Tips Kuliah di Luar Negeri, Atasi 5 Masalah Umum Ini!

Nah Loh! Ini Dia 5 Tips Mengatasi Masalah Saat Kuliah di Luar Negeri

Dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke luar negeri tentu menjadi impian banyak orang. Beberapa alasan seperti kualitas pendidikan yang lebih bagus, koneksi yang luas, tamatan yang paling dicari perusahaan, serta lebih matang dalam menghadapi tantangan kerja, tentu menjadikan studi di luar negeri menjadi daya tarik. Namun, tidak jarang calon mahasiswa memiliki kekuatan tersendiri ketika ingin kuliah di luar negeri. Seperti biaya kuliah yang mahal, takut nggak betah atau susah dalam beradaptasi. Untuk itu, kami ingin memberikan tips mengatasi ketakutan sebelum kuliah di luar negeri.

Kenapa Harus Kuliah Di Luar Negeri?

Sobat Meddy, siapa yang disini punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri? Tapi masih banyak ketidaktahuan bagiamana nantinya kamu disana, dan masalah apa saja yang terjadi didepan yang akan  kamu hadapi. Nah, ada baiknya kamu juga mengantisapsi hal tersebut dengan membaca artikel ini.

Tips menghadapi masalah yang sering terjadi ketik kamu belajar di luar negeri adalah cara kamu untuk tetap fokus pada tujuan kamu, yaitu kuliah di universitas luar negeri terbaik. Ketika kamu sudah memilih untuk stay dan studi disana, kamu harus siap akan segalanya. Coba cek 5 cara jitu ini agar kamu terbiasa ya!

1. Pelajari Budaya Negara tersebut Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa ketakutan saat kuliah di luar negeri. Tentunya setiap negara memiliki budaya, kebiasaan, dan norma yang berbeda – beda. Misalnya, di Indonesia mungkin makan sambil menimbulkan suara dianggap tidak sopan, namun berbeda halnya dengan di Jepang, disana jika seorang makan dan menimbulkan suara decakan tandanya makan tersebut enak dan itu bisa menjadi cara seseorang untuk menghormati pemberi makan.

Jika kita tidak mempelajari budaya negara yang akan kita datangi terlebih dahulu, bayangkan apa yang terjadi? Mungkin akan sulit untuk beradaptasi, selain kalian yang akan menganggap kebiasaan mereka aneh, mereka juga akan menganggap kamu aneh loh!

2. Kuasai Bahasa Asing Saat Kuliah di Luar Negeri

Menempuh pendidikan di luar negeri tidak semata-mata hanya berbekal bahasa Inggris. Kamu juga harus menguasai bahasa dari negara tujuanmu. Ternyata ini manfaat belajar bahasa Asing untuk kamu yang ingin pergi lanjut pendidikan di luar Indonesia:

  • Memudahkan Proses Interaksi

  • Memperlancar Proses Komunikasi

  • Lebih Memahami Lingkungan

  • Mudah Berbaur dan Menyesuaikan

  • Melatih Kecerdasat IQ & EQ

Ingat ya, bukan sekedar tahu, tetapi lebih seperti menguasai. Hal ini juga bisa membuat kamu terhindar dari ketakutan saat kuliah di luar negeri. Setidaknya, kuasai bahasa yang biasa dipakai sehari-hari agar kamu tidak bingung dan menjadi pusing saat berada di negara orang. 

Baca juga: Tips Pengajuan Visa Pelajar untuk Kuliah di Luar Negeri

3. Melakukan Interasksi Sosial dengan Banyak Orang

Salah satu cara agar kamu bisa nyaman melanjutkan studi di luar adalah dengan memperbanyak teman. Memang sulit, namun, nggak ada salahnya kamu coba ajak ngobrol beberapa teman kampus atau direktori tempat kamu menginap. 

Jangan karena kamu adalah orang yang baru tinggal di negara lain, bukan berarti kamu harus menutup diri dari lingkungan. Jangan takut untuk memulai bersosialisasi dengan teman-teman dan orang di sekitarmu. Karena mereka bisa sangat membantu kamu untuk merasa terbiasa dan mengajarimu tentang kebiasaan sehari-hari mereka. 

4. Pintar Mengatur Keuangan Kuliah di Luar Negeri 

Ketika kita sudah memilih dimana kita akan kuliah Universitas luar negeri terbaik, maka biaya kehidupan tentu berbeda dengan di Indonesia. Apalagi akses yang jauh dari orang tua, membuat mahasiswa harus pandai mengatur keuangan agar tetap selamat sampai akhir bulan. Untuk itu, kamu harus mulai belajar cara mengatur keuangan.

Jangan mentang-mentang tinggal dekat orang tua dan mudah meminta uang,  kamu jadi berperilaku boros. Sifat hemat yang dilatih sedari kecil dan disiplin yang kuat akan membuat kamu terbiasa nantinya.

Biaya hidup yang tidak menentu di luar negeri serta kebutuhan yang tidak terduga sering kali muncul. Keuangan yang diatur sebaik mungkin akan membuat kamu mampu mengatasi situasi-situasi tidak terduga seperti itu.

Baca juga: Daftar 17 Beasiswa Asia, Wajib Dicoba!

5. Menyibukkan Diri dengan Banyak Kegiatan

Merasa rindu saat pertama kali tiba di negara lain adalah hal yang wajar. Semuanya terasa baru dan berbeda. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyibukkan diri dengan banyak kegiatan. Carilah sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran kamu, mulai dari jalan-jalan, berolahraga, atau bahkan fokus untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Setelah melakukan semua tips mengatasi ketakutan di atas, tentu akan membuat  rasa ketakutan kamu akan kuliah di luar negeri dapat diatasi. Setidaknya Kamu sudah mendapatkan bekal mengenai persiapan yang harus dipupuk sedari dini. Jangan biarkan stigma negatif atau ketakutan tidak menentu dalam diri kamu membuat mimpi dan cita-cita Anda lenyap begitu saja.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Kalau kamu butuh bantuan untuk mengurus dokumen pendaftaran, serahkan saja semua pada tim terjemah kami! Semua dokumen akan terselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan dan tentu hasil terjemahannya pun berkualitas. Kami juga membuka layanan konsultasi secara gratis mengenai persiapan studi di luar negeri, informasi selengkapnya hubungi tim kami di sini dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top