smmptn-barat-2022

Jangan Nyerah! Inilah 4 Langkah Daftar SMMPTN Barat 2022

Halo, sobat Meddy! Bagaimana aktivitas kamu hari ini? semoga sobat Meddy sehat selalu yaa. Nah, kali ini Meddy akan menyajikan berita tentang seleksi masuk universitas negeri yang berada di bagian barat Indonesia loh, yaitu SMMPTN BARAT atau seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri barat tahun 2022, dan di jalur ini mungkin saja terdapat beberapa kampus yang bisa mewujudkan mimpi kamu untuk melanjutkan kuliah. Jadi, simak terus informasinya!

smmptn-barat-2022

Mengenal SMMPTN BARAT 2022, Jalur Mandiri Masuk Universitas Negeri

Sobat Meddy, apakah kamu sebelumnya sudah mengenal SMMPTN BARAT 2022? Mungkin, yang sering  kita dengar adalah SNMPTN, SBMPTN, SIMAK, SNMPN dan lain sebagainya. Tapi, tahukah kamu kalau ada jalur masuk perguruan tinggi negeri jalur mandiri dengan tujuan kampus yang berada di wilayah barat Indonesia? Jawabannya ada, yaitu melalui SMMPTN BARAT 2022. Dimana SMMPTN BARAT 2022 adalah SMM PTN–BARAT 2022 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS–PTN Indonesia Wilayah Barat.

Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN–BARAT. Jalur seleksi mandiri masuk PTN yang diselenggarakan berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020. Dalam Pasal 3 ayat (1) peraturan tersebut disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Maka, para Rektor PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-BARAT) bersepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat (SMM PTN-BARAT).

Mana Saja Universitas Negeri Yang Masuk Di Jalur Seleksi ini?

PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2022 adalah sebagai berikut

  1.     Universitas Syiah Kuala (USK),
  2.     Universitas Jambi (UNJA),
  3.     Universitas Lampung (Unila),
  4.     Universitas Bengkulu (UNIB),
  5.     Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang,
  6.     Universitas Palangka Raya (UPR),
  7.     Universitas Malikussaleh (Unimal),
  8.     Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),
  9.     Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH),
  10. Universitas Bangka Belitung (UBB),
  11. Universitas Teuku Umar (UTU),
  12. Institut Teknologi Sumatera (ITERA),
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh,
  14. Universitas Samudra (Unsam),
  15. Universitas Riau (UNRI),
  16. Universitas Siliwangi (UNSIL),
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta),
  18. Universitas Sumatera Utara (USU),
  19. Universitas Andalas (UNAND),
  20. Universitas Negeri Padang (UNP),
  21. Universitas Tanjungpura (UNTAN),
  22. Institut Pertanian Bogor (IPB),
  23. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau),
  24. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar),
  25. dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

smmptn-barat-2022

Kapan Pendaftaran SMMPTN BARAT 2022 Dibuka?

  1. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April – 27 Juni 2022, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  2. Pelaksanaan UTBK SMM PTN-BARAT yaitu pada tanggal 30 Juni – 14 Juli 2022.
  3. Pengumuman kelulusan pada tanggal 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB.
  4. Unduh Tata Tertib Ujian SMMPTN Barat 2022 di sini.

Bagaimana Cara Mendaftarnya?

  1. Pendaftaran SMM PTN–BARAT 2022 dilakukan secara online.
  2. Kamu juga harus melakukan pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website  dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas akhir cetak kartu peserta pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.

Nah, itu tadi informasi yang dapat Meddy berikan dalam artikel ini. Semoga setelah menyimak dan membaca informasi SMMPTN BARAT Tahun 2022 tersebut, Sobat Meddy dapat termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan mimpi sobat Meddy berkuliah di universitas negeri yang kamu impikan. Untuk info lebih lanjut, sobat Meddy bisa klik tautan ini ya  atau kunjungi laman resmi Universitas Negeri tujuan sobat Meddy.

Baca juga: Peluang Buat Kamu Bisa Masuk “UI” Pakai Jalur Ini Loh!

3

Apa yang bisa Meddy Bantu?

Itulah informasi mengenai SMMPTN Barat 2022. Bagi Sobat Meddy yang tertarik untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan diri, penguasaan bahasa atau konsultasi khusus tentang pendidikan lanjutan yang bisa menunjang keberhasilan Sobat Meddy, tentu Meddy senantiasa bisa membantu kamu di layanan Mediamaz Scholar. Semoga setelah membaca informasi diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk melanjutkan pendidikan. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus, negara, dan fakta unik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Mediamaz Scholar, jangan lupa untuk follow instagram @mediamazscholar ya. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top