Fakta Unik mengenai Negara Qatar

Tertarik Belajar di Qatar? Yuk, Simak 7 Fakta Unik Mengenai Negara Qatar!

Qatar merdeka pada 3 September 1971. Pada awalnya perekonomian Qatar hanya mengandalkan perikanan dan mutiara, namun mutiara dari Qatar berhasil dikalahkan oleh mutiara milik Jepang pada tahun 1920-1930-an. Tulang punggung ekonomi yang tadinya perikanan dan mutiara berubah ketika ditemukannya minyak bumi. Selain dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, Qatar juga terkenal karena memiliki pusat belanjaan mewah, arsitektur yang ultramodern, sistem pendidikan, serta kuliner yang mampu menarik para investor, mahasiswa asing, serta turis dari berbagai negara. Pada artikel kali ini, Meddy ingin menyebutkan beberapa fakta menarik dari Qatar.

Qatar merupakan negara yang terletak Asia Barat dengan luas 11.00m2. Di tahun 2020, jumlah penduduk Qatar sebanyak 2.444.174 jiwa. Meskipun bahasa resmi Qatar merupakan bahasa Arab, namun bahasa Inggris juga sering dipakai. Qatari Riyal merupakan mata uang resmi di Qatar. QR dicetak dan diatur oleh Qatar Central Bank. Bendera Qatar berwarna putih dan merah marun. Merah marun berarti pertumbahan darah saat perang Qatar, semenara putih berarti perdamaian. Buat sahabat Meddy yang tertarik untuk belajar maupun berwisata ke Qatar, yuk simak tujuh fakta unik tentang Qatar sebelum kamu berkunjung ke sana.

Berbagai Fakta Menarik Negara Qatar

Berikut ini berbagai fakta menarik negara Qatar. Yuk, disimak!

1. Fakta Menarik Boneka Beruang Raksasa

Menurut SkyTrax, bandara internasional Hamad yang berada di Qatar merupakan salah satu bandara terbaik dan staff bandara terbaik di Timur Tengah. Salah satu icon yang akan menarik perhatian sahabat Meddy saat berada di bandara internasional Hamad yaitu keberadaan boneka beruang raksasa berwarna kuning. Beruang raksasa ini dibuat oleh Fischer yang seorang seniman asal Swiss. Terbuat dari perunggu cor dan memiliki berat kurang lebih 18-20 ton, boneka beruang raksasa ini diletakkan di tengah ruang tunggu dan mengarah ke aula bandara.

2. Minuman Chai Karak

Dikenal dengan nama Kadak Chai atau Masala Chai, minuman ini merupakan sebuah minuman tradisional. Chai Karak awalnya berasal dari negara Asia Selatan seperti India dan Pakistan. Menurut sejarah, para pekerja datang dari India dan Pakistan datang ke Qatar pada tahun 1950-1960-an. Para pekerja ini tidak bisa meninggalkan kesukaan mereka terhadap minuman yang satu ini karena mengingatkan mereka akan rumah. Penduduk sekitar pun tertarik untuk mencoba teh ini. Mereka kemudian terinspirasi dan mulai menambahkan beberapa bumbu. Seiring waktu, minuman ini pun menjadi bagian sehari-hari masyarakat Qatar. 

Sahabat Meddy juga bisa membuat Chai Karak dengan cara sederhana:

  • Campurkan kapulaga yang sudah dihancurkan dengan satu sendok teh hitam dan ditambahkan secangkir air mendidih. Kemudian panaskan selama beberapa menit. Bagi sahabat Meddy yang tidak tahu, kapulaga merupakan jenis rempah yang memiliki rasa sedikit manis. Biasanya kapulaga digunakan untuk menambahkan rasa serta aroma pada makanan maupun minuman.
  • Pindahkan dari minuman dari kompor. Kemudian tambahkan susu dan gula sesuai dengan selera. Sahabat Meddy juga bisa memilih menggunakan susu kental jika ingin rasa yang lebih creamy.
  • Panaskan kembali minuman selama kurang lebih dua menit.
  • Chai Karak pun siap disajikan. Minuman ini paling enak diminum saat masih panas.

3. Tempat Bertemunya Gurun dan Laut

Khor Al-Adaid atau Inland Sea merupakan sebuah tempat yang berada di Qatar dimana sahabat Meddy dapat melihat gurun pasir bertemu dengan laut. Inland Sea berada di bagian tenggara dari Qatar. Selain Doha, Inland Sea juga merupakan salah satu tempat yang wajib didatangi saat berada di Qatar. Inland Sea juga merupakan cagar alam yang telah diakui oleh UNESCO.

