi sanitasi, pertolongan pertama, dan pengeluaran sertifikat medis.

Program Pendidikan di SNU

Seoul National University menawarkan 83 program pendidikan yang dapat dipilih bagi pelajar yang ingin mendapatkan gelar sarjana, kemudian terdapat 99 program pendidikan yang disediakan bagi pelajar yang ingin mendapatkan gelar magister maupun doktoral dalam program pascasarjana di kampus ini.

1. Program Pendidikan Sarjana

Pada Undergraduate Program ini yang disediakan oleh Seoul National University terdiri dari 15 pilihan kampus yang dapat dipilih bagi calon pendaftar kampus ini dan program interdispliner. Program pendidikan sarjana diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. College of Social Sciences
  2. College of Humanities
  3. College of Education
  4. College of Business Administration
  5. College of Agriculture & Life Sciences
  6. College of Natural Sciences
  7. College of Engineering
  8. College of Fine Arts
  9. College of Liberal Studies
  10. College of Human Ecology
  11. College of Medicine
  12. College of Music
  13. College of Nursing
  14. College of Pharmacy
  15. College of Veterinary Medicine
  16. Interdisciplinary Programs for Undergraduate

2. Pendidikan Pascasarjana

Seoul National University sebagai kampus di Asia Timur memiliki satu sekolah bagi pelajar program pascasarjana. Meskipun begitu program ini menyediakan 99 program pendidikan dengan 5 jenis lapangan studi yang berbeda. Kemudian pada program pascasarjana juga menyediakan program intedisipliner yang bisa dipilih pelajar untuk belajar di 2 departemen yang berbeda. Adapun program dari 5  departemen yang bisa dipilih ialah sebagai berikut:

  1. Humanities & Social Sciences
  2. Natural Sciences
  3. Engineering
  4. Medicine
  5. Art

Selain satu sekolah yang memiliki 99 program pendidikan, Seoul National University juga menyediakan sekolah profesional bagi pelajar program pascasarjana. Sekolah profesional ini terdiri dari 9 sekolah yang terdiri dari:

  1. Graduate School of Public Health
  2. Graduate School of Public Administration
  3. Graduate School of Environmental Studies
  4. Graduate School of International Studies
  5. School of Dentistry
  6. Graduate School of Business
  7. School of Law
  8. Graduate School of Convergence Science Technology
  9. Graduate School of International Agriculture Technology
  10. Graduate School of Engineering Practice
  11. Graduate School of Data Science

Informasi Beasiswa Asia Timur, di SNU 

Seoul National University menerima mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus ini menggunakan pendanaan beasiswa. Kampus ini menyediakan beasiswa yang berbeda bagi program sarjana dan program pascasarjana. Adapun informasi mengenai beasiswa dihimpun sebagai berikut:

1. Overseas Koreans Scholarship

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang juga di danai oleh pemerintah Korea Selatan kepadapelajar internasional. Adapun persyaratan yang diperlukan untuk beasiswa ini ialah Pelajar Korea yang tinggal di luar negeri dan ingin mengambil gelar sarjana di SNU. Subsidi yang diberikan:

  • Biaya hidup yang ditanggung per bulannya ialah 900,000 KRW selama 8 semester
  • Pembebasan biaya kuliah bagi program sarjana, dan 900,000 KRW selama 4 semester bagi program pascasarjana
  • Tiket pesawat jenis ekonomi untuk perjalanan pulang dan pergi
  • Pembebasan biaya pelatihan bahasa Korea selama 6 bulan
  • Pembebasan biaya asuransi kesehatan
Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan pada periode Februari – Maret, dengan periode pendaftaran yang berjarak selama satu bulan. Prosedur seleksi dilakukan dengan mengirimkan lamaran aplikasi secara online dan cetak dan dokumen lain yang diperlukan kepada kedutaan Korea di negara pendaftar. Kemudian kedutaan akan melakukan seleksi tahap kedua, dan pada tahap kedua The Overseas Koreans Foundation yang akan melakukan proses pendaftaran tahap kedua.

2. KGSP (Korean Government Scholarship Program)

KGSP merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional non warga korea yang tinggal di negara luar selain Korea Selatan. Negara-negara ini umumnya memiliki hubungan bilateral dengan negara Korea Selatan. Informasi selengkapnya mengenai beasiswa ini dapat diakses disini.

3. Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS)

Adapun Pendaftar merupakan pelajar asal Asia yang tidak memiliki kewarganegaraan Jepang dan China. Yang jumlah penerima beasiswa kurang lebih 20 mahasiswa. Dan Subsidi yang diberikan:

  • Pembebasan biaya kuliah selama 4 semester
  • Penanggungan biaya hidup sebanyak 500,000 KRW per bulan
Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran akan dimulai beriingan dengan periode penerimaan siswa internasional setiap semesternya. Prosedur penyeleksian pendaftaran diantaranya ialah melakukan pengajuan aplikasi penerimaan di kantor penerimaan SNU. Kemudian pendaftar perlu mengajukan aplikasi beasiswa ke kantor urusan internasional SNU. Selanjutnya ialah seleksi yang dilakukan oleh departemen yang dipilih, dengan melihat dokumen penerimaan. Tahap terakhir ialah keputusan final dari permohonan pengajuan beasiswa ini. 

4. Silk-Road Scholarship

Pendaftar merupakan negara yang berasal dari wilayah perdagangan jalur sytera uang tertarik untuk mempelajari humaniora atau ilmu sosial seperti bahasa Korea, sejarah, budaya, politik, maupun ekonomi. Jumlah penerima diperkirakan sebanyak 5 mahasiswa. Dan Subsidi yang diberikan:

  • Pembebasan biaya kuliah penuh selama 4 semester
  • Penanggungan biaya hidup maksimal 600,000 KRW selama 4 semester
  • Tiket pesawat perjalan pulang pergi kelas ekonomi, dengan harga maksimum 1,000,000 KRW
  • Pembebasan biaya pelatihan bahasa korea
Prosedur Pendaftaran

Periode pendaftaran akan dilakukan setiap semester di musim gugur pada waktu penerimaan siswa internasional. Prosedur seleksi dilakukan sama seperti halnya dengan pengajuan permohonan beasiswa yang dilakukan oleh GSFS yang diantaranya ialah melakukan pengajuan aplikasi penerimaan di kantor penerimaan SNU. Kemudian pendaftar perlu mengajukan aplikasi beasiswa ke kantor urusan internasional SNU. Selanjutnya ialah seleksi yang dilakukan oleh departemen yang dipilih, dengan melihat dokumen penerimaan. Tahap terakhir ialah keputusan final dari permohonan pengajuan beasiswa ini. Informasi selengkapnya mengenai Seoul National University dapat di cek disini.

universitas kaist

Mengapa Memilih Mediamaz Scholar?

Mediamaz Scholar memiliki berbagai jenis layanan yang akan menunjang sobat Meddy untuk menggapai cita-cita dan impiannya. Kehadiran layanan konsultasi beasiswa, kursus bahasa, visa pelajar, dan layanan lainnya Dengan hadirnya pelayanan penerjemah tersumpah yang mampu menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing, tentunya akan memberikan kemudahan bagi sobat Meddy untuk menyelesaikan proses kelengkapan dokumen. Segera cek informasi layanan kami disini dan follow juga Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top