jerome-polin

5 Tips Belajar Ala Jerome Polin

Siapa sih, yang tidak tahu jerome Polin? Jerome Polin adalah salah satu pemuda Indonesia yang mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang untuk studi S1. jerome juga merupakan salah satu Youtuber Indonesia yang selalu memberikan konten yang sangat menginspirasi dan mengedukasi para pemuda Indonesia yang ingin kuliah di Jepang. Wah, gimana ya cara belajarnya? Yuk cari tahu cara belajar efektif dan mendapatkan beasiswa di Jepang ala Jerome Polin.

Cara Belajar Efektif

Ada banyak metode belajar yang ada di sekitarmu. Semakin efektif suatu metode, maka akan semakin mudah kamu memahami isi dari materi pelajarannya. Tidak hanya siswa atau mahasiswa saja, namun setiap orang dari berbagai kalangan akan mengalami fase belajarnya masing-masing. Metode yang dipraktikkan oleh Jerome Polin ini ternyata sudah banyak diaplikasikan oleh orang-orang yang berakal cerdas lainnya lho! misalnya Maudy Ayunda. Seorang penyanyi Indonesia lulusan Oxford dan Stanford University ini juga memiliki cara belajar efektif yang gak jauh beda dengan jerome. Apa saja sih, metode-metode itu?

Gunakan Metode Belajar 50:10

Apa itu metode 50:10? Cara belajar efektif ala Jerome Polin yang pertama adalah dengan menggunakan metode belajar 50:10. Maksud dari metode ini yaitu 50 menit belajar, 10 menit istirahat. Sahabat Meddy bisa menerapkannya, karena belajar terlalu lama sudah pasti akan membuat lelah dan tidak baik untuk kinerja otak tentu akan menyebabkan materi yang kita pelajari tidak terserap dengan baik. Otak akan kesulitan untuk mencerna informasi yang baru saja kita pelajari.

Selain itu, otak tentu juga membutuhkan istirahat setelah digunakan untuk berpikir keras. Metode 50:10 ini memang sudah diterapkan oleh orang Jepang, dan tidak hanya membuat otak relax tetapi juga menciptakan mood baik untuk belajar. Saat istirahat, kamu bisa meminum segelas teh panas, susu coklat, atau kamu bisa melakukan aktifitas yang mengembalikan mood belajar kamu. Dengan begitu, kamu jadi semangat untuk mempelajari materi selanjutnya.

Cara Belajar Efektif Jerome Poline : Buat Target Belajar

Cara belajar efektif ala Jerome Polin yang kedua, adalah membuat target belajar. Nah, sebaiknya kamu tentukan dulu target belajar dan skala prioritas pada buku atau catatan kecil, sahabat Meddy. Hal ini agar sahabat Meddy tidak bingung harus memulai belajar dan mempelajari yang mana terlebih dahulu.

Kemudian, tentukan target dalam mengerjakan soal. Misalnya, dalam waktu 30 menit harus menyelesaikan setidaknya 40 soal dan begitu seterusnya. Sehingga, akan lebih produktif dan terbiasa dalam mengerjakan soal-soal. 

Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih termotivasi dan tertantang untuk mengerjakan soal-soal berikutnya. Tapi perlu diingat nih sahabat Meddy, ketika sekali kamu gagal atau merasa kesulitan dalam mengerjakan soal jangan pantang menyerah ya! Gagal merupakan langkah awal kamu untuk bisa explore kesalahan kamu dan koreksi lagi.

Cara Belajar Efektif: Reward atau Punishment

Cara selanjutnya yaitu reward  atau punishment. Dapat diibaratkan, jika semisal kamu berhasil mencapai target atau bahkan melampauinya, maka untuk merayakan keberhasilan tersebut kamu dapat memberikan hadiah bagi diri sendiri. Sebagai bentuk dan tanda bahwa ternyata kamu sanggup menyelesaikan sesuatu challenges. istilah lain dari metode ini adalah self reward. kamu bisa memberikan hadiah tersebut berupa barang, aktivitas rekreasi bersama teman atau keluarga, makan, dan masih banyak lagi.

Sebaliknya, jika gagal kamu bisa memberikan hukuman pada diri sendiri. Misalnya dengan belajar mengerjakan soal HOTS (High Order Thinking Skill). Metode ini agar kalian lebih disiplin dan rajin, dan akhirnya akan terus terpacu untuk mencapai target. Kamu juga bisa memberikan hukuman seperti tidak drakor-an, atau masih banyak lagi. tapi perlu diingat, jangan terlalu berat untuk menghukum dirimu. Hal ini bisa menciptakan efek malas.

Berkomitmen untuk Belajar Giat dan Mengumpulkan Prestasi Sebanyak-Banyaknya

Nah, dari ketiga cara belajar efektif yang sebelumnya tentu kamu juga harus berkomitmen nih untuk melakukan hal di atas. Prestasi bukan didapat melalui keberuntungan, tapi diperoleh melalui niat, usaha, dan doa. Memang tidak mudah untuk mencapai prestasi dan membutuhkan kerja keras. Kamu harus bisa berkomitmen untuk bisa fokus terhadap goals  yang sudah kamu buat sebelumnya. Motivasikan diri kamu dengan berbagai afirmasi positif agar kamu bisa jauh lebih semangat.

Ketika kamu belajar dengan sungguh-sungguh, kamu memiliki kesempatan untuk meraih prestasi. Terus kumpulkan prestasimu selagi kamu masih bisa melakukannya dan jadikan hal tersebut sebagai bekal untuk mendapatkan beasiswa atau universitas tujuan kamu di Jepang atau negara lainnya.

Pantang Menyerah dan Berusaha Dalam Menyelesaikan Soal yang Sulit

Walaupun kamu harus menempuh banyak rintangan yang ada, dan menemukan kesulitan hingga kegagalan di depan sana kamu tetap harus semangat. Jadilah, orang yang nggak mudah putus asa dalam menghadapi masalah, jalani dengan sabar dan selalu berusaha mencari solusi. Dengan kita terus berlatih dan tetap fokus meraih target yang ingin dicapai, hasil yang kita dapati tentu akan berbuah manis. Agar mangga yang dipanen berasa manis, tentu harus ada effort untuk menanam benih sampai proses merawatnya dong? begitu juga dengan proses belajar, semua akan mengalami fase naik dan turun. Percayalah pada diri sendiri bahwa kamu mampu.

Mediamaz Scholar

Inti dari artikel ini adalah kamu juga bisa memiliki mimpi yang besar dan pencapaian tinggi, namun harus diikuti dengan usaha, komitmen, dan pantang menyerah. Karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha. Apakah dengan kalian membaca artikel ini, kalian berminat untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai beasiswa dan info kuliah lainnya?

Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa luar negeri maupun dalam negeri hanya bersama kami. Silakan konsultasikan kebutuhan kamu terkait dokumen persiapan pendaftaran dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Dapatkan layanan terbaik dengan penawaran harga yang menarik. Kunjungi dan hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top