Dalam perjalanan menuju Inland Sea, sahabat Meddy harus menggunakan kendaraan roda empat, pemandu, serta pengemudi yang handal. Para pengunjung direkomendasikan untuk datang ke Inland Sea saat cuaca mulai sejuk dan musim dingin baru dimulai. Bisanya bulan November sampai April menjadi waktu yang tepat jika ingin berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya dapat melihat gurun pasir bertemu dengan lau, di Inland Sea sahabat Meddy juga dapat menikmati tebing berbatu, sabkha pantai, serta bukit garam.  

4. Weekend yang Berbeda

Di Indonesia weekend berada di hari Sabtu dan Minggu. Tapi, apakah sahabat Meddy tahu kalau weekend di Qatar berbeda dengan weekend di negara lainnya? Seperti yang kita tahu, Qatar merupakan negara yang mengikuti hukum Islam sehingga di negara ini weekend merupakan hari Jumat dan Sabtu. Qatar menetapkan hari Jumat sebagai hari libur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim yang akan melaksanakan shalat jumat.

5. Balap Unta dengan Robot

Ini merupakan salah satu tradisi Qatar yang sangat penting dan sudah ada selama berabad-abad. Unta pada balapan ini merupakan gambaran dari transportasi serta garis hidup di lingkungan yang keras. Balap unta pertama kali dilakukan dalam pesta pernikahan sebagai bentuk hiburan, hari ini balap unta merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan sejak ditetapkannya sebagai olahraga profesional pada tahun 1970-an. Beberapa perlombaan menggunakan anak-anak sebagai pekerja, hal ini kemudian mendapat kecaman internasional. Kemudian tahun 2005 Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani melarang anak-anak untuk berpartisipasi dalam balapan, Tahun 2017, balapan unta berubah menjadi ditunggangi oleh joki robot.

Sejak dilarangnya penggunaan joki anak-anak, joki robot mulai digunakan dengan cara diikat ke punggung unta. Robot joki ini akan dikendalikan oleh pemiliknya menggunakan remot control khusus. Berat dari robot joki ini kurang lebih 25 kg dan dinilai memacu para unta yang mereka kendarai. Kompetisi balap unta diadakan mulai dari bulan Oktober sampai Februari pada hari Jumat. Pemenang dari kompetisi ini akan dianugerahi Pedang Emas bergengsi dari Amir Yang Mulia Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani diakhir festival.

6. Prasmanan Sepanjang 100 Meter

Di bidang kuliner, keunikan dari negara Qatar dapat dilihat dari adanya penyajian prasmanan sepanjang 100 meter. The Doha Marriott menyajikan prasmanan dalam bentuk yang unik karena sahabat Meddy dapat menemukan berbagai masakan, mulai dari sarapan lengkap ala Inggris, sushi, hingga taco. Kalau sahabat Meddy tidak bisa mencicipi semua jenis masakan, kamu juga bisa hanya mengunjungi tempat ini hanya untuk mengagumi keunikannya.

7. Fakta Menarik Purple Island

Meskipun Qatar merupakan negara padang pasir dan tidak memiliki hutan sama sekali,namun ia tetap memiliki berbagai jenis flora dan fauna. Salah satunya yaitu Purple Island. Sebelumnya pulau ini digunakan oleh warga sekitar untuk memancing Mutiara. Purple Island berada di Al Khor dan menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pecinta keindahan alam. Pulau ini diberi nama Purple Island karena pulau ini digunakan sebagai tempat untuk memproduksi pewarna ungu. Saat berkunjung ke Purple Island, sahabat Meddy akan diperkenalkan dengan Kayaking.

Bagi yang belum tahu, kayaking merupakan kegiatan mengamati burung. Nah, kalau sahabat Meddy belum pernah mencoba dan tertarik ingin mencoba, maka Purple Island dapat menjadi salah satu tujuan wisata kamu saat berada di Qatar. Di tempat ini, kamu dapat melihat berbagai jenis burung yang unik dan eksotis. Selain kayaking, kamu juga dapat melakukan aktivitas lain seperti rock climbing, berjemur, maupun melakukan kita surfing. Waktu yang tepat untuk berwisata ke Purple Island yaitu antara bulan November sampai Februari. Pada bulan-bulan ini cuaca di Qatar tidak terlalu panas.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Gaya Hidup Mahasiswa di Qatar

Mediamaz Scholar

Apakah Sobat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai fakta-fakta unik negara Qatar, kira-kira apakah sahabat Meddy tertarik untuk melanjutkan mengambil beasiswa di Qatar? Fakta unik diatas hanya beberapa dari banyaknya keunikan lain yang dimiliki oleh Qatar. Tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa maupun wisatawan dari negara lain.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan disini.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top