Solusi Lengkap Beasiswa Luar Negeri – Mediamaz Scholar

logo - mediamaz scholar

Mediamaz Scholar

Member Of Mediamaz Group

software engineer

Kenalan Dengan Software Engineer dan Bagaimana Karirnya dimasa Depan

Halo Sobat Meddy! Pekerjaan di bidang IT (teknologi informasi) memang dikenal sebagai pekerjaan yang sulit, namun gajinya pasti tidak main-main, termasuk software engineer. Rekayasa perangkat lunak adalah profesi penting bagi setiap perusahaan.

Dilihat dari namanya yang keren banget. Menurut kamu apa tugas dan tanggung jawab utama dari pekerjaan ini? karena melibatkan proses rekayasa perangkat lunak, yang berarti melibatkan beberapa tugas yang cukup penting. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut yuk kita simak penjelasannya dibawah ini! 

Apa yang dimaksud dengan Software Engineer?

Software engineer adalah profesi di bidang komputer dan perangkat lunak apa pun yang mengembangkan, memodifikasi, menulis, mendesain, dan mengidentifikasi masalah dalam perangkat lunak.

Kemajuan teknologi saat ini membuat rekayasa perangkat lunak menjadi profesi yang semakin banyak dicari. Selain dikenal sebagai pekerjaan bergaji tinggi, posisi ini juga menawarkan jenjang karir yang sangat baik di masa depan.

Seperti yang bisa kita lihat, teknologi dan teknologi digital semakin maju, bukan semakin ketinggalan jaman. Jadi, setiap industri atau perusahaan mungkin membutuhkan seorang engineer untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Jadi, Kalau kamu tertarik dengan dunia komputer dan perangkatnya, kamu jangan ragu lagi untuk memilih propesi ini karena peluang dan jenjang karir yang menjanjikan 

Tugas Seorang Software Engineer

Setelah memahami apa itu software engineer dari penjelasan di atas, apakah kamu bisa menebak apa saja tanggung jawab dan tugas seorang software engineer? Nah, kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Biasanya, pekerjaan ini melibatkan perencanaan, pemantauan, dan pemeliharaan perangkat lunak. Selain itu, kami juga mencari solusi jika ada masalah dengan perangkat lunak apa pun.

Robert Half menjelaskan bahwa seorang software enginner adalah pekerjaan yang memiliki sejumlah tanggung jawab, antara lain:

  1. Mengetahui permasalahan dan kebutuhan pengguna perangkat lunak.
  2. Merancang, membangun, dan memverifikasi sistem atau aplikasi.
  3. Bekerja dengan pengembang web untuk mengkompilasi kode agar sesuai dengan sistem perangkat lunak melalui templat gambar atau diagram.
  4. Mendokumentasikan seluruh sistem atau aplikasi tertentu sebagai bentuk tanggung jawab selama perbaikan.
  5. Kelola perangkat lunak secara rutin sehingga kamu bisa mendeteksi kesalahan lebih cepat dan memperbaikinya.
  6. Pembaruan perangkat lunak yang direkomendasikan pada sistem yang ada.
  7. Berkolaborasi dengan tim lain untuk menciptakan perangkat lunak yang baik 

Skill Yang Dibutuhkan 

Karena tugas dan tanggung jawabnya yang cukup berat, menjadi seorang engineer tentu tidak mudah. Minimal kamu harus punya softskill berikut 

  1. Cukup teliti dalam melaksanakan proyek.
  2. Memahami bahasa pemrograman.
  3. Mampu bekerja dalam kelompok.
  4. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

Jenjang Karir 

Kalau kamu bertanya-tanya, benarkah karir software engineering cukup menjanjikan? Saat ini dunia teknologi semakin berkembang, perkembangan tersebut tentunya sejalan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan tenaga ahli di bidang tersebut.

Kalau kamu minat, Hal ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan posisi ini di perusahaan impian kamu! Jangan khawatir, berikut Meddy kasih kamu  ada jalur karir yang menanti Anda, antara lain:

  1. Junior Software Engineer
  2. Software Engineer
  3. Senior Software Engineer 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu software engineer serta tugas dan tanggung jawabnya di dalam perusahaan. Jadi, apakah kamu ingin tetap terjun ke dunia IT dan teknologi? Kalau iya, maka pastikan kamu memenuhi kriteria di atas ya sobat!

Informasi Beasiswa Mediamazscholar

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top