Letter of Acceptance

Serba – Serbi Letter of Acceptance: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

LoA atau Letter of Acceptance atau dikenal juga dengan Letter of Guarantee. Salah satu dokumen ini pasti sobat Meddy temui di persyaratan – persyaratan beasiswa luar negeri. Bagi sobat Meddy yang baru pertama kali mendaftar beasiswa luar negeri, mungkin akan bertanya – tanya apa itu Letter of Acceptance dan bagaimana cara mendapatkannya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, kali ini Meddy akan membahas secara lengkap mengenai Letter of Acceptance.

Serba – Serbi LoA (Letter of Acceptance)

LoA atau Letter of Acceptance atau bisa disebut dengan Letter of Offer adalah surat resmi dari universitas yang menunjukkan bahwa sobat Meddy sebagai pendaftar telah secara resmi diterima di universitas tempat kamu mendaftar. Letter of Acceptance merupakan salah satu elemen penting ketika melamar beasiswa di luar negeri. Tanpa surat ini, sobat Meddy tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjut karena dianggap tidak memiliki izin belajar oleh pihak kampus tujuan. Seringnya pelajar yang gagal mendapatkan Letter of Acceptance disebabkan karena tidak memenuhi persyaratan kampus. Padahal telah dinyatakan lolos seleksi oleh donatur. Nah, untuk itu sobat Meddy harus mengetahui lebih dalam ya mengenai serba – serbi LoA tersebut. Untuk contoh Letter of Acceptance, sobat Meddy dapat melakukan reasearch terlebih dahuu di google sebelum mulai menulis.

Jenis – Jenis Letter of Acceptance

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu proses awal  untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri adalah memperoleh LoA (Letter of Acceptance) atau surat pernyataan dari kampus yang bersangkutan. Sebelum membahas mengenai tips memperoleh LoA, sobat Meddy harus tahu dulu kalau LoA ini memiliki 2 jenis loh, yaitu:

  1. LoA Unconditional

LoA (Letter of Acceptance) Unconditional merupakan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang menyatakan bahwa pendaftar telah diterima sebagai mahasiswa di jurusan yang didaftarkan. Biasanya setelah mendapatkan LoA Unconditional, pendaftar dipersilahkan untuk melanjutkan proses pendaftaran yaitu dengan membayar biaya pendidikan. LoA Unconditional ini juga dapat digunakan untuk mengajukan beasiswa baik dari kampus yang bersangkutan maupun beasiswa lainnya. Dengan adanya LoA ini, pendaftar dapat menunjukkan poin unggul kepada lembaga beasiswa tujuan. Menyatakan bahwa pendaftar telah lulus berbagai syarat yang menjadi persyaratan kampus yang dituju.

        2. LoA Conditional

LoA (Letter of Acceptance) Conditional merupakan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang menyatakan bahwa pendaftar diterima secara bersyarat. Bersyarat dalam arti terdapat satu atau lebih hal yang harus dipenuhi pendaftar untuk kemudian dapat memperoleh Unconditional LoA.

Hal yang harus dipenuhi biasanya merupakan persyaratan dari jurusan yang dituju. Sebagai contoh, nilai sertifikat bahasa, ijazah atau transkrip akademik dari sekolah atau perguruan tinggi sebelumnya, surat rekomendasi atau hal lain yang tertulis di LoA Conditional.

Tips Memperoleh Letter of Acceptance

Setelah sobat Meddy mengetahui tentang Letter of Acceptance dan jenisnya, Meddy akan memberikan kamu tips nih untuk memperoleh LoA dari universitas yang kamu tuju, yuk di cek:

  1. Tentukan negara dan kampus tujuan

Langkah penting pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mengetahui dan kenal dengan negara tujuan. Jika belum pernah ke sana, kamu bisa menjelajah sejarahnya melalui internet, e-book, dan portal berita daring. Setelah negara, maka selanjutnya cari di mesin pencarian Google jurusan yang ingin kamu tekuni. Lalu, nanti akan muncul daftar universitas beserta detail untuk cek kredibilitasnya. Usahakan pilih universitas yang menduduki peringkat 200 besar di dunia ya guys. Mumpung di kasih kesempatan sekolah ke luar negeri gratis, maka pilihlah tempat yang dapat membangun kualitas dirimu menjadi lebih baik.

       2. Perhatikan baik – baik persyaratan berkas Letter of Acceptance yang diperlukan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Letter of Acceptance memiliki dua jenis yakni LoA Unconditional dan LoA Conditional. Pendaftaran LoA ini gratis ya guys tidak berbayar, jadi kamu harus hati – hati jika ada yang meminta bayaran! Beberapa negara juga sudah menggunakan sistem online untuk pendaftaran universitas. Perhatikan syarat dokumen yang harus di unggah. Ingat! Jangan menunda hingga mendekati tenggat waktu demi menghindari gangguan jaringan internet atau website.

      3. Cantumkan alamat rumah dan surel secara lengkap

Pihak kampus memerlukan waktu untuk memutuskan pantas atau tidaknya kamu menjadi mahasiswa di sana. Jika pihak admisi kampus memberikan kabar baik, maka LoA akan dikirimkan melalui surel (email) atau pos. Maka dari itu, jangan cantumkan alamat email yang aneh – aneh ya guys. Supaya instan, sobat Meddy bisa mencantumkan alamat rumah kamu di tanda signing out surel.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk memperoleh LoA

Untuk mendaftar beasiswa atau universitas yang dituju, tentu sobat Meddy harus mempersiapkan berbagai dokumen penting, nih. Berikut dokumen yang harus sobat Meddy persiapkan, jangan sampai ada yang tertinggal ya.

  1. Ijazah dan transkrip nilai berbahasa Inggris
  2. Resume
  3. Surat rekomendasi
  4. Melampirkan tulisan ilmiah atau rangkuman skripsi
  5. Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris minimal C1
  6. Motivation Letter

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, penjelasan singkat mengenai serba – serbi Letter of Acceptance yang wajib sobat Meddy ketahui. Bagi Sobat Meddy yang ingin mengetahui informasi beasiswa luar negeri, sobat Meddy bisa langsung mengunjungi website resmi Media Scholar, follow juga instagram @mediamazscholar ya! Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top