festival self reward -canada

Seputar Budaya Kanada: dari Self Reward hingga Thanksgiving!

Halo Sobat Meddy, saat ini kita akan membahas sebuah keunikan moment di negara yang terletak di ujung benua Amerika, yang lebih dikenal dengan julukan Negara Pecahan Es serta menjadikan Daun Maple sebagai ikon negara. Apakah Sobat Meddy sudah mengetahui negara tersebut? jawabannya adalah Kanada! Salah satunya akan membahas budaya self reward ala masyarakat kanada. Ya, kali ini kita akan menyajikan informasinya seputar budaya dan tradisi di Kanada. Simak informasinya ya!

Self Reward itu Apa, Sih?

Tentu kamu sudah pernah dengar dengan kalimat ini. Self reward adalah salah satu upaya untuk menyenangkan diri atau memberi hadiah atas apa yang sudah kamu lakukan. Baik suatu usaha yang menguntungkan diri mu sendiri atau orang lain. Sebenarnya untuk dibeberapa negara termasuk indonesia tidak memiliki budaya mencolok untuk melakukan aksi menghadiahi diri sendiri.

Kalau kamu, self reward apa yang pernah kamu lakukan? Menonton bioskop sendiri, ke mall atau beli sesuatu yang sudah kamu inginkan dari dulu? Hal itu sudah biasa dilakukan. Tapi tahukah kamu kalau di negara Kanada memiliki budaya tersendiri untuk melakukan self reward nya! Yuk, kenalan dengan budaya Kanada!

Kenali Budaya-budaya yang Masih Eksis Di Kanada

Self reward di kanada

Sobat Meddy, tahukah kamu kalau negara Kanada merupakan negara yang mempunyai tradisi dan budaya yang unik yaitu asimilasi bangsa Eropa dan dekat dengan Amerika Serikat. Tapi sebelum lebih jauh, sebagai informasi Kanada merupakan negara dengan luas wilayah sekitar 9.984.670 km² yang beriklim dingin. Dengan sistem dan kualitas pendidikan di kanada yang diakui secara internasional dan Pemerintahan yang mendukung pendidikan melalui fasilitas pendanaan. Tidak hanya itu saja, Kanada menjadi lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman, apalagi biaya studi yang sangat kompetitif. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di Kanada.

Mengenal Budaya Kanada, Ternyata Tidak hanya Self Reward Saja!

Tak kenal, maka tak sayang! Nah, untuk itu supaya Sobat Meddy lebih lebih termotivasi agar dapat pergi ke Kanada dengan tujuan tertentu, mungkin kamu bisa mengenali seluk-beluk Kanada melalui tradisi dan budayanya yang unik. Apa saja? Berikut informasinya! 

1. Berbahasa Perancis, Ini Provinsi Unik di Kanada

kanada

Seperti yang kita bahas di atas, bahwa negara ini merupakan akar dari Eropa dan berhasil terbangun kedekatannya dengan Amerika Serikat. Maka tradisi dan budaya Kanada adalah perpaduan unik dari beberapa budaya. Seperti yang terjadi di provinsi Quebec menjadi provinsi yang hanya satu-satunya berbahasa Perancis. Bahkan menjadi provinsi dengan “French traditions”, contohnya dalam percakapan sehari-hari warga Quebec biasanya berbahasa formal “vous” dengan orang baru, tidak beralih ke “tu” yang lebih santai kecuali dalam undangan tertentu. Umumnya warga Quebec untuk saling menyapa melakukannya dengan ciuman di setiap pipi kiri lalu kanan (di Indonesia dikenal dengan cipika-cipiki). Sedangkan berjabat tangan adalah tradisi umum di seluruh Kanada.

Self Reward ala Provinsi Quebec

Hal umum lainnya yang biasa dilakukan oleh warga Quebec adalah menghadiri pesta makan makan malam, Self Reward dengan membeli anggur berkualitas tinggi  dan mengirim bunga sebelumnya adalah hal yang biasa dilakukan penduduk Kanada.

