Tentang Ivy League dan 8 Universitas Terkenal dan Bergengsi

Diimpikan Banyak Orang, Begini 8 Univ Bergengsi yang Masuk Ivy League USA!

Kuliah di kampus bergengsi merupakan impian setiap orang yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika sobat Meddy memiliki keinginan untuk kuliah ke Amerika, kamu mungkin sering atau pernah mendengar istilah ivy league. Apa sih sebenarnya ivy league itu? Universitas mana saja yang termasuk dalam kelompok ivy league? Banyak referensi dari film – film Hollywood yang berlatar belakang kehidupan mahasiswa seperti Legally Blonde. yang menunjukkan sang protagonis belajar dengan tekun untuk bisa masuk ke Harvard Law School. Hal tersebut memang tidaklah mudah. Bagaimanapun, Harvard University merupakan bagian dari kampus Ivy League. Kali ini Meddy ingin mengajak sobat Meddy untuk berkenalan dengan 8 universitas anggota Ivy League. Yuk, disimak!

Mengenal Ivy League dan 8 Anggotanya

Ivy League merupakan sebutan untuk sejumlah universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Semua universitas yang termasuk dalam kelompok ini memiliki masing-masing sejarah yang menarik dan juga penting dalam pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Ivy League dapat dikatakan juga sebagai sebuah asosiasi atau perkumpulan dari 8 universitas yang berlokasi di Amerika Utara. Dengan istilah lain menandakan kesempurnaan dan elite di dunia akademis. Universitas ini dapat disebut dengan istilah lain yakni delapan sekolah kuno.

Seluruh anggotanya mempunyai satu kesamaan yaitu mereka adalah universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top Amerika dan dunia. Selain itu, jumlah mahasiswa S1 di delapan universitas tersebut juga sangat sedikit, misalnya saja di Dartmouth University sekitar 4.100 mahasiswa dan Cornell University hanya 13.700 saja. Mereka semua terletak di bagian timur laut Amerika Serikat dan didirikan selama masa kolonial Amerika, dengan pengecualian Cornell. Anggota ini adalah universitas swasta, terkecuali Universitas Cornell yang semi – swasta.

8 Universitas Anggota Ivy League 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa terdapat 8 universitas yang termasuk dalam kelompok ini. Kedelapan universitas ini awalnya merupakan universitas – universitas yang kompetitif di bidang atletik. Berikut ini delapan universitas anggotanya, antara lain:

  1. Universitas Harvard, Massachusetts, didirikan tahun 1636
  2. Universitas Yale, Connecticut, didirikan tahun 1701
  3. Universitas Princeton, New Jersey, didirikan tahun 1746
  4. Universitas Columbia, New York, didirikan tahun 1754
  5. Universitas Brown, Rhode Island, didirikan tahun 1764
  6. Universitas Dartmouth, New Hampshire, didirikan tahun 1769
  7. Universitas Pennsylvania, Pennsylvania, didirikan tahun 1749
  8. Universitas Cornell, New York, didirikan tahun 1865

Awalnya memang hanya sekedar tentang tim atletik. Akan tetapi, kemudian popularitas dari kedelapan universitas ini terus meningkat. Hal ini menyebabkan standar dari performa para mahasiswa serta pendaftaran dari masing-masing universitas meningkat dengan pesat. Tidak heran, kampus-kampus yang tergabung di dalamnya memiliki kompetitif yang tinggi di bidang olahraga. Tidak hanya bidang atletiknya saja, namun beberapa jurusan dari kampus Ivy League juga banyak difavoritkan orang-orang, seperti hukum, teknik elektro, hingga bisnis. 

Keistimewaan dari Kampus Ivy League

Ketika mencari informasi mengenai universitas terbaik di Amerika Serikat. Tak heran apabila universitas – universitas bergengsi ini menjadi pilihan. Bahkan, menjadi tujuan bagi sebagian besar orang. hal ini tidak mengherankan karena memang universitas ini banyak menarik perhatian. Tidak dapat dipungkiri bahwa universitas – universitas bergengsi ini menggunakan banyak sekali sumber daya untuk menarik perhatian para pelajar yang pandai, pekerja keras dan juga mencari karier yang menjanjikan. Hal tersebut juga didorong oleh beberapa fakta yang menyatakan bahwa banyak sekali bidang yang didominasi oleh Ivy League. Mulai dari hukum, kesehatan, teknik elektro, hingga bisnis. Jadi, apabila kamu mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di salah satu universitas ini, maka pintu karier kamu akan terbuka lebar di masa depan.

Artis Hollywood Lulusan Ivy League

Berikut adalah deretan artis Hollywood yang merupakan lulusan dari universitas Ivy League, loh!

  1. Natalie Portman – Universitas Harvard
  2. John Legend – Universitas Pennsylvania
  3. Emma Watson – Universitas Brown
  4. Maggie Gyllenhaal – Universitas Columbia

Baca juga: Wow, Ternyata Disini! Pusat Pendidikan Terbesar Di Asia

Layanan Mediamaz Scholar

Nah itulah penjelasan singkat mengenai kampus Ivy League mulai dari anggota dan lulusannya. Sudah pasti ketika sobat Meddy kuliah di sana, peluang dalam berkarir pasti sangat cemerlang loh. Semoga setelah membaca artikel diatas sobat Meddy menjadi semakin termotivasi untuk kuliah di luar negeri.  Yuk sobat Meddy, semangat dalam mencapai cita – cita. Masih bingung apa saja sih persiapan dokumen untuk bisa mendaftar beasiswa atau universitas Ivy League ini? Tenang! Kamu bisa konsultasikan kebingungan kamu tersebut dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Kami juga memiliki layanan TOEFL Prediction Test , jadi tunggu apalagi? Langsung hubungi kami di sini.

Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top