Studi Keamanan Internasional, Belajar Apa Saja Sih?

Studi Keamanan Internasional, Belajar Apa Saja Sih?

Keamanan merupakan salah satu pembahasan atau topik yang terbilang kompleks dalam jurusan Hubungan Internasional. Sehingga, keamanan merupakan salah satu bidang yang sering dibicarakan di dunia internasional. Jika kamu adalah salah satu yang memiliki minat untuk studi Hubungan Internasional dengan fokus Studi Keamanan Internasional, yuk kita bahas lebih dalam di artikel berikut.

Serba Serbi Jurusan Hubungan Internasional hingga Studi Keamanan Internasional

Berikut ini beberapa informasi mengenai jurusan HI sampai studi keamanan internasional. Yuk, disimak!

A. Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan jurusan kuliah yang berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, serta kemiskinan melalui kerja sama antarnegara. Kuliah di jurusan ini memungkinkan sobat Meddy untuk merasakan atmosfer internasional melalui berbagai simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia, salah satunya sidang PBB.

B. Alasan Kuliah Hubungan Internasional

Inilah 4 alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan untuk kuliah jurusan HI.

  • Seorang lulusan HI biasanya memiliki peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional seperti PBB. Nilai plus jika sobat Meddy memiliki kemampuan berbahasa Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Kemampuan bahasa ini menjadi peluang untuk bergabung dengan lembaga internasional.
  • Lulusan HI menjadi salah satu prioritas bagi Kementerian Luar Negeri dalam merekrut calon Diplomat.
  • Dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional, pilihan lapangan kerja bagi para lulusan jurusan Hubungan Internasional semakin bervariasi.
  • Dengan kemampuan analisis akan masalah-masalah di dunia Internasional, industri media juga membutuhkan lulusan HI baik di depan maupun di belakang layar.

C. Studi Keamanan Internasional

Salah satu sub kajian dalam Ilmu HI yaitu studi keamanan internasional mempelajari segala hal yang berkaitan dengan keamanan, baik keamanan Negara maupun keamanan manusia. Studi Keamanan Internasional bukanlah sesuatu hal yang asing bagi seorang yang bergelut di Hubungan Internasional. Konsentrasi ini sendiri merupakan bidang ilmu yang berkembang cukup cepat di era perang dingin. 

Konsentrasi keamanan adalah subdisiplin tradisional politik internasional yang didedikasikan untuk perang, keamanan, kekerasan, terorisme dan peran negara, organisasi dan individu dalam melakukan dan memerangi yang konflik-konflik yang telah disebutkan sebelumnya. Studi ini kritis tidak hanya terbatas pada kekerasan, tetapi juga mencakup masalah yang berkaitan dengan penggunaan dan penyalahgunaan kekuasaan, keadilan, dan hak warga negara.

Di mata kuliah ini, sobat Meddy akan belajar tentang asumsi teori-teori besar seperti realism, liberalism, dan juga konstruktivisme untuk melihat pandangan mereka terhadap keamanan khususnya keamanan Negara. Setelah itu sobat Meddy juga akan membahas materi-materi seperti Studi Perdamaian, Perang, Senjata Pemusnah Massal, Perdagangan Senjata, Intervensi Kemanusiaan, dan Strategi Pertahanan Negara.

D. Modul Konsentrasi

Berikut modul konsentrasi yang akan dipelajari, jika kamu mengambil studi Keamanan Internasional:

  1. Studi Perang.
  2. Keamanan Global.
  3. Konflik Tanpa Kekerasan: Teori dan Aplikasi.
  4. Migrasi Global.
  5. Hak Asasi Manusia.

E. Universitas Terbaik dengan Konsentrasi Studi Keamanan Internasional Terbaik di Dunia

Konsentrasi ini dapat dibilang atau termasuk dalam kategori jurusan Hubungan Internasional. Berikut daftar universitas terbaik dengan jurusan Hubungan Internasional dan konsentrasi Studi International Security terbaik di dunia:

1. Harvard University

Harvard memiliki fakultas terbesar di kampusnya, yaitu Faculty of Arts and Sciences (FAS). Fakultas ini juga menaungi program magister HI yang dikenal akan dedikasinya menjadi terdepan dalam pengajaran dan pembelajaran.

 2. Princeton University

Jurusan Hubungan Internasional di Princeton sering melakukan penelitian dan melatih siswa di seluruh bidang teori dan metode (historis, statistik dan formal). Serta kepentingan penelitian substantif (Studi Keamanan, Hukum dan Organisasi Internasional, Ekonomi Politik, Masyarakat Sipil Transnasional dan Analisis Normatif)

3. Sciences Po

Science Po memiliki pendekatan Hubungan Internasional yang terintegrasi dalam sejarahnya. Institusi ini menawarkan program magister HI yang menawarkan pelatihan sangat baik dalam ilmu Politik.

4. University of Oxford

Universitas Oxford memiliki departemen dengan nama The Department of Politics and International Relations (DPIR) Oxford. Department ini merupakan pusat pengajaran dan penelitian yang dikenal secara internasional dan menjadi salah satu yang terbesar di Inggris.

5. The London School of Economics and Political Science (LSE)

Berada di tahun ke-92, LSE memiliki salah satu departemen Hubungan Internasional tertua dan terbesar di dunia dengan reputasi internasional.

Baca juga: Apa Saja Jurusan Yang Paling Diminati Di Dunia? Simak Informasinya!

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi mengenai, konsentrasi Studi International Security. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jurusan Hubungan Internasional dan mau memperdalam perihal keamanan bisa nih pilih Studi Keamanan Internasional. Nah, banyak banget loh universitas dunia yang dengan jurusan Hubungan Internasional terbaik. Banyak juga beasiswa yang terbuka untuk pelajar Indonesia yang tentu dapat kamu manfaatkan. Yuk, persiapkan segala persiapan dokumen pendaftarnnya! Kalau kamu masih bingung, kamu bisa konsultasi dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami disini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top