 2. Moment Self Reward di Thankgiving Day

self reward di momen thanksgiving

 

Sobat Meddy, Thanksgiving adalah Hari Pengucapan Syukur Umum kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas panen berlimpah yang telah diberkati kepada Kanada. Meskipun umumnya Kalkun dan Pai Labu masih menjadi makanan utama di  Thanksgiving di Kanada. Namun, hari pelaksanaan thanksgiving ini berbeda dengan Amerika, dimana Negara Pecahan Es ini merayakannya selalu tepat di “Senin kedua di bulan Oktober” dan menjadi hari libur resmi nasional, uniknya ini tidak berlaku bagi salah satu provinsi di Kanada, yaitu provinsi atlantik.

Self Reward di momen Thanksgiving

Biasanya, saat momen thanksgiving orang-orang kanada akan menghabiskan waktu mereka untuk memasak dan menjadikan hal tersebut sebagai Self Reward mereka. Karena, mereka bisa menghadiahi diri mereka sendiri dengan memasak masakan kesukaan. Selain itu biasanya mereka akan berkumpul bersama sekaligus saling memberikan hadiah. Thanksgiving tidak hanya diperuntukkan bagi orang lain saja, melainkan diri sendiri juga!

3. Tahun Baru, Saatnya Pejabat Menerima dan Menyambut Tamu

self reward di tahun-baru

Di Kanada, perayaan semacam ini dikenal sebagai New Year’s Levee atau tradisi Tanggul Tahun Baru. Ini merupakan Tradisi Eropa Kuno, yang mungkin saat ini kanada menjadi satu-satunya negara yang masih mewarisi ini sejak tahun 1600-an. Gambarannya, acara ini difasilitasi oleh Wakil Gubernur dan Gubernur Jenderal dari masing-masing provinsi untuk memberikan tanda dimulainya tahun baru dan memungkinkan warga untuk memberikan penghormatan.

Self Reward ala Kota Edmonton

Kota Edmonton, penduduk dapat melakukan self reward dengan cara mengunjungi Government House. Disana, kamu bisa menikmati minuman dan mengirim kartu pos ke pasukan Kanada yang bertugas di luar negeri (biasanya kerabat atau sanak saudara terdekat), hal seperti ini juga dilakukan di unit dan markas besar Pasukan Kanada.

4. Sepatu Baru di Hari Anggaran Baru! Self Reward Juga?

self reward sepatu-kanada

Satu lagi yang tidak ada di Indonesia, yaitu “Budget Day” adalah sebuah tradisi budaya khas Kanada yang dimulai sejak tahun 1960 yang bertujuan menyampaikan anggaran baru. Tradisi ini melibatkan Canadian Minister of Finance dan sekarang menteri keuangan provinsi. 6 tahun berikutnya, Mitchell Sharp mencari tahu dihari Anggaran tersebut tidak ada kisah tradisi di baliknya sama sekali.

Namun ini sudah menjadi “Custom” atau kebiasaan yang dilakukan secara rutin oleh mereka pada “Budget Day”. Seperti yang terkenal di tahun 2016-2017, Menteri Keuangan Bill Morneau mengenakan sepatu renda hitam baru, yang masing-masing dibuat oleh perancang Kanada yang berbeda. Jadi, bisa kita pastikan, kalau Menteri Keuangan disana pasti setiap tahunnya selalu ganti berbagai model sepatu ya?

Nah, itulah informasi yang dapat Meddy berikan alam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi tentang Seputar Budaya di Kanada, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi kamu berkuliah di Kanada yaa. Untuk info lebih lanjut, Sobat Meddy bisa kunjungi laman resmi kampus yang kamu tuju. 

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa Yang Bisa Meddy Bantu?

Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar yaa. Terima kasih! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top