Tips Belajar Bahasa Jepang ala Yuki Kato!

Tips Belajar Bahasa Jepang ala Yuki Kato!

Siapa sih yang nggak kenal dengan artis cantik Yuki Kato? Perempuan yang lahir di Malang ini, ternyata memiliki keturunan Jepang dari ayahnya loh. Namun, fakta lainnya Yuki Kato ternyata belum fasih berbahasa Jepang, tapi dengan ketekunannya untuk mempelajari bahasa asal ayahnya tersebut beliau bisa loh fasih dalam waktu kurang lebih empat bulan. Gimana ya cara belajarnya? Yuk kita bahas tips belajar Bahasa Jepang ala Yuki Kato.

Belajar Bahasa Jepang

belajar Bahasa jepang ala yuki kato
Pict Originally from Yuki Kato‘s Instagram

Untuk kamu yang anak jejepangan, belajar bahasa Jepang sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, banyak kartun atau anime jepang yang mempermudah orang-orang untuk belajar bahasa jepang. Nah, tapi kesulitan yang biasanya dikeluhkan adalah penggunaan kalimat yang ternyata setiap kalimat harus diperhatikan kondisinya. Maksudnya, satu kata memiliki banyak makna jika diucapkan di kondisi yang berbeda. Yuki Anggraini Kato adalah seorang artis indonesia yang sudah memasuki ranah entertaintment sejak usianya masih belia. Yuki kato yang memiliki ayah berdarah asli Jepang ini faktanya tidak terlalu fasih dalam berbahasa lho! Tapi seperti yang Meddy katakan, hanya dengan empat bulan saja Yuki sudah lumayan fasih dengan kosakata bahasa jepang. Untuk itu inilah tips belajar bahasa ala Yuki Kato, apa saja sih?

Memulai dengan Mempelajari Huruf Hiragana dan Katakana

Huruf Hiragana dan Katakana merupakan huruf yang wajib dipelajari untuk menguasai kemampuan dasar Bahasa Jepang. Huruf ini masing-masing berjumlah 46. Untuk mengingat huruf ini, sebaiknya lakukan latihan tulis sebanyak mungkin sambil terus berlatih membacanya. Beli kertas tabel berisi huruf Hiragana dan Katakana. Lalu tempel di tempat yang mudah dilihat. Hal ini bisa menjadi cara untuk mengingat huruf ini. 

Hiragana

Huruf ini adalah yang termudah dari huruf lainnya. Kamu bisa mempelajari hiragana dengan melihat tabelnya, dan hafalkan perlahan-lahan. Gabungkan beberapa huruf ini makan kamu dapat merangkai satu kata bahasa Jepang

Katakana

Katakana adalah huruf yang dipakai saat kamu ingin menulis kosakasat asing menggunakan alpabet Jepang. Kamu juga bisa menggunakan huruf ini apabila ingin menuliskan namamu dengan huruf Jepang. Yang pasti kamu harus tahu bahwa dalam bahasa Jepang, tidak ada huruf L. Jadi untuk kamu yang memiliki nama dengan huruf L, kamu harus menggantinya dengan huruf R. Dan, pasa huruf dan pengucapan dalam bahasa Jepang tidak ada huruf tunggal lho!

Misalnya, nama mu Fikri, maka penulisan jepangnya akan menjadi フィクリ (Fi-Ku-Ri).

Baca Juga : Kalau Kamu Ingin Tinggal di Jepang, Siapin 4 Hal Ini!

Sering Membaca Artikel Bahasa Jepang

Banyak membaca, berarti banyak yang kita tahu. Ya, inilah salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan membaca bacaan bahasa Jepang, kita akan tahu bagaimana susunan kalimat-kalimat bahasa Jepang. Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca kita dalam bahasa Jepang dengan cepat.

Supaya lebih cepat dan lebih berkembang lagi, kamu bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

Latihan Berbicara dan Mendengar Bahasa Jepang

Kemampuan bahasa akan lebih terasah bila kita menggunakannya untuk berbicara sehari-hari. Kamu bisa mengambil les bahasa untuk percakapan, mencoba melakukan pekerjaan sambilan di restoran Jepang, atau mencari teman orang Jepang untuk latihan berbicara. Cara lainnya, kamu juga bisa latihan berbicara dengan menirukan dialog drama. 

Di sini, kamu bisa mempelajari intonasi pengucapan suatu kata juga. Meskipun intonasi tidak begitu ditekankan dalam Bahasa Jepang, tetapi hal ini penting karena terkadang ada satu kata yang memiliki bunyi yang sama namun memiliki makna berbeda sesuai dengan intonasinya.

Baca Juga: Ingin Hidup Murah di Jepang? 4 Kawasan ini Bisa Jadi Alternatif!

Perkuat Motivasi

Segala sesuatu membutuhkan motivasi. Maka dari itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah memperkuat motivasi. Motivasi adalah suatu dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat kamu berhasil dalam belajar Bahasa Jepang. Dengan begitu kita akan tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang secara tekun dan rutin.

Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Setiap ilmu pasti ada manfaatnya. Selain kamu jadi lebih paham dengan bahasa Jepang serta kebudayaan Jepang, manfaat lainnya adalah kamu menjadi lebih mudah untuk meng-Apply beasiswa di Jepang! Kamu juga bisa berkomunikasi langsung dengan orang Jepang asli, bertukar pikiran dengan orang lain itu memiliki kesan tersendiri lho! Kamu juga bisa menonton anime dan J-Drama tanpa butuh bantuan substitle Indonesia nya. Wah, pokoknya banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan!

 

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, tips belajar bahasa Jepang ala Yuki Kato guys yang bisa kamu terapkan juga di rumah. Nah, bagi sahabat Meddy yang ingin melanjutkan studi ke Jepang tapi bingung untuk mengurus dokumen persiapan beasiswa, tenang! Meddy punya solusinya nih karena kami memiliki layanan konsultasi lho! Jadi kamu bisa langsung tanya-tanya dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top