manajemen-waktu

Tips Manajemen Waktu ala Maudy Ayunda – Mediamaz Scholar

Seperti yang kita ketahui, di dunia ini tidak ada yang diberi jumlah waktu yang berbeda. Semuanya sama – sama memiliki waktu selama 24 jam sehari semalam. Lalu, mengapa ada orang yang lebih bisa produktif setiap harinya dan saja juga yang sebaliknya? Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai tips manajemen waktu yang baik ala Maudy Ayunda di artikel ini.

Figur Panutan Mahasiswa, Sekilas Sosok Maudy Ayunda

Sobat Meddy, Siapa yang tidak mengenal Maudy Ayunda? Sosok panutan yang dibanggakan seluruh warga Indonesia. Maudy Ayunda juga merupakan seorang penyanyi yang tetap menekuni perkuliahannya. Ia menjadi role model perempuan masa kini, pintar, cantik, multitalenta dan penuh karya.

Kesuksesan seorang Maudy Ayunda tentu membuat kita bertanya, bagaimana cara mengatur waktu atau Time Management versi Maudy Ayunda. Seperti yang kita tahu, perempuan cantik tersebut selain suskses dalam dunia musik dan perfilman di Tanah Air, Ia juga sukses mendulang karirnya sebagai mahasiswa Internasional. Nah, dari sini pasti Sobat Meddy tertarik bagaimana cara Maudy untuk memange waktu. Simak Tipsnya dibawah ini ya!

maudy-ayunda
By Pixabay

Mulai Memahami Makna Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk suatu kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas dan efisiensi. 

Cara ini juga melibatkan tindakan dalam hal menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, hobi, keluarga serta komitmen dengan keterbatasan waktu.

Dengan kamu menggunakan waktu yang efektif dapat memberikan kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan tersendiri. Manajemen waktu biasanya selalu didukung oleh berbagai keterampilan, alat serta teknik yang digunakan untuk mengatur waktu ketika menyelesaikan tugas, proyek dan tujuan tertentu sesuai dengan tenggat waktu.

Baca juga: Catat! Ini Persiapan Kuliah Di Luar Negeri

Manfaat Memiliki Time Management yang Baik

Mengelola waktu dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang benar dan waktu yang tepat. Manajemen waktu memiliki peran penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional seseorang, berikut manfaat yang akan kamu dapatkan:

1. Menjadi Orang yang Sistematis

Pertama, dengan memiliki manajemen waktu yang baik dapat menjadi lebih rapi atau terorganisir. Hal ini membuktikan kalau kamu sukses mengatur sesuatu yang paling berharga, waktu. Kamu juga membentuk karakter atau personal yang sistematis. 

2. Personal yang Disiplin

Kedua, setelah kamu memahami dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kamu dapat menjadi orang yang tepat waktu dan disiplin. Disisi lain, kamu juga sudah mulai terbiasa untuk menghargai waktu. Rasanya hidup semakin tertatur ya. 

3. Jauh dari Cemas dan Stress!

Ketiga, kalau kamu bisa mengatur waktu dengan tepat, ternyata efeknya luar biasa juga lho,. Kamu bisa mengurangi kadar stres dan kecemasan. Menghindari Stres dan kadar kecemasan yang berlebih adalah hal yang tidak terduga sebelumnya. 

4. Wah, Kamu Makin Confident

Terkahit, Meddy pun tidak menyangka, karena manajemen waktu dapat meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri. Memang secara sederhana, kalau ketiga poin sebelum ini bisa kamu dapatkan, maka secara jelas kamu akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik, termasuk rasa percaya diri yang terbentuk secara natural. 

tips-manajemen-waktu
By Pixabay

Tips Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu public figure yang sangat inspirasional untuk kalangan muda, Maudy Ayunda? Faktanya, Maudy Ayunda memiliki kebiasaan baik loh dalam memanajemen waktu. Sehingga ia dapat dengan baik dalam menyelesaikan segala pekerjaan atau tugas kuliahnya. 

Maudy Ayunda menggunakan salah satu metode time untuk memanajemen waktu, yakni time management matrix. Metode ini membagi kegiatan ke dalam empat kategori, pertama adalah penting dan mendesak. Kedua tidak penting dan mendesak. Ketiga, tidak mendesak dan tidak penting. Dan keempat, tidak penting dan tidak mendesak. Berikut tips manajemen waktu ala Maudy Ayunda:

1. Penting dan mendesak

Berlaku untuk project yang memiliki skala besar yang memiliki deadline. Seperti, tugas, krisis dan masalah yang harus diselesaikan.

2. Tidak penting dan mendesak

Memantau kegiatan yang sudah terjadwal agar terlaksana dengan baik. Contohnya seperti memeriksa email, melakukan telepon dan meeting (yang sudah dijadwalkan sebelumnya) untuk meminimalisir gangguan.

3. Penting dan tidak mendesak

Kegiatan yang harus dilakukan dengan kondisional. Seperti, hubungan dan networking, olahraga, personal growth dan long-term planning.

4. Tidak penting dan tidak mendesak

Kegiatan yang tidak menjadi prioritas sama sekali. Contohnya, hal – hal yang membuang waktu dan aktif media sosial.

Baca juga: 4 Film Indonesia Terbaik, Motivasi Kuliah Di Luar Negeri 

Hindari, Ini Dampak Manajemen Waktu yang Buruk!

Kelihatannya bagi manusia, waktu dalam sehari saja tidak cukup untuk mengerjakan berbagai macam tugas dalam sehari. Namun, sebenarnya dengan kemajuan teknologi saat ini malah seharusnya manusia menjadi lebih produktif secara umum. Nah, berikut adalah dampak jika seseorang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik:

1. Penundaaan

Apakah kamu termasuk orang yang sering menunda-nunda pekerjaan? Sebetulnya, hanya diperlukan langkah kecil untuk mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan loh guys.

2. Kurang tidur

Ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu pasti akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu, sahabat Meddy.

3. Konsumsi yang Tidak Sehat dan Kurang Olahraga

Alasan umum bagi sebagian banyak orang untuk tidak berolahraga adalah tidak memiliki waktu yang cukup. Padahal sebetulnya itu hanyalah kesalahan dari manajemen waktu yang kurang baik.

4. Kurang berenergi

Jika kamu merasa tidak fokus dan tidak bersemangat, itu merupakan tanda – tanda kamu kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Sehingga kamu perlu mengevaluasi apa saja kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari.

5. Tidak tepat waktu

Tidak tepat waktu merupakan salah satu akibat dari buruknya manajemen waktu yang kamu miliki.

 6. Terburu – buru

Dan dampak buruk yang terakhir, semua pekerjaan akan menjadi terburu – buru.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi singkat mengenai manajemen waktu dan tips manajemen waktu ala Maudy Ayunda. So, teman-teman yang ingin mengurus dokumen untuk mendaftar beasiswa. Jangan tunggu sampai mendekati tenggat waktu, kamu bisa langsung konsultasikan kepada kami sehingga kamu tidak perlu terburu – buru. Kami juga memiliki layanan IELTS/TOEFL Prediction Score, dan juga layanan kelas bahasa asing. Yuk, langsung hubungi kami di sini dan follow juga Instagram Mediamaz Scholar ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top