Tips Mencegah Culture Shock Saat Keluar Negeri

Tips Mencegah Culture Shock Saat Ke Luar Negeri

Tips mencegah Culture Shock buat kamu yang mau pergi ke luar negeri. Culture shock dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar bagi sebagian pelajar internasional. Namun, hal tersebut jangan dianggap remeh karena dapat menimbulkan salah satu penyakit kejiwaan seperti depresi akut. Untuk itu bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, sebaiknya kamu baca artikel ini sebagai tips mencegah culture shock saat kuliah di luar negeri.

Mengapa Bisa Terjadi ‘Culture Shock’ Saat Kuliah Di Luar Negeri?

Culture shock mencangkup aspek yang ada di kehidupan sehari – sehari seperti makanan, cara berpakaian, harga barang dan lain sebagainya. Semakin berbeda kebudayaannya, semakin parah efek yang dirasakan. Namun, untuk orang yang sering berpergian cenderung lebih baik dalam menghadapi culture shock. Lalu, kenapa orang bisa terkena culture shock?

Baca juga: 3 Tes Kemampuan Bahasa Asing untuk Kuliah di Luar Negeri

Culture Shock adalah peristiwa yang terjadi dimana seseorang mengalami perasaan yang kaget dan tertekan ketika dihadapkan dengan situasi, kebiasaan, lingkungan dan budaya baru. Kadang, culture shock juga diartikan sebagai gegar budaya, yang efeknya bisa sampai ke perasaan cemas, frustasi dan bingung. Wah, terbanyang dong kalau ini terjadi pada orang yang sedang menjalankan kuliah di luar negeri?

Ketika kita bepergian ke negara asing pasti kita akan menghadapi namanya kebudayaan baru, kebiasaan baru, aturan baru bahkan bahasa baru. Tentu tidak semua orang akan menerima segala sesuatu dengan mudah. Butuh waktu yang cukup lama seseorang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang memiliki kebudayaan yang sangat berbeda dari negara asal. Oleh karena itu, seseorang sering kali mengalami culture shock karena mereka tidak terbiasa dengan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

culture-shock
By Pixabay

Tips Mencegah ‘Culture Shock’ Saat Kuliah Di Luar Negeri

Namun, semua itu dapat kamu persiapkan kok guys sebelum kamu tinggal di luar negeri. Tips ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk kamu para pelajar yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Karena jika tidak diantisipasi dan diatasi, kamu bisa jadi disorientasi. Tidak betah hingga stres yang selanjutnya pasti akan mengganggu proses kuliah kamu. Agar hal itu tidak terjadi, kamu wajib mengikuti tips mencegah culture shock saat kuliah di luar negeri. Keep scrolling!

1. Pahami Segala Aturan dan Informasi yang Berlaku

Mencari tahu segala informasi mengenai aturan, budaya dan gaya hidup di negara tujuan Sebelum menentukan untuk kuliah di luar negeri. Baiknya kamu untuk lebih aktif mencari informasi mengenai aturan, budaya, gaya hidup hingga sistem perkuliahan di negara tujuan kamu baik di kampus maupun di masyarakat.

Banyak membaca buku panduan yang sudah bisa kamu akses di internet tentang negara tujuan. Jangan kamu memiliki pikiran, bahwasanya tinggal di negara asing sama halnya seperti kamu sedang menonton drama di televisi atau film – film ya, guys!

2. Open Minden dan Mau Belajar Hal Baru

Sobat Meddy harus mencoba Open minded dan belajar melihat dari perspektif warga negara asal. Segala sesuatu jika kamu selalu memiliki pikiran yang terbuka akan mempermudah kamu dalam melakukan sesuatu hal terutama beradaptasi di lingkungan baru. Saat kamu mengalami culture shock, pasti kamu akan merasa asing, bingung dan muncul perasaan atau pemikiran yang mungkin cenderung negatif seperti adanya penolakkan atau menganggap kebiasaan tersebut aneh.

Nah, karena hal seperti inilah yang berpotensi akan terjadi saat kamu tinggal di luar negeri, maka wajib sekali kamu memiliki bekal kuat yakni open minded sebagai tips mencegah culture shock.

Baca juga: 5 Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia 

3. Kuasai Bahasa Negara Tersebut

Pastikan kamu lancar berbicara bahasanya dalam percakapan sehari – hari. Tips mencegah culture shock lainnya yaitu, sebagai pelajar asing kamu pasti akan lebih banyak mengikuti kelas dengan menggunakan bahasa inggris di kelas internasional. Namun, jika kamu memilih negara yang memiliki bahasa tersendiri, kamu juga diharuskan mempelajari bahasa asli dari negara tersebut dengan baik. Bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat saja sebagai guna melengkapi persyaratan pendaftaran.

Memperdalam bahasa asli dari negara asing tersebut mempermudah kamu untuk bergaul dengan orang – orang di sana. Baik itu dalam kehidupan di kampus ataupun sosial di masyarakat. Hal ini juga akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami peraturan dan budaya setempat, khususnya norma – norma tidak tertulis dalam masyarakat. Dengan begitu, masyarakat asli sana pun akan lebih welcome dan kamu juga akan beradaptasi dengan cepat.

4. Explore Lingkungan Setempat

Memperbanyak bergaul dan meng-explore lingkungan setempat. Hindari membatasi pergaulan hanya dengan pelajar dari negara yang sama. Kamu harus memiliki pergaulan yang luas dan teman yang banyak. Sehingga, mempermudah kamu untuk cepat beradaptasi dengan budaya di sana sehingga kamu akan merasa nyaman. Bergaul dengan sesama pelajar asing dari negara lain juga baik, kamu jadi memiliki banyak teman untuk saling sharing dan yang sedang sama – sama belajar beradaptasi.

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian informasi tentang tips mengatasi ‘culture shock‘ untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kalau kamu masih bingung dengan persiapan dokumennya, kamu bisa konsultasikan dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut hubungi kami di sini, dan follow Instagram Mediamaz Scholar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top