Bahasa Jerman

Tercengang! Fakta Bahasa Jerman Ini Dibocorkan Oleh SPITZE STUDIUM

Seperti yang sudah kamu tahu bahwa semakin hari dunia semakin berkembang dari segi kebudayaan, gaya hidup, sosial dan bahasa. Nah, tentunya kamu sudah pernah mendengar, entah itu di media sosial, artikel, media televisi, dan lainnya bahwa bahasa internasional yang saat ini digunakan adalah bahasa Inggris. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada bahasa lain yang dianggap penting kedua di dunia? Yap, Bahasa Jerman.

Bahasa Jerman sering dianggap bahasa yang terbilang sulit untuk dipelajari. Ada sebagian yang menganggap pengucapan atau pelafalan dari bahasa ini  yang sulit, cara membaca kalimat bahasa Jerman yang ribet, atau penggunaan frasa dengan aturan feminisme dan maskulin yang membuat kita sulit untuk membedakan cara penggunaannya. Yuk, kira-kira fakta apa lagi ya tentang bahasa Jerman yang belum kita ketahui ? Simak infonya di sini.

Jarang Ada yang Tahu, Inilah Fakta Unik Bahasa Jerman

Bahasa Jemran

Tidak semua pendidikan di indonesia terutama pada jenjang sekolah menengah atas yang mempelajari bahasa Jerman baik sebagai mata pelajaran umum, peminatan, atau ekstrakulikuler. Bisa dibilang, keberadaannya bisa terhitung jari. Nah maka dari itu yuk kita kulik lebih dalam mengenai fakta-fakta bahasa Jerman baik yang ada di Indonesia maupun fakta dari luar negeri.

  • Bahasa Jerman Mulai Dilirik oleh Banyak Negara

Tahukah kamu bahwa bahasa ibu dari negera Jerman ini sudah mulai banyak peminatnya di sejumlah negara termasuk di Indonesia, lho! Berdasarkan sumber dari Goetheinstitute.de mengatakan bahwa jumlah peminat bahasa Jerman mencapai 15,4 juta penduduk di seluruh dunia (Data tahun 2020). Di Indonesia sendiri peminat untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di jurusan bahasa Jerman meningkat hingga 16,96%.

  • Bahasa yang Paling Sering Digunakan di Uni Eropa

Tahukah kamu, bahasa ini merupakan satu-satunya bahasa resmi di tiga negara. Yaitu Jerman, Austria, dan liechtenstein. Namun walau begitu, faktanya sekitar 100 juta orang yang menjadikan bahasa ini adalah bahasa ibu mereka. Tidak heran, negara Jerman memiliki penduduk dari berbagai negara di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Bertahan Selama 47 Tahun, “Nasida Ria” Tampil Memukau Kembali Di Jerman 2022

  • Memiliki Dialek yang Sulit Untuk Diucap

Sebenarnya tidak hanya bahasa Jerman saja memiliki dialek sulit. Namun dikatakan bahasa ini memiliki keistimewaan dimana Bahasa Ini dikenal dengan kata majemuk. Itu berarti kamu dapat menggabungkan kata benda dengan cara yang tidak terbatas. 

Berdasarkan Sumber dari Detiknews.com, Contoh kalimat yang memiliki beberapa kata terpanjang ialah:

  1. Rindfleischetikettierungsüberwachungsaufgabenübertragungsgesetz 

Kata panjang yang  terdiri dari 67 huruf ini berarti “Hukum penyerahan tugas mengenai pengawasan pelabelan daging sapi’

  1. Grundstcksverkehrsgenehmigungszustndigkeitsbertragungsverordnung

 terdiri dari 67 huruf, kata panjang ini berarti “Aturan penyerahan tugas pengaturan yurisdiksi tentang izin untuk kendaraan bermotor di properti privat.

  1. Straenentwsserungsinvestitionskostenschuldendienstumlage

terdiri dari 58 huruf, dan artinya “realokasi pengelolaan hutang dari biaya yang terkait dengan investasi publik dalam drainase jalan” 

  • Kata Benda yang Memiliki Gender

Jika biasanya gender digunakan untuk membedakan jenis kelamin makhluk hidup, berbeda di Jerman. Di negara Jerman, kata benda yang mereka ucapkan memiliki gender. Yakni feminin dan maskulin. 

Contohnya, Meja. Disana, meja dianggap ‘laki laki’. Bahasa Jermannya adalah Der Tisch

Sedangkan Tas sering dikaitkan oleh perempuan. Maka bahasa Jermannya adalah Die Tasche

  • Memiliki Huruf yang Tidak Ada di Bahasa Lain

Pernahkah kamu melihat simbol ‘ß’ pada tombol keyboard pada gadget mu? Nah, itu merupakan simbol untuk huruf “Sz” atau biasa disebut Eszett. Mudahnya, huruf ini melambangkan huruf S yang lebih tebal. 

Contohnya: Heißen, dibacanya Heissen/Heiszen

Ketahuilah Manfaat Mendaftar Pelatihan Bahasa Jerman

Setelah kita melihat fakta-fakta menarik perihal bahasa ibu Uni Eropa, tahukah kamu bahwa belajar bahasa Jerman juga memiliki manfaat, lho!

  • Membuka peluang untuk berkarir di negara Jerman 

Negara Jerman faktanya memiliki sejumlah perusahaan besar yang menawarkan pendapatan tinggi. Misalnya Adidas, Allianz, Mercedes-Benz. Gaji rata-rata yang bisa kamu peroleh di sana bisa sekitar 12 Euro per jam. Atau sekitar Rp 195,000 lho!

  • Mengenyam Pendidikan di Negara Jerman

Jerman terkenal dengan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik. Metode pengajaran di Jerman pun dianggap efektif. Karena pendidikan di negara Jerman tidak menerapkan sistem ujian. Melainkan penelitian dan analisa yang melibatkan muridnya.

  • Mempermudah Saat Travelling

Travelling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Saat berlibur di negara orang, besar keinginan kita untuk mengulik daerah tersebut dari segala aspeknya. Tentu akan terasa lebih mudah apabila kita bisa menguasai bahasa asing. Kamu juga bisa menjadi seorang translator atau penerjemah antara bahasa Jerman ke bahasa indonesia. 

Baca Juga : Berbuah Manis! Ini Kisah ‘Sabar’ Erika Meraih Program Ausbildung Jerman

Jago Bahasa Jerman Kini Bukanlah Sekadar Angan-angan Saja

Bahasa Jerman

Di zaman yang sudah berkembang ini pastinya belajar bahasa asing merupakan hal yang paling penting. Pasalnya, sudah banyak institusi atau perusahaan yang menuntut kamu agar dapat berbahasa asing agar kamu dapat berkomunikasi oleh orang asing. Hal ini dapat menguntungkan kamu dari segi pendidikan, pengetahuan, dan pekerjaanmu kelak. Kini hadir platform yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar bahasa Jerman dari awal. 

Nikmati layanan dan fasilitas lainnya, yaitu:

  • Kursus bahasa untuk segala level A1, A2, B1,B2 dan C1
  • Konsultasi gratis mengenai persiapan ujian OSD, yaitu sistem ujian dan penilaian resmi bahasa resmi. 
  • Konsultasi jurusan, universitas, dan beasiswa yang ada di Jerman
  • Kelas persiapan Studienkolleg 
  • Konsultasi pengurusan visa pelajar 
  • Dll

Dengan begitu, kamu tidak perlu ragu untuk melanjutkan mimpimu ke negara Jerman. Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk bisa melanjutkan pendidikan Ausbildung, Aupair, FJS, dan program pelatihan lainnya, platform kursus ini cocok banget untuk kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top